Kreatif! Begini Cara Membuat Kebun Sayur di Pekarangan Rumah

Jul - 11
2021
kebun sayur di pekarangan rumah

Kreatif! Begini Cara Membuat Kebun Sayur di Pekarangan Rumah

Tahukah Anda bahwa berkebun dapat dilakukan di mana saja? Tidak cuma lahan yang luas, membuat kebun sayur di pekarangan rumah yang sempit juga bisa kita lakukan dengan mudah.

Memiliki kebun sayur sendiri memang sangat menyenangkan. Selain menyalurkan hobi, cara satu ini juga efektif untuk menghemat anggaran belanja, serta membuat asupan makanan jadi lebih sehat.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Dengan menanam sayuran secara pribadi, kita bisa mengontrol zat-zat kimia yang digunakan saat proses penanaman. Jika Anda tertarik melakukan cara ini, yuk simak ulasan lengkapnya di bawah!

 

4 Cara Membuat Kebun Sayur di Pekarangan Rumah

Pilihlah Sudut Lahan yang Tepat

Area pekarangan rumah biasanya ditutupi oleh kanopi atau ditanami pepohonan lainnya. Agar pertumbuhan sayur lebih efektif, pilihlah sudut-sudut pekarangan yang terbilang cukup lega.

Hindari membuat kebun sayur yang tidak tersinari sinar matahari. Selanjutnya pilih lokasi yang jauh dari jalur keluar-masuk orang, agar tanaman sayur Anda tidak mati terinjak.

Rencanakan Sayuran yang Ingin Ditanam

Sebab lahannya terbatas, tidak semua jenis sayuran dapat kita tanam di pekarangan rumah. Karena itu pilihlah jenis sayur yang ukurannya cukup kecil, sehingga tidak memakan terlalu banyak tempat.

Untuk Anda yang baru memulai metode ini, pilihlah jenis-jenis sayuran yang gampang dirawat. Beberapa tanaman yang cocok untuk para pemula ialah selada, bayam, sampai daun bawang.

Baca juga: Ini Manfaat Tanaman Kumis Kucing, Bisa Sebagai Obat Herbal!

Jadwal Penyiraman dan Pemberian Pupuk

Mengatur jadwal penyiraman dan pemberian pupuk sangat penting saat membuat kebun sayur di pekarangan rumah. Sebab, langkah ini mempengaruhi kesuksesan Anda dalam menanam sayuran.

Sebisa mungkin hindari penggunaan pupuk berbahan kimia. Selain berbahaya bagi tanaman, sayuran yang ditanam dengan pupuk kimia juga berbahaya bagi orang yang mengkonsumsinya.

Selanjutnya, atur jadwal penyiraman tanaman sesuai jenis sayuran yang ditanam. Beberapa sayur mungkin membutuhkan air yang banyak, sedang yang lainnya hanya perlu disiram sesekali saja.

 

Tentukan Teknik Penanaman

Ada beberapa teknik yang bisa kita aplikasikan pada kebun sayur di pekarangan rumah, di antaranya square foot gardening, dinding vertikal, menggunakan media pot, atau langsung di atas tanah.

  • Square foot gardening adalah metode berkebun dengan desain raised bed garden. Desain yang satu ini dibuat berbentuk kotak persegi, dengan memanfaatkan lahan terbatas pada pekarangan.
  • Dinding vertikal merupakan teknik yang unik. Ia ini memanfaatkan lanskap vertikal untuk berkebun, dengan media tanam berupa anyaman kawat yang ditempelkan pada bingkai kayu.
  • Pot bisa digunakan sebagai cara membuat kebun sayur di pekarangan rumah. Metode yang satu ini sangat cocok diaplikasikan, untuk Anda yang memiliki ketersediaan lahan terbatas.
  • Menanam langsung di tanah juga patut untuk dicoba, namun cara ini membutuhkan tenaga ekstra karena tanahnya harus digali terlebih dahulu sebelum disemaikan pupuk kandang.

Demikian cara mudah membuat kebun sayur di pekarangan rumah. Agar keamanan hunian senantiasa terjaga, segera daftarkan rumah Anda dengan asuransi properti terpercaya ya.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *