6 Jalur Pendakian Gunung Prau Terbaru di Tahun 2021

Jul - 28
2021
jalur pendakian gunung prau

6 Jalur Pendakian Gunung Prau Terbaru di Tahun 2021

Bagi para pendaki gunung Prau merupakan salah satu dari sekian banyaknya gunung di Indonesia yang terkenal akan keindahannya. Sejak awal dibuka gunung Prau hanya menyediakan 2 jalur pendakian namun seiring berjalannya waktu gunung Prau menyediakan 6 jalur pendakian yang bisa diakses. Nah setiap jalur pendakian di gunung Prau memiliki tingkat kesulitannya tersendiri, mari simak pembahasan lengkapnya di artikel ini!

6 jalur pendakian gunung Prau yang terbaru di tahun 2021

Berikut ini adalah beberapa jalur pendakian terbaru yang sudah kami rangkum dari beberapa sumber:

1. Jalur Patak Banteng

Estimasi waktu mendaki: 2,5 jam

Merupakan jalur yang paling sering dilalui oleh para pendaki di gunung Prau, hal ini disebabkan karena lokasinya yang berada tepat di sebelah jalan raya, dan jarak tempuhnya yang pendek. Cara untuk sampai ke pos pertama adalah dengan naik angkutan umum dari Wonosobo, maka supir akan menurunkan kalian langsung di lokasi pos pertama.

Berbagai fasilitas disediakan di jalur Patak Banteng, untuk jarak tempuhnya sendiri hanyalah berjarak 4 km menuju puncak gunung Prau.

2. Kali Lembu

Estimasi waktu mendaki: 3 jam

Jalur kedua yang bisa kalian lalui untuk mencapai puncak gunung Prau adalah Kali Lembu. Berlokasikan di Desa Kalilembu, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Jalur satu ini juga terkenal karena mudah dilalui. Tersedia 3 pos di jalur satu ini dan kalian bisa mendirikan tenda juga loh di bukit teletubbies!

3. Dwarawati

Estimasi waktu mendaki: 3-4 jam

Terkenal karena saat perjalanan kalian akan melihat indahnya persawahan yang berada di lereng-lereng pegunungan jalur ini juga menjadi salah satu favorit para pendaki. Jalanan disini juga tidak terlalu licin dan landai, namun tetap gunakan sandal gunung agar lebih aman ya!

Jika sudah melewati pos 2, kalian bisa melihat keindahan gunung Sindoro dan gunung Sumbing dari kejauhan juga loh! Dijamin jika kalian lewat jalur satu ini banyak keindahan alam gunung Prau yang bisa kalian jumpai.

Baca juga: 4 Rekomendasi Jalur Pendakian Gunung Slamet untuk Pendaki Pemula

4. Wates

Estimasi waktu mendaki: 3-4 jam

Jika kalian memilih jalur wates, maka dibutuhkan waktu sekitar 2-4 jam untuk mencapai puncak. Selama di perjalanan itu sendiri kalian akan menemui hutan cemara, dan air terjun Sigendang. Jika persediaan air menipis, tetap tenang karena di jalur ini banyak mata air yang bisa kalian akses kok! Kalian akan melewati pos-pos seperti Pos Blumbang Kodok, Cemaran hingga camp area.

5. Dieng Wetan

Estimasi waktu mendaki: 3-4 jam

Bagi kalian para pendaki santai yang ingin menikmati pemandangan alam, maka kami sarankan untuk memilih jalur pendakian Dieng. Disini kalian akan disuguhkan pemandangan indah perbukitan dan hutan yang masih asri. Dibutuhkan waktu sekitar 3-4 jam untuk mencapai puncak jika melewati jalur Dieng. Terdapat 4 pos yang bisa digunakan sebagai tempat peristirahatan.

Baca juga: 5 Jalur Pendakian Gunung Lawu, Nomor 2 Paling Hits dan Cepat!

6. Campurejo

Estimasi waktu mendaki: 3-5 jam

Jalur satu ini sebenarnya masih jalur pendakian baru yang dibuka oleh rekan-rekan Swambin Jungle Trekking Club. Berlokasikan di desa Campurejo, Kecamatan Tretep, Kabupaten Temanggung. Jika kalian baru pertama kali melewati jalur ini, kami sarankan agar menyewa jasa pemandu yang tersedia di basecamp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *