Dada Terasa Nyeri Saat Masuk Angin? Berikut Tips Mengatasinya

sakit nyeri dada akibat masuk angin

Last Updated on December 28, 2021 by

Masuk angin adalah masalah umum yang kerap terjadi ketika kita berada di cuaca dingin. Beberapa akibatnya bahkan bisa sangat mengganggu dan membuat kita tidak nyaman seperti perut kembung, sakit perut, dan dada yang terasa nyeri.

Hal tersebut disebabkan oleh gas yang masuk ke dalam tubuh melalui saluran pencernaan saat kita makan terlalu cepat, sembelit, atau setelah makan makanan yang berminyak, berserat, dan mengandung karbohidrat dalam jumlah yang tinggi.

Penyebab yang paling utama masuk angin adalah karena daya tahan tubuh yang rendah dan makanan atau minuman yang bergas. Banyak orang yang keliru mengenai gejala nyeri dada karena masuk angin. Apabila serius, nyeri di dada bisa disebabkan karena adanya gangguan pada jantung, paru-paru, atau gangguan otot. 

Oleh sebab itu, bagaimana cara penyembuhannya berbeda. Apabila hanya masuk angin bisa disembuhkan dengan cepat dengan obat alami, sementara nyeri dada bisa merupakan indikasi adanya masalah pada jantung, paru-paru, atau gangguan otot sebaiknya mengunjungi dokter.

Nah, untuk menghilangkan nyeri dada akibat masuk angin ada beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan sendiri, dan berikut ini adalah tipsnya.

Cara Menghilangkan Angin di Dada yang Terbukti Ampuh

Cara Menghilangkan Nyeri Dada karena Masuk angin

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kalian coba untuk menghilangkan angin di dada kalian apabila nyeri yang Anda rasakan tidak serius atau hanya sekedar masuk angin.

Minum Air Hangat

Air hangat dapat membantu mengeluarkan gas yang ada di dalam rongga perut. Anda bisa minum air putih hangat segelas, atau bisa juga disajikan dengan kopi atau teh.

Pepaya

Tidak hanya rasanya manis dan enak, buah pepaya juga dapat mencegah pembentukan gas dalam rongga pencernaan. Buah ini juga baik untuk dikonsumsi pada saat masuk angin.

Teh Peppermint

Tidak hanya mengatasi masuk angin, teh peppermint juga berguna untuk membantu pencernaan makanan, dan juga mengatasi mual dan muntah. Oleh karena itu teh peppermint berfungsi sebagai karminatif.

Aktivitas Fisik

Tidak hanya dari makanan atau minuman, aktivitas fisik juga dapat membantu mengatasi nyeri di dada akibat masuk angin. Untuk mengurangi hal tersebut anda bisa melakukan sit up untuk mengurangi gas yang terjebak di dalam tubuh.

Atau minimal anda dapat banyak melakukan aktivitas atau bergerak, jangan terlalu lama duduk. Karena duduk terlalu lama dapat mengganggu sistem pencernaan dan membuat masalah gas jadi lebih buruk. Selain itu, melakukan aktivitas fisuk juga dapat menjaga berat badan Anda.

Minum Banyak Air

Ini adalah cara termudah untuk mengurangi nyeri dada akibat gas berlebih. Air yang masuk ke dalam perut melalui rongga dada dapat mendorong gas keluar dari pencernaan. Tapi ingat jangan melebihi batas yang sudah ditentukan oleh para pakar kesehatan.

Konsumsi Makanan Sehat

Anda pun mulai sekarang bisa menjaga makan Anda dengan mengonsumsi makanan sehat untuk jantung, utamanya makanan yang mengandung serat dan lemak tak jenuh seperti sayuran, buah-buahan, ikan tuna, dan minya zaitun.

Selain itu, Anda juga sebaiknya menghindari makan-makanan yang tinggi garam dan lemak jenuh seperti santan, gorengan, keju, dan mentega,

Berhenti Merokok dan Minum Alkohol

Kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol menjadi pemicu utama dari gangguan kesehatan jantung yang menyebabkan nyeri di dada seperti sedang masuk angin. Sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut agar kesehatan jantung terjaga dengan optimal.

Pertolongan Pertama Saat Mengalami Nyeri di Dada Akibat Masuk Angin

Melansir dari National Health Service UK, jika Anda baru pertama kali mengalami nyeri di dada, lakukan beberapa langkah ini, yaitu:

  • Hentikan semua aktivitas yang sedang pengidap angin duduk lakukan agar kerja jantung menjadi lebih ringan.
  • Berbaring dan beristirahat di tempat yang nyaman.
  • Cobalah untuk bernapas dengan teratur agar tubuh menjadi lebih tenang.
  • Segera mengunjungi rumah sakit agar mendapatkan pertolongan medis.

Sementara itu, jika Anda sudah terdiagnosis penyakit jantung atau angin duduk sebelumnya, sebaiknya lakukan langkah ini:

  • Segera hentikan segala aktivitas yang sedang kamu lakukan.
  • Konsumsi obat sesuai dengan anjuran dokter.
  • Segera kunjungi rumah sakit terdekat.

 

Pastikan biaya berobat terlindungi dengan adanya asuransi!

asuransi kesehatan cekpremi

Kesehatan merupakan hal termahal yang ada di dalam hidup seseorang. Jika tubuh terkena penyakit tentunya bisa menghalangi aktivitas-aktivitas kita, oleh karena itulah biasanya biaya berobat tidaklah murah.

Kalian bisa mendaftarkan diri kalian ke BPJS untuk keringanan biaya berobat, namun BPJS sayangnya tidak memberikan akses ke semua obat yang tersedia di dunia medis, oleh karena itu pastikan juga untuk mendaftarkan diri kalian ke asuransi kesehatan milik swasta! Kalian bisa mendapatkan keuntungan yang tidak kalian dapatkan dari BPJS loh.

Pilih dan bandingkan berbagai produk asuransi kesehatan yang terpercaya hanya di Cekpremi.

 

asuransi kesehatan