Bagaimana Cara Menghemat Listrik di Rumah? Ini Tipsnya!

Aug - 14
2021
cara menghemat-listrik-di-rumah

Bagaimana Cara Menghemat Listrik di Rumah? Ini Tipsnya!

Pandemi Covid-19 membuat banyak kalangan harus bekerja dari rumah atau work from home. Hal ini lantas berdampak pada meningkatnya penggunaan listrik. Anda pun dibuat pusing ketika tagihan listrik bulanan membengkak.

Akan tetapi, ada cara yang sebenarnya bisa dilakukan agar penggunaan listrik tetap hemat kendati Anda harus bekerja ataupun belajar dari rumah. Lantas, bagaimana cara menghemat energi listrik di rumah?

Cara Menghemat Listrik di Rumah

Berikut ini macam-macam cara menghemat energi listrik di rumah supaya tagihan listrik Anda tidak terlalu membengkak!

1. Matikan Lampu di Siang Hari

Saat siang hari, tidak jarang Anda menyalakan lampu untuk menerangi ruangan. Hal ini sebaiknya dihindari karena dapat menyebabkan penggunaan daya listrik bertambah.

Alih-alih menyalakan lampu, Anda bisa membuka jendela untuk mendapatkan sinar alami dari luar rumah. Cara ini juga bermanfaat untuk menjaga sirkulasi udara di dalam ruangan tetap baik.

2. Matikan Perangkat Elektronik Jika Tidak Sedang Dipakai

Kebiasaan menyalakan perangkat elektronik juga bisa menjadi ‘biang keladi’ dari membengkaknya tagihan listrik Anda.

Oleh sebab itu, mematikan perangkat elektronik seperti TV, AC, radio, dan sebagainya saat sedang dipakai perlu dilakukan untuk membuat pemakaian listrik di rumah Anda tetap hemat.

3. Gunakan Perangkat Elektronik Sesuai Kebutuhan

Cara menghemat energi listrik di rumah selanjutnya adalah dengan menggunakan perangkat elektronik sesuai kebutuhan.

Seperti kita ketahui, saat ini banyak sekali perangkat elektronik yang beredar di pasaran, baik yang sifatnya esensial maupun non-esensial.

Menggunakan perangkat elektronik sesuai kebutuhan Anda setidaknya mencegah Anda terhindar dari peningkatan beban listrik secara signifikan.

Sebagai contoh, Anda mungkin tidak terlalu membutuhkan radio tape. Maka sebaiknya Anda tidak membeli perangkat elektronik yang satu ini.

Baca juga: 5 Cara Ampuh Mengatasi Bocor pada Sambungan Atap

4. Beli Perangkat Elektronik yang Hemat Energi

Saat ini, banyak produsen alat elektronik yang menawarkan produk hemat energi, seperti lampu, AC, kulkas, hingga mesin cuci.

Produk-produk tersebut tentunya bisa jadi pilihan bagi Anda guna menekan pemakaian daya listrik. Namun, tetap matikan alat-alat tersebut apabila sedang tidak digunakan, khususnya lampu dan AC.

5. Gunakan Air Secukupnya

Jika Anda menggunakan pompa air, maka menggunakan air secukupnya juga menjadi cara agar lebih hemat listrik. Pasalnya, semakin sering Anda menyalakan keran, maka semakin sering pula pompa air bekerja dan menyedot daya listrik.

Jadi, pastikan untuk menggunakan air seperlunya saja, ya.

6. Hindari Mengisi Daya Ponsel Semalaman

Mengisi daya ponsel maupun gadget lainnya semalaman juga menjadi alasan mengapa pemakaian listrik Anda menjadi boros.

Jadi, sudah sepatutnya Anda menghindari kebiasaan ini. Pastikan ponsel terisi penuh sebelum tidur. Atau, lebih baik untuk tidak men-charge ponsel apabila Anda memang sudah ingin tidur. Anda bisa mengisi daya di keesokan harinya.

7. Gunakan Listrik Token

Mengapa menggunakan listrik prabayar atau token bisa jadi cara menghemat energi listrik di rumah Anda? Jawabannya tidak lain karena sistem seperti ini memungkinkan Anda untuk bisa lebih bijak dalam menggunakan listrik.

Pasalnya, listrik tidak dapat digunakan sebelum Anda membeli token. Saat token habis, listrik pun akan langsung mati.

Jadi, agar tidak sering-sering memberi token listrik, secara tidak sadar Anda bisa lebih berhemat dalam menggunakan listrik.

8. Mengatur Ventilasi Udara

Mengatur ventilasi udara sedemikian rupa bertujuan untuk menciptakan sirkulasi udara yang baik. Dengan begitu, rumah tidak terlalu panas sehingga mengurangi pemakaian pendingin ruangan seperti kipas angin dan AC.

Baca juga: Begini Cara Menghitung Kapasitas AC Gedung Supaya Sesuai Kebutuhan

Akibat Tidak Menghemat Energi Listrik di Rumah

Itu dia cara menghemat energi listrik di rumah. Tentunya ada dampak negatif apabila Anda tidak bijak dalam memanfaatkan energi listrik.

Dampak yang paling terasa yakni tagihan listrik yang membengkak. Namun, tidak hanya itu, penggunaan barang elektronik yang terus-menerus bisa mempercepat kerusakan dari alat-alat tersebut.

 

Proteksi maksimal untuk rumah dan apartemen Anda dari asuransi properti terpercaya! Bandingkan berbagai asuransi properti terbaik di Cekpremi.com sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

asuransi properti cekpremi