Cara Meningkat Rumah Tanpa Pondasi yang Terbukti Aman

Jul - 12
2021
cara meningkat rumah tanpa pondasi

Cara Meningkat Rumah Tanpa Pondasi yang Terbukti Aman

Pada saat awal membangun rumah, seringkali kita tidak memperhitungkan apakah luas rumah yang sekarang kita tinggali sudah cukup atau belum. Seiring berjalannya waktu pasti anggota keluarga bertambah dan kita memerlukan kamar tambahan. Jika di lantai pertama sudah penuh, maka cara yang terpikirkan hanyalah membuat rumah menjadi 2 lantai. Kendala yang seringkali dihadapi adalah pondasi yang tidak mendukung. Nah di artikel ini kami akan membahas lengkap mengenai bagaimana cara meningkat rumah tanpa pondasi yang aman! Simak selengkapnya dibawah ini ya.

 

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Cara Meningkat Rumah Tanpa Pondasi

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kalian lakukan:

– Gunakan pelat lantai GRC

Saat kalian menggunakan GRC, dapat dipastikan pondasi tidak menanggung beban atas penambahan lantai yang kalian lakukan. GRC terbuat dari bahan yang ringan seperti semen, glassfiber dan juga pasir. Glassfiber memegang peranan sebagai tulang utama pondasi. Proses pemasangan GRC juga terbilang cukup mudah dan tidak memakan banyak waktu.

Baca juga: Tips Memilih Model Tangga Rumah Bergaya Minimalis Modern

– Gunakan gipsum untuk material dinding

Hindari penggunaan batu bata, agar tidak menambah beban pondasi rumah. Untuk mengakalinya kalian bisa menggunakan gipsum sebagai material tembok. Ringan dan mudah dipasang merupakan keuntungan lainnya yang bisa kalian dapatkan.

– Tambahkan batu bata/hebel jika pondasi kuat

Jika kalian rasa pondasi rumah cukup kuat, maka kalian bisa menggunakan teknik sloof. Kalau pondasi terbukti aman menahan beban dari dinding yang dibuat di lantai 2, maka kalian bisa melanjutkan pemasangan bata atau hebel agar dinding di lantai 2 menjadi lebih kokoh.

Biaya penambahan lantai yang dibagi sesuai dengan tipe rumah:

Tipe rumah Biaya/m2
Rumah tipe 36 Rp 2,5 juta – 4 juta
Rumah tipe 45 Rp 2,5 juta – 5 juta

Biaya yang disebutkan adalah biaya borongan (termasuk material) jika kalian ingin membeli material sendiri, tentunya biaya yang dibutuhkan juga jauh lebih murah. Namun diperlukan ketelitian tinggi agar material yang kalian beli berkualitas.

 

Tips Sebelum Membangun Lantai 2 Rumah

Ada baiknya kalian memerhatikan beberapa tips yang kami sebutkan dibawah agar proses pembangunan berjalan lancar

– Minta izin tetangga

Pastikan kalian meminta izin terlebih dahulu agar tidak mengganggu kenyamanan di daerah lingkungan kalian. Jika tetangga dan ketua RT sudah memberikan izin, maka proses pembangunan akan berjalan lebih lancar.

– Riset mengenai biaya yang diperlukan

Untuk menghindari biaya yang dimanipulasi oleh tukang, maka ada baiknya kalian riset terlebih dahulu di internet agar terhindar dari biaya yang membengkak.

– Pilih material yang berkualitas

Jika kalian membeli dengan sistem borongan, urusan kualitas material itu sudah diatur oleh tukang. Namun kalau kalian ingin memilih material secara mandiri, pastikan kalian tahu apa itu merk keramik yang bagus, kualitas kayu, dan masih banyak lagi.

 

Berikan perlindungan kepada aset properti kalian!

asuransi properti cekpremi

Properti merupakan sebuah aset yang berharga, oleh karena itu pastikan aset properti kalian terhindari dari segala resiko kerusakan yang mungkin terjadi dengan perlindungan asuransi properti!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *