Penyebab Handphone Sering Restart Sendiri & Cara Mengatasinya

handphone restart sendiri

Last Updated on October 28, 2021 by Rhandy Verizarie

Banyak pengguna smartphone—mungkin termasuk Anda salah satunya—yang pernah atau bahkan kerap mengalami handphone sering restart sendiri. Hal ini tidak hanya menjengkelkan, tapi juga bisa mengganggu aktivitas. Benar begitu, bukan?

Smartphone yang restart sendiri sejatinya adalah hal yang wajar apabila tidak sering terjadi. Nah, menjadi masalah kalau kejadiannya cukup sering. Apabila ini yang Anda alami, maka kemungkinan besar smartphone memang bermasalah.

Membawa hp yang rusak ke tempat servis handphone adalah pilihan terbaik untuk membuat smartphone Anda kembali berfungsi seperti sedia kala. Namun, sebelum itu, ada baiknya Anda ketahui terlebih dahulu apa saja penyebab handphone sering restart sendiri dan cara mengatasinya berikut ini.

Penyebab Handphone Sering Restart Sendiri

Dari sekian macam masalah pada smartphone, sering restart sendiri adalah salah salah satunya. Kasus inipun tak ‘pandang bulu’. Artinya, baik itu smartphone dengan spesifikasi standar bahkan high spec sekalipun berpotensi untuk mengalaminya.

Lantas, apa sih yang menyebabkan hp Anda sering restart sendiri? Jawabannya ada berbagai macam, seperti berikut ini:

  • File Sampah (Spam Folder) yang menumpuk pada sistem terlalu banyak
  • Ada satu atau lebih aplikasi yang mengalami kerusakan
  • Error pada sistem operasi (ini terutama terjadi pada ponsel yang sudah di-root)
  • CPU, Memori RAM dan GPU mengalami overload atau beban kerja berlebih
  • Smartphone mengalami overheat akibat pemakaian yang terlalu lama
  • Penurunan performa hardware (mesin, baterai, dll) ponsel karena dimakan usia
  • Terdapat aplikasi yang masih dalam versi beta
  • Sistem operasi smartphone terserang virus ataupun malware

Nah, dengan mengetahui macam-macam penyebab hp sering restart di atas, kiranya Anda jadi bisa mendapat sedikit gambaran tentang masalah yang sedang dialami. Jadi, Anda tahu langkah apa yang sebaiknya diambil. Pasalnya, lain penyebab, lain pula cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Handphone Sering Restart Sendiri

Cara mengatasi smartphone sering restart sendiri tergantung dari penyebabnya. Berikut adalah sejumlah langkah awal yang bisa Anda lakukan agar masalah ini dapat terselesaikan:

1. Clear Cache Smartphone Anda

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membersihkan file sampah atau chache pada smartphone. Cara ini, di samping dapat meningkatkan kinerja smartphone, juga menjadi ‘jalan keluar’ untuk mengatasi masalah smartphone yang kerap restart sendiri.

2. Hapus Aplikasi Yang Tidak Kompatibel

Beberapa aplikasi mungkin tidak kompatibel dengan ponsel pintar Anda. Hal ini lantas juga kerap membuat hp jadi sering restart sendiri.

Jadi, saat Anda mengalami masalah smartphone restart tiba-tiba, coba lakukan pengecekan terhadap aplikasi-aplikasi yang sudah ter-install.

Setelah menemukan satu atau beberapa aplikasi yang ternyata tidak sesuai dengan smartphone, maka Anda bisa meng-unistall aplikasi-aplikasi tersebut agar kejadian hp mati dan restart sendiri tidak terulang kembali.

3. Hapus Aplikasi atau Game Berat

Selain aplikasi yang tidak kompatibel, aplikasi atau Game dengan kapasitas penyimpanan yang berat juga menjadi alasan mengapa handphone Anda sering restart sendiri. Pasalnya, smartphone Anda memiliki spesifikasi yang belum cukup mumpuni untuk menjalankan aplikasi maupun game tersebut.

Oleh karena itu, jangan dipaksakan untuk tetap menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut jika tidak ingin hp sering mati tiba-tiba. Segera uinstall aplikasi atau game yang dimaksud agar ponsel kembali berfungsi seperti sedia kala.

4. Unroot Smartphone

Beberapa pengguna ponsel pintar, khususnya ponsel-ponsel dengan sistem operasi Android, melakukan rooting pada smartphone-nya. Nah, sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, hal ini menjadi salah satu penyebab mengapa hp jadi sering mati tiba-tiba.

Jadi, buat anda yang ponselnya telah di­-root lalu mengalami kasus seperti ini, maka kemungkinan besar penyebabnya memang dari rooting tersebut. Sehingga, melakukan unrooting menjadi satu-satunya solusi untuk mengatasi masalah ini.

5. Ganti Kartu SIM

Pada kasus yang jarang, smartphone yang restart sendiri mungkin disebabkan oleh kartu SIM yang rusak atau error. Akan tetapi, belum ada penjelasan pasti mengapa hal ini bisa sampai terjadi.

Walaupun kasusnya jarang, tapi tidak salahnya apabila Anda mencoba cara yang satu ini untuk mengatasi ponsel yang tiba-tiba mati sendiri kemudian menyala lagi.

6. Kembalikan ke Pengaturan Awal (Factory Reset)

Cara mengatasi handphone restart sendiri yang terakhir adalah dengan mengembalikan pengaturan ponsel ke mode pabrik (factory reset).

Namun, sebelum menerapkan metode yang satu ini, Anda sangat disarankan untuk menyimpan atau mem-backup file dan data-data lainnya yang tersimpan di dalam ponsel. Pasalnya, factory reset ada kemungkinan akan membuat file maupun data-data tersebut terhapus.

Itu dia informasi mengenai penyebab handphone sering restart sendiri beserta cara awal mengatasinya. Apabila setelah melakukan langkah-langkah di atas ponsel tetap bermasalah, maka barulah Anda membutuhkan bantuan teknisi ponsel profesional untuk memperbaikinya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

Lindungi gadget kesayangan Anda dengan asuransi sekarang juga!

Sebagai barang yang digunakan sehari-hari, smartphone Anda tentu saja berisiko untuk mengalami kerusakan. Masalahnya, memperbaiki ponsel yang rusak kerap kali membutuhkan biaya yang cukup menguras kantong.

Oleh sebab itu, di zaman seperti sekarang ini, mengasuransikan smartphone kesayangan Anda dengan asuransi moveable all risk kiranya menjadi sangat penting agar nantinya Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya apabila ponsel mengalami kerusakan dan butuh perbaikan.

Temukan asuransi gadget terbaik di Cekpremi.com! Anda bisa memilih dan menentukan mana asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan. Tunggu apalagi? Yuk, lindungi smartphone Anda sekarang juga!