Jangan Salah Duga, Ini 5 Penyebab Lampu Jauh Mobil Tidak Nyala

Jul - 12
2021
penyebab lampu jauh mobil tidak nyala

Jangan Salah Duga, Ini 5 Penyebab Lampu Jauh Mobil Tidak Nyala

Lampu jauh mobil merupakan komponen yang sangat penting. Selain berfungsi menerangi lintasan, bagian ini juga berguna untuk meminta jalan atau memberi tanda sedang dalam kecepatan tinggi. Karena itu saat lampu jauh mobil rusak, pengalaman berkendara menjadi kurang mantap dan tersendat. Dalam beberapa kasus, gangguan ini bahkan bisa menyebabkan kecelakaan lho. Anda tentu enggak mau dong, hal semacam ini sampai terjadi? Untuk mengantisipasi segala risiko yang terjadi di masa depan, simak beberapa penyebab lampu jauh mobil tidak nyala berikut ini.

 

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

5 Penyebab Lampu Jauh Mobil Tidak Nyala

Kabel pada Sekring Putus

Tidak cuma sekring rumah, sekring pada kelistrikan mobil juga rentan putus lho. Bahkan jika tidak dicek secara berkala, kerusakan ini dapat menimbulkan masalah lebih fatal terhadap kendaraan.

Saat lampu jauh mobil tidak menyala, salah satu penyebabnya adalah kabel sekring yang putus. Coba cek bagian tersebut di kursi depan dekat area setir. Sekring sendiri terletak di dalam kotak hitam.

Kondisi Kabel Relay Usang

Sama seperti sekring, putusnya kabel relay bisa menjadi penyebab lampu jauh mobil tidak nyala. Bahkan dalam keadaan belum putus sekalipun, relay yang usang dapat menimbulkan masalah.

Jika kondisi ini terjadi, maka Anda dapat mengatasinya dengan mengganti kabel penghubung di dalam relay. Tentunya untuk menjaga kualitas kabel, lakukan pergantian hanya di bengkel resmi.

Baca juga: Simak Cara Memperbaiki Lampu Rem Belakang Mobil yang Nyala Terus!

Bohlam Putus atau Mati

Persis seperti bohlam di rumah kita, bohlam pada lampu jauh mobil juga bisa putus. Jika bohlam nya mati, tentu saja lampu jauh tersebut tidak akan menyala dan berfungsi seperti biasanya.

Selain itu pemasangan posisi bohlam yang tidak tepat, serta kaca bohlam yang kotor juga menjadi penyebab lampu jauh mobil tidak nyala. Agar lebih pasti, segera periksa bagian ini ke bengkel ya.

Tegangan Listrik Tidak Stabil

Sistem kelistrikan mobil memang harus stabil. Tidak hanya berpengaruh pada mesin, tegangan listrik yang naik-turun juga bisa mengakibatkan rusaknya lampu jauh pada kendaraan.

Untuk memastikan hal tersebut, Anda bisa mengukurnya menggunakan voltmeter atau multimeter. Hindari lonjakan listrik yang terlalu tinggi atau tiba-tiba, agar lampu tidak mudah mati dan rusak.

Bagian Switch yang Meleleh

Terakhir, penyebab lampu jauh mobil tidak nyala adalah switch yang meleleh. Kondisi ini dapat dirasakan pengemudi saat mengoperasikan mobil, yakni lajunya menjadi seret saat dijalankan.

Selain itu, periksalah bagian soket lampu mobil Anda. Apabila kotor dan kendor, lampu jauh kendaraan biasanya tidak akan menyala atau hidup dalam kondisi yang redup.

Itulah beberapa penyebab lampu jauh mobil tidak nyala yang perlu diantisipasi. Agar kenyamanan berkendara semakin terjaga, segera daftarkan kendaraan Anda dengan asuransi mobil terpercaya.

Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *