4 Manfaat Madu dan Jeruk Nipis yang Sudah Terbukti secara Ilmiah

Jun - 13
2021
manfaat madu dan jeruk nipis

4 Manfaat Madu dan Jeruk Nipis yang Sudah Terbukti secara Ilmiah

Last Updated on September 27, 2021 by Andini

Perkara kesehatan memang enggak boleh main-main. Walau makanan yang kita konsumsi bersifat alami, belum tentu bahan-bahan tersebut teruji secara klinis memiliki manfaat bagi kesehatan. Misalnya saja seperti manfaat madu dan jeruk nipis. Menurut mayoritas ilmuwan, hampir setengah dari klaim khasiat racikan madu dan jeruk nipis belum terbukti secara klinis atau dapat dibuktikan.

Meski begitu, bukan berarti Anda harus berhenti mengkonsumsi kedua bahan tersebut. Sebab, faktanya ada empat manfaat minum madu dan jeruk nipis yang bisa ahli pertanggungjawabkan.

Inilah 4 Manfaat Madu dan Jeruk Nipis menurut Ahli

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat madu dan jeruk nipis yang sering kita dengar adalah efektif menurunkan berat badan, apakah klaim tersebut benar? Syukurnya, hal tersebut terbukti dan “diaminkan” oleh ahli.

Merujuk berbagai penelitian, campuran madu dan jeruk nipis ampuh untuk menghidrasi tubuh. Sehingga dengan mengonsumsi racikan ini, rasa kenyang dalam perut akan terjaga lebih lama.

Untuk Anda yang tertarik mencobanya, waktu konsumsi kedua bahan ini pakar rekomendasikan sebelum bersantap. Hal ini dilakukan, demi mengantisipasi surplus kalori di dalam tubuh kita.

Baca juga: Berkhasiat! Ternyata Ini Manfaat Madu Asli Bagi Manusia

2. Menjaga Kadar Kalori dalam Tubuh

Masih seputar menjaga berat badan, campuran madu dan jeruk nipis diklaim efektif untuk menjaga kalori dalam tubuh. Menurut ahli, kandungan kalori pada kedua bahan tersebut sangatlah rendah.

Racikan madu dan jeruk nipis setidaknya menyimpan 25 kalori. Jika dibandingkan pemanis dan minuman soda, jumlah kalori kedua bahan ini bahkan tak sampai setengahnya, lho.

3.  Ampuh Tingkatkan Imun Tubuh

Jika kondisi badan kurang fit, mengkonsumsi madu dan jeruk nipis ampuh meningkatkan imun tubuh kita. Hal itu disebabkan oleh tingginya kandungan vitamin C serta antioksidan pada jeruk nipis.

Selain itu dengan kandungan vitamin C yang tinggi, stimulasi sel darah putih dalam melawan infeksi jadi lebih besar. Kandungan ini juga berkhasiat bagi penderita batuk atau radang tenggorokan.

Ingin mendapatkan manfaat madu dan jeruk nipis lainnya? Campurkan kedua bahan tersebut dengan teh hangat. Bagi penderita flu, minuman ini ampuh untuk melancarkan pernapasan.

Baca juga: Cegah Korona dengan 6 Makanan Penambah Imun Ini!

4. Membantu Melancarkan Pencernaan

Terakhir, manfaat bagi kesehatan ialah melancarkan pencernaan. Seperti yang kita tahu, kekurangan asupan cairan dapat mengakibatkan konstipasi sampai risiko dehidrasi.

Jika pencernaan terganggu, air perasaan jeruk nipis dan madu dipercaya ampuh melancarkan BAB. Ditambahkan lagi, madu sendiri pakar sinyalir bermanfaat bagi bakteri baik dalam pencernaan.

Kendati demikian, hindari memberikan madu kepada anak berusia di bawah 1 tahun, ya. Melansir berbagai sumber, bahan alami ini justru dapat meningkatkan risiko botulisme pada anak-anak.

Demikian empat manfaat madu dan jeruk nipis yang dapat dibuktikan secara ilmiah. Mau tahu beragam informasi menarik lainnya? Segera kunjungi laman Cekpremi.com, ya.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi covid