6 Cara Menghilangkan Pusing secara Alami

Oct - 28
2021
cara menghilangkan pusing sakit kepala alami

6 Cara Menghilangkan Pusing secara Alami

Pusing dan sakit kepala sering kita rasakan. Meski tidak selalu menandakan adanya kondisi serius, sering pusing atau sakit kepala tidak bisa dihiraukan. Terlebih jika mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk itu, berikut adalah cara menghilangkan dan mengatasi pusing secara alami.

Kenapa Kepala Sering Pusing?

penyabab pusing

Pusing dan sakit kepala bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Penyebab umum pusing di antaranya karena migrain, obat-obatan, dan alkohol. Pusing dan sakit kepala juga bisa disebabkan oleh masalah di telinga bagian dalam.

Pusing juga bisa disebabkan karena vertigo. Penyebab paling umum dari vertigo dan pusing terkait vertigo adalah vertigo posisional jinak (BPV), yang menyebabkan pusing ketika mengubah posisi dengan cepat, seperti duduk di tempat tidur setelah berbaring.

Pusing uga bisa dipicu oleh penyakit Meniere. Hal ini menyebabkan cairan menumpuk di telinga, gangguan pendengaran, dan tinnitus. Kemungkinan penyebab lain untuk pusing  adalah neuroma akustik, tumor non-kanker yang terbentuk pada saraf yang menghubungkan telinga bagian dalam ke otak.

Beberapa kemungkinan penyebab pusing lainnya meliputi:

  • penurunan tekanan darah secara tiba-tiba
  • penyakit otot jantung
  • penurunan volume darah
  • gangguan kecemasan
  • anemia (kurang zat besi)
  • hipoglikemia (gula darah rendah)
  • infeksi telinga
  • dehidrasi
  • sengatan panas
  • olahraga berlebihan
  • mabuk
  • Dalam kasus yang jarang terjadi, pusing bisa disebabkan oleh multiple sclerosis, stroke, tumor ganas, atau gangguan otak lainnya.

Cara Menghilangkan Pusing dan Sakit Kepala secara Alami tanpa Obat

Untuk mengatasi pusing dan sakit kepala, biasanya sebagian dari kita akan segera mengkomsumsi obat pereda pusing.

Akan tetapi, sering mengonsumsi obat tidak selalu baik untuk kesehatan karena dapat menimbulkan efek samping seperti adiksi (ketergantungan).

Nah, ada beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan untuk meredakan dan menghilangkan pusing dan sakit kepala.

Akan tetapi patut dijadikan catatan, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum melakukan cara-cara di bawah ini untuk mengetahui penyebab utama kenapa Anda sering pusing.

Minum Air Putih

minum air putih

Sakit kepala seringkali dikarenakan dehidrasi. Saat kita kepanasan dan kehilangan banyak cairan disertai rasa sakit kepala, segera untuk konsumsi air putih. Duduklah sebentar, istirahat sejenak, kemudian minum air putih secara perlahan. Jangan melakukan banyak gerakan sampai sakit kepala hilang.

Meminum air putih memang banyak sekali manfaatnya. Biasakan minum air putih minimal kurang lebih 8 gelas sehari agar badan anda sehat dan tentunya terhindar dari kekurangan cairan atau dehidrasi. Serta menjadikan tubuh kita menjadi sehat dan bugar kembali.

Radiasi Perangkat Elektronik

radiasi elektronik

Radiasi komputer ataupun handphone juga bisa menimbulkan rasa pusing dan sakit kepala. Cahaya terang dari layar komputer atau handphone bisa memicu migrain.

Hal tersebut biasanya terjadi pada kita yang menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer atau menggunakan handphone secara jangka waktu yang cukup lama.

Cobalah untuk matikan monitor, lalu pergilah ke luar ruangan untuk mencari udara segar.

Jika Anda mempunyai pekerjaan rutin di depan komputer, usahakan untuk setiap 1 jam sekali melihat pemandangan luar atau melihat sesuatu yang hijau agar mata tidak terlalu lelah.

Istirahat di Ruangan Gelap

cara menghilangkan pusing istirahat

Memejamkan mata adalah cara efektif untuk meredakan ketegangan pada otot mata yang menimbulkan sakit kepala.

Jika pusing dan sakit kepala menyerang, segeralah mencari tempat untu berbaring atau duduk dan upayakan untuk beristirahat di ruangan yang tenang dan agak gelap.

Kemudian, Anda bisa sambil melakukan pijatan lembut di bagian pelipis, leher, bahu, dan kepala selama 30 menit.

Mengompres kepala Anda yang terasa sakit dengan air hangat atau dingin juga dinilai mampu meredakan pusing.

Kurangi Kafein, Garam, dan Alkohol

cara menghilangkan pusing sakit kepala

Kafein, garam, dan alkohol dapat membuat tubuh kekurangan cairan sehingga dapat menyebabkan pusing dan sakit kepala.

Selain ketiga hal tersebut, apabila Anda perokok sebaiknya waspadai bahaya rokok karena zat-zat dalam rokok juga dapat memperburuk kondisi pusing.

Rutin Berolahraga

rutin berolahraga

Salah satu cara paling sederhana untuk mengatasi pusing dan sakit kepala adalah dengan berolahraga.

Dilansir dari Healthline, terdapat penelitian yang dilakukan pada 91 orang. Penelitian ini menemukan orang yang bersepeda selama 40 menit selama tiga kali seminggu lebih efektif dibanding melakukan relaksasi untuk mengurangi frekuensi sakit kepala .

Studi lainnya yang melibatkan lebih dari 92.000 orang menemukan bahwa orang yang jarang melakukan aktivitas fisik terkait dengan peningkatan risiko sakit kepalan.

Ada banyak cara untuk membuat tubuh Anda tetap aktif, salah satu metode termudah adalah dengan meningkatkan jumlah langkah Anda sepanjang hari.

Melakukan Gaya Hidup Sehat

gaya hidup sehat menghilangkan pusing

Gaya hidup sehat bisa bermacam-macam. Pertama, cobalah untuk tidur cukup.

Kurang tidur dapat mengganggu kesehatan Anda, salah satunya menyebabkan sakit kepala.

Satu penelitian membandingkan frekuensi dan keparahan sakit kepala pada mereka yang tidur kurang dari enam jam per malam dan mereka yang tidur lebih lama. Ditemukan bahwa mereka yang kurang tidur mengalami sakit kepala yang lebih sering dan parah.

Namun, terlalu banyak tidur juga terbukti memicu sakit kepala, sehingga jumlah istirahat yang cukup penting bagi Anda untuk mengobati sakit kepala.

Untuk manfaat maksimal, cobalah untuk memperbaiki jam tidur. Jam tidur yang baik untuk kesehatan yaitu tidur tujuh hingga sembilan jam setiap malam.

Kedua, hindari makanan yang mengandung histamin. Biasanya ditemukan dalam keju, makanan fcermentasi, bir, anggur, ikan asap, dan daging yang diawetkan.

Ketiga, meminum vitamin B kompleks seperti B2, B12, dan B6. Menurut penelitian, vitamin B dapat mengurangi sakit kepala dan pusing.

Keempat, lakukan diet sehat. Makanan dan minuman seperti keju, alkohol, cokelat, dan kopi adalah beberapa makanan yang dapat menimbulkan migrain.

Kapan Harus Mengunjungi Dokter?

mengunjungi dokter sakit kepala dan pusing

Anda harus segera mengunjungi dokter apabila:

  • Sakit kepala atau pusing setelah Anda mengalami kecelakaan seperti jatuh yang menyebabkan kepala terbentur
  • Sakit kepala beserta pusing yang menyebabkan kebingungan, masalah berbicara, dan gejala syaraf lain
  • Sakit kepala dan pusing parah yang terjadi secara tiba-tiba
  • Sakit kepala dan pusing yang semakin buruk bahkan setelah Anda meminum obat pereda sakit kepala atau paracetamol

Itulah dia cara untuk mengatasi ataupun menghilangkan pusing ataupun sakit kepala secara alami. Banyak dari kita yang terkena dampak negatif dari pusing dan sakit kepala, sehingga penting untuk menemukan pilihan pengobatan yang alami dan efektif.

Gaya hidup sehat, banyak minum air putih, dan berolahraga secara rutin adalah cara alami, aman, dan efektif untuk mengurangi gejala pusing dan sakit kepala.

Meskipun metode seperti obat-obatan seringkali diperlukan, ada banyak cara alami dan efektif untuk mencegah dan mengobati pusing dan sakit kepala jika Anda mencari pendekatan yang lebih holistik.

Yuk, temukan informasi menarik lainnya dengan mengunjungi blog CekPremi. Selain itu, menjaga kesehatan juga dapat dilakukan dengan membeli produk asuransi kesehatan terbaik yang berfungsi sebagai perlindungi bagi Anda dan keluarga.

Asuransi kesehatan dapat menanggung risiko yang mungkin terjadi di masa kemudian hari. Manfaat asuransi kesehatan di antaranya rawat jalan, rawat inap, dan operasi yang dapat meringankan beban keuanganmu. Yuk, temukan berbagai asuransi kesehatan dengan premi terjangkau di CekPremi.

Referensi:

WebMd.com: “Tips to Get Rid of  A Headache

Healthline.com: “18 Remedies to Get Rid of Headaches Naturally

Healthline.com: “What’s Causing My Headache and Dizziness?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi covid