Klakson Mobil Mati? Mungkin Ini Penyebabnya!

Aug - 21
2021
klakson mobil mati

Klakson Mobil Mati? Mungkin Ini Penyebabnya!

Klakson mobil mati jika dibiarkan tentunya akan sangat berbahaya bagi keamanan pengendara dan juga penumpang. Klakson mobil memiliki fungsi utama untuk memperingati pengendara lain untuk lebih berhati-hati saat berkendara. Jika klakson kalian mati, simak 5 kemungkinan penyebabnya di artikel ini ya!

6 kemungkinan penyebab klakson mati

Berikut ini ada beberapa kemungkinan penyebab mengapa klakson mobil bisa mati. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

1. Switch klakson bermasalah

Merupakan komponen yang menghubungkan setir dan klakson, jika switch rusak otomatis klakson tidak akan menyala.

Perlu dilakukan pembongkaran pada bagian setir untuk memperbaiki switch, jika kalian tidak tahu caranya sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel terdekat.

Baca juga: Ternyata Ini Penyebab Sensor Mundur Mobil Bunyi Terus

2. Kabel klakson bermasalah

Kerusakan pada kabel merupakan penyebab paling umum yang dapat terjadi saat klakson bermasalah. Bisa karena kabel putus, korsleting dan juga berkarat.

Untuk mengetes apakah kabel masih berfungsi dengan baik atau tidak, kalian bisa membeli alat test lamp. Hubungkan alat dengan kabel klakson lalu coba tekan saklar klakson jika lampu tes tidak menyala maka dapat dipastikan kabel rusak.

3. Sekring klakson putus

Kemungkinan penyebab klakson mobil mati selanjutnya adalah dari sekring yang putus. Sekring berperan sebagai pengaman rangkaian listrik agar tidak berlebihan muatan.

Komponen sekring memiliki peranan yang sangat penting dalam klakson. Jika ada satu bagian saja yang rusak, maka klakson tidak akan bisa berfungsi.

4. Saklar karatan

Saklar yang sudah berumur biasanya akan berkarat, hal ini dapat terjadi karena banyaknya kotoran yang menumpuk di saklar.

Saklar yang tidak berfungsi dengan baik akan membuat klakson mobil mati dan tidak bisa digunakan. Segera ganti saklar dengan saklar yang baru di bengkel terdekat.

Baca juga: Simak Cara Memperbaiki Lampu Rem Belakang Mobil yang Nyala Terus!

5. Relay klakson sudah berumur

Relay yang sudah berumur atau usang juga dapat menyebabkan klakson mati dan tidak bisa digunakan. Relay memiliki peranan penting sebagai penyalur listrik ke klakson.

Jika relay rusak maka otomatis listrik tidak akan bisa disalurkan dan klakson pun tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

6. Airbag setir yang bermasalah

Setiap setir mobil sudah dilengkapi dengan airbag agar keamanan si pengemudi terjamin. Nah jika airbag pada setir rusak biasanya itu juga akan mempengaruhi klakson.

Segera bawa mobil ke bengkel untuk mendapatkan perbaikan. Airbag yang bermasalah tentunya juga akan membahayakan keselamatan kalian loh.

 

Berikan proteksi pada mobil kesayangan kalian

asuransi mobil cekpremi

Pastikan mobil baru kalian terlindung dari segala biaya resiko kerusakan dengan asuransi! Seluruh  biaya kerusakan mobil akan ditanggung oleh produk asuransi mobil all risk! Selain itu juga kalian bisa menggunakan asuransi TLO (Total Loss Only) jika ingin premi dengan biaya yang lebih murah! Bandingkan dan pilih berbagai produk asuransi mobil terbaik dan terpercaya hanya di Cekpremi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi mobil cekpremi