Macam-Macam Alat P3K dan Fungsinya yang Wajib Anda Miliki

Sep - 23
2021

Macam-Macam Alat P3K dan Fungsinya yang Wajib Anda Miliki

Last Updated on September 23, 2021 by Rhandy Verizarie

Cekmates, risiko cedera atau luka saat melakukan aktivitas pasti selalu ada, bahkan aktivitas ringan sekalipun. Celakanya, hal ini kerap terjadi secara tiba-tiba. Oleh sebab itu, memiliki perlengkapan P3K menjadi sangat penting. Lantas, apa saja macam-macam alat P3K yang wajib Anda punya?

Macam-Macam Alat P3K yang Wajib Dimiliki

Perlengkapan P3K berfungsi sebagai medium pertolongan pertama saat terjadi cedera ataupun luka. Pasalnya, cedera atau luka yang tidak segera ditangani berisiko menimbulkan infeksi atau komplikasi lainnya yang dapat mempersulit kesembuhan.

Berikut ini macam-macam alat P3K yang sebaiknya Anda miliki di rumah maupun tempat kerja:

1. Kain Kasa Steril

Perlengkapan yang pertama adalah kain kasa steril. Fungsi kasa steril adalah untuk menutupi luka yang sebelumnya telah dibersihkan agar tidak terkena debu, kotoran, maupun partikel kecil lainnya yang bisa memicu infeksi.

Cara menggunakan kain kasa steril adalah dengan mengguntingnya sesuai dengan ukuran luka pada kulit. Kemudian, tutupi luka dengan kasa tersebut dan rekatkan dengan plester.

2. Plester

Plester adalah alat yang digunakan untuk membalut luka yang sudah ditutup kasa steril. Plester yang umum digunakan berukuran 1,25 cm.

Setelah luka ditutup dengan kain kasa, pastikan untuk merekatkan plester dengan benar agar tidak ada celah udara sedikitpun ke dalam area luka.

3. Plester Cepat

Fungsi plester cepat adalah untuk menutupi luka pada kulit yang tergolong kecil. Plester jenis ini biasanya sudah dilengkapi dengan bantalan kasa yang juga terdapat obat luka di dalamnya untuk mencegah infeksi.

4. Perban

Perban adalah satu dari macam-macam alat P3K yang juga harus tersedia. Fungsi perban adalah sebagai pelapis kain kasa steril untuk melindungi luka dari infeksi selama masa penyembuhan.

Selain itu, perban berfungsi untuk menghentikan perdarahan yang terjadi pada luka.

5. Kapas

Saat terjadi luka, hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan luka tersebut terlebih dahulu. Nah, inilah fungsi dari kapas sebagai alat P3K.

Pastikan kapas yang digunakan berbahan lembut dan bersih. Setelah luka dibersihkan, pastikan juga tidak ada sisa kapas yang tertinggal di atas luka.

6. Masker

Anda juga sebaiknya menaruh masker di dalam kotak P3K untuk jaga-jaga. Masker berfungsi untuk melindungi hidung dan mulut dari paparan debu, kotoran, maupun bakteri dan virus.

7. Gunting

Alat P3K lainnya yang juga wajib ada adalah gunting. Gunting digunakan untuk memotong kain kas, perban, maupun plester saat menangani luka pada kulit.

Pastikan gunting yang digunakan tajam dan juga steril. Anda disarankan untuk membersihkan gunting setiap selesai menggunakannya menggunakan cairan alkohol.

8. Pinset

Pinset adalah alat P3K yang berfungsi untuk mengangkat benda asing pada luka. Selain itu, pinset juga bisa digunakan untuk mengambil alat steril saat melakukan penanganan awal.

9. Peniti

Peniti berguna untuk membuat balutan perban pada luka menjadi rapi. Oleh sebab itu, jangan lupa juga untuk menyiapkan peniti di dalam kotak P3K Anda, ya.

10. Obat Luka

Sebelum dibalut kain kasa dan perban, oleskan obat luka terlebih dahulu. Obat ini berfungsi untuk membantu proses penyembuhan luka dan mencegahnya dari infeksi.

Pilihlah obat luka yang mengandung bahan aktif povidone iodine. Bahan ini memiliki sifat antiseptik yang dapat mencegah luka terinfeksi.

11. Alkohol

Sama seperti obat luka, alkohol juga berfungsi sebagai antiseptik untuk mengobati luka dan mencegahnya dari infeksi. Sementara itu, pada kasus orang pingsan, alkohol berguna untuk menyadarkan orang tersebut.

Pilihlah produk alkohol yang kandungannya sebanyak 70%.

12. Kantung Plastik

Setelah melakukan pertolongan pertama, pasti ada sisa-sisa kasa, perban, maupun plester. Nah, gunakan kantung plastik untuk membuangnya ke tempat sampah agar lingkungan sekitar tetap steril.

13. Buku Panduan P3K

Anda mungkin kerap bingung apa yang harus dilakukan ketika menangani seseorang atau bahkan diri sendiri yang terluka. Oleh karenanya, Anda juga butuh buku panduan P3K.

Buku ini berisi petunjuk lengkap mengenai prosedur pertolongan pertama pada luka maupun cedera. Dengan begitu, Anda bisa menerapkan P3k secara benar.

14. Senter

Perlengkapan P3K yang satu ini berfungsi untuk memperjelas kondisi luka, maupun memeriksa kondisi pupil mata apabila korban mengalami pingsan.

15. Sarung Tangan

Alat P3K terakhir yang harus ada adalah sarung tangan. Alat ini berguna untuk mencegah terjadinya kontak fisik saat Anda tengah menangani luka. Pasalnya, tangan Anda bisa saja kotor sehingga jika tersentuh luka dapat memicu infeksi.

Tips Menyimpan Alat P3K yang Aman

Setelah mengetahui apa saja macam-macam alat P3K, hal lainnya yang perlu Anda perhatikan adalah bagaimana cara menyimpan alat-alat tersebut agar tetap steril dan aman digunakan. Berikut ini beberapa tips menyimpan perlengkapan P3K yang benar:

  • Simpan di dalam tempat khusus yang aman dan tidak mudah pecah
  • Simpan di tempat yang kering
  • Jauhkan dari jangkauan anak-anak
  • Bersihkan alat P3K seperti gunting setiap selesai digunakan
  • Buang alat P3K yang sudah kedaluwarsa seperti alkohol dan obat luka

 

Berikan Perlindungan Kesehatan Terbaik untuk Anda dan Keluarga Tercinta 

Berikan perlindungan terbaik untuk Anda dan orang-orang tersayang dengan asuransi kesehatan terbaik. Temukan berbagai macam asuransi kesehatan terpercaya yang sesuai dengan kebutuhan Anda di Cekpremi.com dan nikmati diskon premi hingga 10%!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi covid