9 Tips Membeli Mobil Baru dengan Harga Murah, Catat!

Oct - 15
2021
tips membeli mobil baru

9 Tips Membeli Mobil Baru dengan Harga Murah, Catat!

Bagi sebagian besar dari kita, membeli mobil adalah pengeluaran terbesar kedua dalam hidup setelah membeli rumah. Akan tetapi, biaya mobil yang mahal, bukan berarti mustahil bagi Anda untuk membelinya.  Nah, dengan mengikuti tips membeli mobil baru berikut ini, Anda bisa meramu strategi yang lebih matang lagi, baik itu ketika membeli mobil di dealer maupun membeli melalui aplikasi jual beli mobil.

Apa saja tipsnya? Simak poin pentingnya, yuk!

Pilih Mobil Sesuai Kebutuhan dan Bujet

tips membeli mobil baru secara cash

Tips membeli mobil baru yang pertama adalah siapkan bujet dan pilihlah mobil sesuai kebutuhan dan kesanggupan Anda. Semua orang pasti memiliki mobil impian atau menginginkan mobil mewah dengan segala fitur kerennya.

Akan tetapi, mobil impian itu belum tentu sesuai dengan bujet atau bahkan bisa jadi mobil impian Anda tidak sesuai dengan kondisi di tempat tinggal Anda seperti sering macet sehingga bensin menjadi boros, ditambah pom bensin jauh dari tempat tinggal atau kantor Anda.

Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan kebutuhan dan kesanggupan Anda sebelum membeli mobil baru. Dengan kata lain, jika saat ini Anda membutuhkan mobil dengan kapasitas yang dapat diisi oleh keluarga dan hemat bensin, maka pilihlah mobil  MPV 1500 cc dengan kapasitas yang memadai dan hindari mobil jenis sedan karena tidak sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, pilihlah mobil yang sesuai dengan bujet Anda demi menjamin kelancaran pembayaran, terutama bagi Anda yang memilih metode kredit. Ada baiknya, Anda menyisihkan uang penghasilan dari jauh-jauh hari untuk membayar uang muka.

Sebagai informasi, makin tinggi uang muka maka akan semakin murah nilai cicilan. Umumnya, uang muka bernilai 25 persen dari total harga mobil. Nah, jika memungkinkan, bayarlah uang muka dengan nilai lebih besar, misalnya sekitar 30-50 persen.

Lantas bagaimana cara menabung untuk membeli mobil baru? Caranya adalah dengan membagi gaji Anda untuk kebutuhan sehari-hari selama sebulan, tabungan mobil, dana cadangan, dan kebutuhan lainnya. Jangan lupa menabung, ya!

Pilih Mobil yang Memiliki Fitur Keamanan dan Keselamatan

mobil baru dengan airbag

Keamanan dan keselamatan pengemudi dan penumpang Anda menjadi yang utama. Dengan demikian, sebaiknya Anda mengecek beberapa fitur keselamatan yang ada pada mobil seperti:

  • Fitur Dual SRS Airbags
  • Kelengkapan seat belt
  • Auto-lock (penting bagi Anda yang memiliki anak balita agar tidak membuka pintu dan jendela sembarangan)
  • Fitur rem (Anti Lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD))

Dengan adanya fitur keamanan dan keselamatan yang lengkap, Anda bisa berkendara dengan perasaan aman dan tenang.

Pilih Mobil Baru dengan Harga Jual yang Stabil

Tips membeli mobil yang satu ini cukup penting. Disarankan untuk tidak membeli mobil yang memiliki harga jual “terjun bebas”. Dengan kata lain, turunnya sangat drastis dibanding dengan harga barunya.

Membeli mobil baru sebaiknya jangan disamakan dengan membeli rumah atau sebaiknya jangan siapkan pola pikir membeli mobil adalah investasi. Hal ini dikarenakan masa pakai mobil tidak terlalu lama, sedangkan rumah bisa dihuni selama puluhan tahun.

Mobil baru pada umumnya digunakan selama lima hingga 10 tahun. Akan tetapi tak jarang ada yang mengganti mobil hanya dalam jangka waktu dua atau tiga tahun saja. Mobil bisa turun harga sampai dengan 50 persen saat statusnya menjadi mobil bekas.

Untuk itu, sangat disarankan mencari mobil dengan harga jual yang cukup tinggi agar meminimalisir kerugian. Harga jual yang stabil juga berarti mobil tersebut memang digunakan dan banyak dicari orang sehingga memudahkan Anda untuk menawarkan mobil bekas pakai Anda nantinya.

Lakukan Riset dan Pilih Dealer Rekomendasi

riset membeli mobil baru

Sebelum mengujungi dealer, ada baiknya Anda melakukan riset dengan melihat ulasan-ulasan baik itu tentang mobilnya maupun tentang penjualnya. Anda bisa melakukan riset di internet atau meminta rekomendasi kepada teman, keluarga, atau orang sekitar Anda yang pernah melakukan test drive atau pernah membeli mobil di dealer tersebut.

Ulasan atau review ini biasanya berisi kelebihan dan kekurangan mobil. Sangat penting untuk Abda memahami apa saja kelebihan dan kekurangan mobil agar tidak kecewa dan mendapatkan pengalaman buruk setelah membeli.

Cari Mobil dengan Spare Part yang Gampang Dibeli

tips membeli mobil baru

Sangat disarankan untuk membeli jenis mobil yang suku cadang atau spare parts-nya dijual di pasaran atau mudah dibeli. Tujuannya, untuk mengantisipasi kalau nanti terjadi kerusakan, Anda bisa memperbaiki mobilnya dengan cepat tanpa harus menunggu lama datangnya suku cadang.

Selain itu, disarankan juga untuk selalu memilih mobil yang tersedia suku cadang originalnya sehingga kendaraan lebih terawat dan terjaga dalam jangka panjang. Sebaiknya, hindari mobil yang suku cadangnya harus impor.

Bandingkan Harga

Tips membeli mobil baru selanjutnya adalah cek harga pasaran untuk membandingkan harga. Dewasa ini, informasi sangatlah mudah diakses menggunakan, salah satunya mengenai harga mobil di pasaran. Hal ini penting dilakukan sebelum membeli mobil baru agar mendapatkan harga yang murah dan mencegah terjadinya membeli mobil dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan harga pasaran.

Untuk cek harga pasaran mobil, Anda bisa melihat situs resmi mobil incaran Anda atau aplikasi jual beli mobil baik itu baru maupun bekas. Apabila melihat harga mobil di aplikasi jual beli mobil, Anda bisa mencari atau bahkan nego harga sesuai dengan tahun keluaran, model, dan warna. Mungkin setelah Anda melakukan hal ini, Anda akan ditelepon atau mendapatkan email dari penjual atau dealer.

Akan tetapi, mendapatkan berbagai macam informasi dari bermacam-macam penjual dapat membantu Anda mendapatkan harga mobil termurah. Anda juga bisa mengunjungi berbagai dealer yang dekat dengan lokasi tempat tinggal Anda.

Pertimbangkan untuk Membeli Mobil Baru secara Cashtips membeli mobil baru secara cash

Membeli mobil baru secara cash lebih menguntungkan dibanding secara kredit. Kelihatannya memang berat karena harus mempersiapkan dana yang lebih banyak, tetapi untuk ke depannya akan jauh lebih efisien  karena Anda tidak terbebani dengan angsuran bulanannya.

Lakukan Test Drive

Apabila Anda terbiasa dengan merek atau model mobil tertentu, sebaiknya Anda mencari dealer atau penjual yang menyediakan test drive. Hal ini bertujuan untuk menguji dan memastikan mobil pilihan Anda cocok dengan Anda sehingga Anda nyaman ketika mengendarainya.

Lengkapi Mobil Baru Anda dengan Asuransi

tips membeli mobil baru

Tips membeli baru yang terakhir adalah jika sudah yakin, alangkah baiknya Anda melengkapi mobil baru Anda dengan asuransi mobil terbaik. Pemilihan asuransi ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan. CekPremi menyediakan asuransi mobil all risk dan asuransi mobil total loss only yang dapat Anda bandingkan dan beli di bagian produk Asuransi Mobil kami.

Jangan sampai Anda rugi secara finansial karena mobil Anda tidak terproteksi asuransi karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Yuk, buruan lindungi mobil baru kesayangan Anda dengan asuransi mobil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

promo november