Tips Membawa Bayi Perjalanan Jauh Dengan Mobil Agar Tetap Aman

Aug - 25
2021
tips membawa bayi perjalanan jauh dengan mobil

Tips Membawa Bayi Perjalanan Jauh Dengan Mobil Agar Tetap Aman

Apakah Anda masih ragu-ragu untuk mengajak bayi Anda untuk melakukan perjalanan jauh? Menjadi orang tua dengan berbagai kesibukan dan mobilitas tinggi terkadang menjadi bingung ketika harus bepergian jauh sedangkan masih memiliki anak kecil. Sering kali kita mengkhawatirkan kenyamanan dan keamanan bayi selama perjalanan. Sehingga kita juga membutuhkan kesabaran dan tenaga ekstra. Dalam artikel ini, akan membahas tentang tips membawa bayi perjalanan jauh dengan mobil.

Sebenarnya membawa bayi yang masih kecil untuk melakukan perjalanan jauh atau berlibur, cenderung lebih mudah karena aktivitasnya masih terbatas. Apalagi jika si kecil masih berusia di bawah 6 bulan. Meskipun demikian, tetap harus diperhatikan kenyamanan dan keamanan bayi selama perjalanan.

Penumpang anak-anak jelas berbeda dengan penumpang dewasa, baik dari karakter maupun dari sisi kebutuhannya. Agar bayi bisa ikut melakukan perjalanan jauh dengan nyaman dan aman, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan mengajak mereka bepergian. Berikut ini pembahasannya.

Tips Membawa Bayi Perjalanan Jauh dengan Mobil

tips liburan dengan bayi

Tentukan jadwal perjalanan

Hal pertama yang harus dipehatikan adalah pengayuran jadwal perjalanan. Pastikan perjalanan Anda bukan perjalanan yang harus mengejar waktu atau buru-buru. Kenapa? Karena perjalanan jauh dengan membawa bayi biasanya memakan waktu yang lebih lama. Anda juga perlu waktu untuk istirahat selama perjalanan dan mengganti popok si kecil.

Selain itu, ada kemungkinan juga anak akan jadi rewel atau mabuk perjalanan. Sehingga sebaiknya Anda buat jadwal yang fleksibel jika ingin membawa dalam perjalanan jauh dengan mobil.  

Siapkan perlengkapan bayi

Selanjutnya, tips membawa bayi perjalanan jauh dengan mobil adalah cermat menyiapkan perlengkapan bayi. Bawa satu tas atau wadah khusus yang memuat kebutuhan bayi seperti pakaian ganti, popok, susu dan botol susu, tisu basah, makanan bayi, perlengkapan mandi bayi, hingga alat makan bayi.

Jangan lupa juga untuk membawa perlengkapan darurat yang berisi obat-obatan bayi, termometer, plester pereda demam, obat luka, hingga pelembab kulit khusus bayi. Melakukan persiapan dengan cermat akan membuat perjalanan Anda dengan bayi menjadi lebih nyaman karena bebas dari rasa khawatir.

Baca juga: 6 Tips dan Rekomendasi Tempat Wisata yang Cocok untuk Bayi

Selalu gunakan baby seat

Baby seat adalah tempat duduk khusus yang memang dirancang untuk bayi dan anak-anak. Tempat duduk khusus ini mampu menahan gerak bayi sekaligus meredam guncangan. Anda bisa memasang baby seat pada mobil dengan bantuan teknisi di bengkel. Bagi Anda pemilik mobil Toyota, sekarang sudah ada teknologi Isofix yang merupakan fitur keamanan pasif untuk penumpang. Dengan Isofix ini, Anda bisa memasang baby seat sendiri namun tetap terjamin keselamatannya.

Buat suasana nyaman untuk bayi

Saat bepergian jauh menggunakan mobil, banyak ditemukan bayi biasanya menangis karena merasa jenuh. Mereka merasa jenuh karena harus berada di kabin mobil yang membuat ruang gerak terbatas. Untuk mengatasinya, Anda bisa menciptakan suasana yang nyaman bagi bayi di dalam kabin mobil. Bawa beberapa mainan kesukaan si kecil untuk membuatnya merasa familiar dengan suasana di dalam mobil. Anda juga bisa melapisi jok mobil dengan selimut tebal untuk membuat bayi merasa nyaman.

Selalu tenang

Ini juga merupakan hal penting yang harus diingat, yakni untuk selalu tenang dalam segala kondisi. Kadang, yang membuat perjalanan jauh bersama bayi jadi melelahkan justru karena kekhawatiran berlebih yang Anda rasakan sebagai orang tua. Sehingga ketika kita terlalu khawatir, kita menjadi mudah panik dan membuat tubuh menjadi lelah.

Cari teman bepergian yang dapat ikut menjaga bayi

Tips terakhir yang tidak kalah penting, yakni menemukan teman yang dapat membantu merawat bayi. Apalagi jika bayi rewel saat perjalanan. Anda bisa memanfaatkan keberadaan pasangan,saudara dekat, atau baby sitter untuk bergantian menjaga si kecil dalam perjalanan.

Nah, itu tadi tips nembawa bayi perjalanan jauh dengan mobil sehingga tak perlu ragu lagi. Semoga tips membawa bayi perjalanan jauh dengan mobil ini bisa membantu Anda para orang tua. Agar perjalanan berjalan lancar, jangan lupa untuk mengecek kondisi mesin. Agar kendaraan Anda selalu prima, Anda harus rutin membawanya ke tempat service. Untuk menghindari berbagai kendala, pastikan Anda memiliki asuransi kesehatan yang tepat. Temukan tawaran terbaiknya hanya di Cekpremi.com.

Baca juga: Refreshing Low Budget, Terapkan 7 Tips Liburan Hemat Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *