Dada Terasa Nyeri Saat Masuk Angin ? Berikut Tips Mengatasinya

Masuk Angin
Image Source iberita.com

Masuk angin bisa dibilang adalah masalah klasik yang kerap menghinggapi tubuh manusia, beberapa akibatnya bahkan bisa sangat sekali mengganggu dan membuat ketidaknyamanan pada tubuh anda. Masalah yang ditimbulkan oleh masuk angin adalah perut kembung, sakit perut, dan dada yang terasa nyeri.

Masuk angin disebabkan oleh gas yang masuk ke dalam tubuh melalui saluran pencernaan saat kita makan terlalu cepat, sembelit, atau setelah makan makanan yang berminyak, berserat, dan mengandung karbohidrat dalam jumlah yang tinggi. Penyebab yang paling utama masuk angin adalah karena daya tahan tubuh yang rendah dan makanan atau minuman yang bergas.

Banyak orang yang keliru mengenai gejala nyeri dada karena masuk angin, sebagian beranggapan bahwa hal tersebut ada kaitannya dengan penyakit jantung, dan banyak juga yang mengira sebaliknya. Hal tersebut bisa dibedakan dengan bagaimana cara penyembuhannya, apabila hanya masuk angin, maka nyeri dada tersebut bisa hilang bersamaan dengan keluarnya gas yang terjebak. Namun untuk penyakit jantung, tentu proses penyembuhannya akan memakan waktu yang cukup lama.

Nah, untuk menghilangkan nyeri dada akibat masuk angin ada beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan sendiri, dan berikut ini adalah tipsnya :

Minum Air Hangat

Air hangat dapat membantu mengeluarkan gas yang ada di dalam rongga perut. Anda bisa minum air putih hangat segelas, atau bisa juga disajikan dengan kopi atau teh.

Pepaya

Tidak hanya rasanya manis dan enak, buah pepaya juga dapat mencegah pembentukan gas dalam rongga pencernaan. Buah ini juga baik untuk dikonsumsi pada saat masuk angin.

Teh Pappermint

Tidak hanya mengatasi masuk angin, teh peppermint juga berguna untuk membantu pencernaan makanan, dan juga mengatasi mual dan muntah. Oleh karena itu teh peppermint berfungsi sebagai karminatif.

Aktivitas Fisik

Tidak hanya dari makanan atau minuman, aktivitas fisik juga dapat membantu mengatasi nyeri di dada akibat masuk angin. Untuk mengurangi hal tersebut anda bisa melakukan sit up untuk mengurangi gas yang terjebak di dalam tubuh. Atau minimal anda dapat banyak melakukan aktivitas atau bergerak, jangan terlalu lama duduk. Karena duduk terlalu lama dapat mengganggu sistem pencernaan dan membuat masalah gas jadi lebih buruk.

Minum Banyak Air

Ini adalah cara termudah untuk mengurangi nyeri dada akibat gas berlebih. Air yang masuk ke dalam perut melalui rongga dada dapat mendorong gas keluar dari pencernaan. Tapi ingat jangan melebihi batas yang sudah ditentukan oleh para pakar kesehatan.

 

asuransi kesehatan
Cek asuransi kesehatan terbaik anda mulai dari harga termurah (klik gambar)

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

March 19, 2015

Posted In: Health

Tags: , , ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2017 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami