Kenalan Yuk Dengan Aliran Modifikasi Motor Chopper!

May - 05
2021
motor chopper

Kenalan Yuk Dengan Aliran Modifikasi Motor Chopper!

Last Updated on June 29, 2021 by Andrian

Belakangan ini tren modifikasi motor bergaya Chopper kembali hits. Terlebih sejak presiden RI, Joko Widodo membeli motor Chopper karya anak bangsa. Sejarah dari jenis modifikasi motor ini sebenarnya cukup panjang lho. Awalnya, Chopper adalah modifikasi dari moge Harley-Davidson di Amerika Serikat saat Perang Dunia II dengan menghilangkan beberapa bagian komponen yang dianggap tidak terlalu penting dari segi fungsionalitas. Istilah pemangkasan ini lah yang mereka sebut dengan kata “Chopper”.

Sejak menjamurnya tren Chopper pada saat itu, modifikator spesial aliran tersebut mulai bermunculan seiring tingginya permintaan. Seiring bertambahnya zaman, modifikasi motor ini tidak booming lagi dikarenakan style baru yang berdatangan, seperti style tracker, café racer, dan lain-lain. Aliran Chopper mulai bangkit kembali di tahun 1990-an dan meluas ke Eropa hingga ke Asia, termasuk Indonesia. 

Ada banyak perubahan yang dilakukan demi menjadikan motor Chopper, mulai dari mengubah desain tangki menjadi lebih kecil, spakbor, jok yang dibuat menjadi single seater, memangkas rangka sasis, dan membuat bagian lampu menjadi minimalis. Kemudian ban depan juga biasanya dibuat ukurannya lebih kecil dibandingkan ban belakang. Tak hanya sekedar modifikasi biasa, para pecinta Chopper juga hobi merakit dan membangun sendiri motornya dari nol sesuai dengan keinginan, sering juga disebut custom Chopper. 

Kalau Anda sedang di jalan raya dan menemukan motor dengan bentuk fork depan yang panjang, posisi stang dan tangki yang tinggi, dan letak jok yang rendah, motor tersebut berarti telah dimodifikasi menjadi Chopper. Untuk jenis motornya sendiri bisa menggunakan bahan motor apa saja. Namun, umumnya menggunakan jenis motor sport, seperti Honda Tiger, Yamaha Scorpio, Kawasaki Binter Merzy, atau lainnya. 

Dalam custom motor Chopper akan membutuhkan berbagai komponen baru agar hasilnya maksimal. Banyak bagian yang akan dipotong dan diganti. Jadi biasanya untuk custom Chopper yang diambil hanya bagian pengereman, kelistrikan dan mesin saja. Untuk warna motor bisa menyesuaikan selera pemiliknya.

Persiapan Modifikasi Motor Chopper

modifikasi motor

Budget Sesuai Kemampuan

Saat berencana memodifikasi motor, berarti Anda harus menyiapkan budget khusus yang tidak boleh merusak keuangan bulanan. Terlebih untuk modifikasi motor Chopper membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Cari tau terlebih dahulu berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat model Chopper yang sesuai dengan keinginan Anda. Atau jika budget terbatas, Anda bisa memodifikasi sesuai dengan budget yang dimiliki. 

Siapkan Motor Untuk Dijadikan Chopper

Motor Chopper tidak harus menggunakan motor berkapasitas mesin besar. Bahkan bisa dengan motor Honda GL series, Suzuki Thunder 250, Honda Megapro, Yamaha Scorpio, hingga Honda Tiger. Namun, memang kebanyakan motor-motor ini hanya digunakan mesinnya saja, bagian kerangka akan menggunakan bahan lain. Jadi manfaatkanlah motor dan bahan-bahan yang sudah dimiliki sebelum membeli bahan tambahan lainnya. 

Pilih Builder atau Modifikator Terpercaya

Untuk mendapatkan hasil Chopper yang sesuai dengan keinginan, ada baiknya untuk melakukan survey dan mencari tau dimana builder atau modifikator yang kompeten. Datangi terlebih dahulu dan lakukan konsultasi mengenai modifikasi Chopper yang ingin Anda lakukan. Bisa juga sekalian menanyakan perkiraan biayanya.

Cari rangka motor untuk Chopper

Umumnya, rangka motor asli tidak bisa digunakan. Pilihannya bisa diganti dengan rangka khusus yang dijual untuk motor Chopper atau membuat rangka dari nol. Artinya mendesain sendiri jenis rangka yang ingin digunakan. Tentunya pilihan yang kedua ini akan memakan waktu lebih lama. 

Pahami Aturan Modifikasi, Biar Tidak Kena Tilang 

Dalam Pasal 52 Ayat 3 menyatakan bahwa setiap kendaraan bermotor yang dimodifikasi sehingga mengubah persyaratan konstruksi dan material, wajib dilakukan uji tipe ulang. Jika mengabaikannya, maka sanksi seperti yang tertuang pada Pasal 277 adalah hukuman pidana penjara, paling lama satu tahun atau denda paling banyak Rp 24 juta. Jadi, sebelum melakukan modifikasi, cari tau juga batas dan aturan yang berlaku.

Motor Chopper memiliki tampilan yang unik dan eye catching di jalanan. Semua mata bisa langsung tertuju pada Anda ketika mengendarainya. Namun, pastikan untuk selalu taat berkendara dan tambahkan asuransi motor untuk melindungi dari kerugian finansial. Bayangkan motor yang sudah dimodifikasi dan menghabiskan biaya banyak tiba-tiba hilang atau rusak karena kecelakaan. Nah, adanya asuransi ini akan memberikan ganti rugi agar motor bisa kembali dalam keadaan semula. Dapatkan penawaran asuransi motor terbaik di Cekpremi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi mobil cekpremi