Cara Membersihkan Lantai Keramik Kasar dengan Bahan-bahan Dapur

Jul - 13
2021
cara membersihkan lantai keramik kasar

Cara Membersihkan Lantai Keramik Kasar dengan Bahan-bahan Dapur

Memiliki lantai keramik yang halus dan mengkilap pasti menjadi idaman banyak orang. Lantai tampak bersih dan menyenangkan membuat penghuni rumah semakin nyaman dan betah berada di rumah. Apalagi ketika harus work from home, kebersihan rumah menjadi faktor penting agar betah dan tidak bosan. Anda harus tau bagaimana cara membersihkan lantai keramik kasar agar rumah selalu bersih.

Masalah pada permukaan keramik biasanya disebabkan oleh kotoran membandel yang telah mengeras, misalnya sisa saus, cairan tepung, atau mungkin juga sisa semen pasca perbaikan rumah. Jika bahan sisa tersebut menempel dan kering pasti sulit membersihkannya. Seringkali, tidak cukup dengan kain pel saja. Namun pembersihan juga harus memperhatikan material pembentuk keramik.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Keramik memiliki beragam jenis, warna hingga teksturnya. Ada yang bertekstur halus dan kasar. Keramik halus umumnya digunakan untuk lantai dalam rumah karna lebih nyaman. Sedangkan keramik kasar bisa untuk eksterior. Permukaan yang kasar membuat keramik jenisniji membutuhkan cara khusus untuk membersihkannya. Berikut ini beberapa hal yg bisa kamu coba sendiri dengan bahan-bahan dapur yang ada. 

Cara Membersihkan Lantai Keramik Kasar

membersihkan lantai

Menggunakan Asam Cuka

Bahan pertama yang bisa Anda gunakan adalah asam cuka. Bahan dapur satu ini ternyata bisa  digunakan untuk membersihkan keramik. Anda bisa  menuangkan cuka putih secukupnya di atas keramik yang sudah terlihat kusam, lalu cukup diamkan selama 15-20 menit. Setelah itu gunakan kain kering untuk menggosok keramik yang telah dituang cairan cuka tersebut hingga kotoran dan warna kusam pada keramik terangkat.

Jika sudah selesai, lanjutkan dengan membersihkan keramik dengan menggunakan cairan pembersih lantai atau cukup menggunakan sabun cuci piring cair yang bertujuan menghilangkan aroma asam dari cuka yang sangat kuat.

Menggunakan Baking soda

Bahan selanjutnya yang bisa digunakan adalah baking soda. Bahan yang biasa digunakan untuk membuat kue ini bisa efektif mengembalikan kilau keramik. Cara menggunakannya pun terbilang mudah, tinggal campurkan baking soda dengan pasta gigi berwarna putih. Setelah itu, celupkan kain basah ke dalam campuran baking soda dan pasta gigi tersebut, lalu cukup dengan menggosok keramik dengan memakai kain basah tersebut.

Menggunakan Sitrun 

Sitrun merupakan bahan makanan yang mirip dengan cuka. Sifatnya asam dan menghancurkan. Bahan makanan ini biasa digunakan juga dalam membersihkan jamur yang menempel pada jas hujan. Akan tetapi, sitrun ternyata juga efektif dalam membersihkan keramik kusam. Sebab, sitrus mengandung asam sitrat yang sangat bermanfaat untuk menghilangkan noda kusam pada keramik.

Pertama-tama, Anda bisa memukai dengan menyiapkan bahan berupa sitrun yang bisa Anda dapatkan di toko-toko bahan kue dan roti. Setelah itu, campur sitrun dengan air sedikit demi sedikit hingga berbentuk seperti pasta kental. Jika sudah jadi, maka Anda bisa mengoleskan pasta sitrun ke seluruh bagian keramik yang kusam, lalu diamkan selama 1 jam. Jika dirasa sudah cukup lama didiamkan, selanjutnya bilas keramik dengan air bersih dan keringkan dengan menggunakan lap kering.

Menggunakan Tepung Terigu

Cara selanjutnya adalah membersihkan keramik kusam menggunakan tepung terigu. Penggunaan tepung terigu ini sangat efektif untuk membersihkan keramik kusam yang biasanya diakibatkan oleh noda dari minyak yang bercampur dengan kotoran lalu mengering. Anda cukup menaburkan tepung terigu ke atas keramik yang berminyak. Setelah itu diamkan 1-2 jam, lalu bersihkan hingga noda minyak terangkat dan keramik mulai terlihat bersih.

Nah itu tadi cara membersihkan lantai keramik kasar yang bisa Anda coba di rumah. Membilas keramik yang sudah dibersihkan dengan tepung terigu menggunakan cairan sabun cuci piring atau pembersih lantai, agar hasilnya lebih maksimal lagi. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *