Mobil Matic Anda Nyentak? Mungkin Ini Penyebabnya!

Aug - 26
2021
penyebab mobil matic nyentak

Mobil Matic Anda Nyentak? Mungkin Ini Penyebabnya!

Mobil matic yang nyentak tentunya membuat kenyamanan saat berkendara terganggu. Ada banyak kemungkinan penyebab mengapa mobil matic kalian nyentak. Bisa dari oli, masalah pada sistem kelistrikan dan masih banyak lagi. Yuk simak 7 kemungkinan penyebab mobil matic nyentak di artikel ini!

7 penyebab mobil matic nyentak

Berikut ini ada beberapa kemungkinan penyebab yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber:

1. Oli mobil kotor

Kemungkinan penyebab pertama adalah oli transmisi yang kotor. Oli yang kotor otomatis akan membuat perpindahan transmisi tidak mulus yang mengakibatkan mobil nyentak.

Segera ganti dengan oli mobil yang baru, kalian bisa membaca rekomendasi oli mobil terbaik di blog kami loh!

2. AT Solenoid bermasalah

Kemungkinan selanjutnya ada di AT Solenoid yang bermasalah. Fungsi komponen satu ini adalah untuk mengatur aliran oli pada mesin mobil matic.

Jika komponen satu ini rusak, maka otomatis aliran oli akan terganggu dan akan menyebabkan mobil nyentak. Segera bawa mobil ke bengkel untuk mendapatkan perawatan ya!

3. Komponen brake dan clutch aus

Kedua komponen ini memegang peranan penting saat penggantian transmisi. Maka dari itu jika salah satu dari kedua komponen ini aus maka mobil akan menyentak.

Perhatikan kembali usia penggunaan, jika sudah diatas 3 tahun ada baiknya kalian segera membawa mobil untuk dilakukan tune up.

4. Sistem kelistrikan bermasalah

Jika mobil kalian termasuk salah satu mobil tua, maka besar kemungkinan sistem TCM (Transmission Control Module) bermasalah. Di dalam TCM sendiri terdapat banyak komponen yang mengatur sistem kerja transmisi.

Jika TCM bermasalah maka besar kemungkinan transmisi tidak akan bekerja dengan baik dan menyebabkan mobil nyentak.

5. Salah pemasangan pada kabel accelerator

Hal ini juga biasanya dialami oleh mobil tua. Terletak di bagian throttle valve yang tersambung dengan bagian pedal gas. Jika setelan tidak tepat maka mobil pun akan nyentak saat dijalankan.

6. Bocor pada bagian oli transmisi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya oli transmisi memegang peranan penting pada sistem transmisi mobil. Jika oli transmisi bocor maka sistem transmisi pun tidak dapat bekerja dengan baik.

Sistem transmisi yang bermasalah tentunya akan menyebabkan mobil nyendat. Segera bawa mobil kalian ke bengkel untuk mendapatkan perbaikan.

7. Rasio gigi mundur yang tidak sesuai

Jika rasio gigi mundur mobil matic kalian tidak tepat maka akan menyebabkan mobil nyentak. Segera lakukan pengaturan ulang pada rasio gigi mundur kalian.

Bagaimana cara merawat mobil agar tidak nyentak?

Nah pastinya kalian bertanya-tanya bagaimana sih cara merawat mobil yang benar agar tidak nyentak? Yuk simak apa saja cara yang bisa kalian lakukan di bawah ini:

  • Lakukan proses tune up mobil setiap 3 tahun sekali
  • Perhatikan kerusakan-kerusakan kecil pada mobil
  • Rutin ganti oli
  • Usahakan untuk tidak mengebut terlalu sering

Setidak nya 4 cara mudah itulah yang bisa kalian lakukan agar mobil tidak nyentak. Dijamin resiko mobil rusak akan berkurang jika kalian menerapkan cara tersebut.

 

Berikan proteksi kepada mobil kesayangan anda!

 Pastikan mobil kesayangan anda terproteksi dari segala resiko yang bisa saja dihadapi. Hindari biaya servis dan kerugian besar lainnya dengan berbagai macam pilihan produk asuransi mobil di Cekpremi!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi mobil cekpremi