Apa Itu Mobil SUV dan Apa Kelebihan Mobil SUV?

Aug - 25
2021
SUV adalah

Apa Itu Mobil SUV dan Apa Kelebihan Mobil SUV?

Mobil jenis SUV tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kalian. Mobil SUV sendiri adalah perpaduan antara mobil penumpang dan mobil offroad. Dengan begitu mobil SUV selain bisa dipakai di jalanan kota, mobil ini juga bisa dipakai di medan berat seperti jalanan berbatu dan berpasir. Yuk simak pembahasan lengkap seputar mobil SUV di bawah ini!

Mesin SUV

Memiliki fungsi sebagai mobil offroad, tentunya mesin SUV dirancang sedemikian rupa agar bisa melewati medan-medan berat.

Dibekali sistem penggerak 4 roda (4WD) dan rata-rata mesin mobil SUV memiliki kapasitas sebesar 1.500 cc ke atas.

Melihat fungsi utama SUV sebagai mobil offroad, rasanya wajar-wajar saja SUV dibekali mesin berkekuatan besar karena membutuhkan tenaga besar untuk melewati medan yang berat.

Berapa kapasitas penumpang mobil SUV?

Pada umumnya mobil offroad hanya menyediakan 2 kursi. Namun beda halnya dengan SUV karena mobil ini juga dirancang untuk keperluan keluarga.

Biasanya SUV memiliki kapasitas 2-7 orang tergantung dari merk mobil SUV yang kalian beli. Tempat duduk di mobil SUV juga dirancang dengan memperhatikan kenyamanan penumpang di dalamnya.

Apa saja kelebihan SUV dibanding mobil lainnya?

Ada 3 kelebihan SUV jika dibandingkan dengan jenis mobil lainnya:

1. Mesin yang lebih kuat

Kelebihan pertama tentunya adalah dari segi mesin. Sudah jelas mesin yang dipakai di mobil SUV lebih kuat dan bertenaga jika dibandingkan dengan mesin pada jenis mobil lainnya.

2. Kapasitas yang besar

Meskipun kebanyakan mobil offroad memiliki kapasitas penumpang yang kecil, beda halnya dengan SUV. Meskipun dirancang untuk melewati berbagai medan berat, mobil SUV tetap memberikan kapasitas yang besar untuk para penumpangnya.

Baca juga: 7 Mobil SUV Terbaik, Terpopuler dan Termurah di Tahun 2021

3. Tangguh dan nyaman

Ini dia kelebihan utama dari mobil SUV, tangguh dan nyaman. Pada umumnya mobil yang tangguh tidaklah terlalu memperdulikan kenyamanan penumpang. Beda halnya dengan SUV, kenyamanan penumpang tetap dijadikan prioritas.

Apa bedanya SUV dan MPV?

Seringkali jenis mobil SUV dan MPV dianggap jenis mobil yang sama padahal sangatlah berbeda. Berikut perbedaannya:

1. Desain eksterior

Sekilas terlihat sama, namun terdapat perbedaan mencolok pada bagian ground clearance (jarak mobil dengan permukaan jalan) Mobil SUV setidaknya memiliki jarak 200 milimeter terhadap permukaan jalan.

Sedangkan mobil MPV biasanya lebih rendah karena mobil ini hanya cocok jika dipakai untuk melewati perkotaan.

2. Kapasitas penumpang

Mobil MPV biasanya bisa menampun hingga 8 orang beda dengan mobil SUV yang biasanya hanya bisa menampung maksimal 6 orang.

3. Mesin

Mobil SUV rata-rata memiliki mesin dengan kapasitas 1.500 cc sedangkan mobil MPV biasanya di bawah 1.500 cc.

4. Penggunaan bahan bakar

Mobil SUV lebih irit karena fitur yang ada di dalam mobil tidaklah sebanyak mobil MPV. Fitur yang disediakan di mobil MPV lebih beragam karena mobil ini dipakai untuk keperluan keluarga.

5. Harga

Biasanya mobil SUV memiliki harga yang lebih tinggi dibanding mobil MPV. Mesin kuat dan kenyamanan penumpang merupakan alasan mengapa mobil SUV lebih mahal.

Baca juga: Mewah dan Elegan! Deretan 7 Mobil SUV Termahal di Dunia

6. Fitur

Mobil SUV menyediakan banyak fitur ekstra yang menjamin keselamatan penumpang. Berbeda dengan mobil MPV yang biasanya menyediakan fitur hiburan seperti LCD, audio dan masih banyak lagi.

 

Berikan proteksi pada mobil kesayangan kalian

asuransi mobil cekpremi

Pastikan mobil baru kalian terlindung dari segala biaya resiko kerusakan dengan asuransi! Seluruh  biaya kerusakan mobil akan ditanggung oleh produk asuransi mobil all risk! Selain itu juga kalian bisa menggunakan asuransi TLO (Total Loss Only) jika ingin premi dengan biaya yang lebih murah! Bandingkan dan pilih berbagai produk asuransi mobil terbaik dan terpercaya hanya di Cekpremi!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi mobil cekpremi