Ternyata Ini Penyebab Mobil Brebet Saat Di RPM Rendah!

Aug - 31
2021
penyebab mobil brebet di rpm rendah

Ternyata Ini Penyebab Mobil Brebet Saat Di RPM Rendah!

Mobil brebet saat di rpm rendah seringkali menjadi masalah yang cukup sering dialami oleh mobil. Berbagai kemungkinan penyebab bisa saja terjadi, bisa dari bahan bakar, ataupun komponen usang yang perlu diganti. Yuk simak apa saja sih kemungkinan penyebab mobil brebet saat di rpm rendah, dan bagaimana cara mengatasinya di artikel ini!

7 penyebab mobil brebet saat di rpm rendah

1. Bahan bakar yang dipakai tidak cocok

Jika kalian memakai mobil injeksi tinggi, namun kalian memakai bahan bakar yang beroktan rendah, maka itu akan membuat mobil brebet saat di gas.

Isi dengan bahan bakar yang beroktan minimal 90 jika mobil kalian termasuk mobil injeksi. Hal ini dilakukan agar performa mesin terjaga.

2. Busi yang sudah usang

Busi yang sudah tidak layak pakai akan menyebabkan proses pembakaran tidak berjalan sempurna. Jika proses pembakaran tidak berjalan sempurna. maka akan menyebabkan mobil brebet saat di gas.

Segera ganti busi dengan yang baru untuk menghindari kerusakan yang semakin parah pada mesin mobil.

Baca juga: Penyebab Mobil Injeksi Susah Hidup Saat Dingin, Simak Solusinya!

3. Filter bahan bakar kotor

Filter kotor akan menyumbat aliran bensin yang ingin dialirkan ke seluruh komponen mesin. Otomatis jika semua komponen tidak teralir bensin dengan baik brebet pada mesin pun akan terjadi.

Segera bersihkan filter agar mobil kembali ke performa semula. Jika filter sudah robek segera ganti agar mesin mobil kalian tidak cepat rusak.

4. Mesin overheat

Mesin yang overheat juga merupakan salah satu penyebab mobil brebet. Biasanya penyebab mesin overheat adalah air radiator yang sudah habis.

Segera isi air radiator mobil, kalian bisa menyimak artikel kami tentang air radiator mobil terbaik ya untuk rekomendasi merknya!

5. Kerusakan pada salah satu sensor EFI

Sensor EFI memiliki peranan untuk menyokong kinerja sistem ECU. Jika sensor pada sistem EFI rusak, maka otomatis bensin tidak akan teralir dengan baik. Otomatis mobil pun akan brebet saat di gas.

6. Sistem injeksi “masuk angin”

Sistem injeksi yang masuk angin juga akan menyebabkan mobil brebet di rpm rendah. Saat “masuk angin” gelembung udara akan masuk ke sistem pembakaran bahan bakar. Jika hal itu sudah terjadi mesin mobil brebet pasti kalian alami deh!

Baca juga: Biaya Tune Up Mobil di Bengkel Resmi & Umum Terupdate 2021

7. Katup gas kotor

Mobil zaman sekarang biasanya sudah menggunakan sistem drive by wire. Artinya mesin sudah terhubung langsung ke ECU.

Sistem ini memungkinkan katup gas bisa otomatis terbuka dan menutup. Namun jika katup gas kotor, maka mobil pun akan brebet. Segera cek kebersihan katup gas jika mobil kalian brebet ya!

 

 

Berikan proteksi pada mobil kesayangan kalian

asuransi mobil cekpremi

 

Pastikan mobil baru kalian terlindung dari segala biaya resiko kerusakan dengan asuransi! Seluruh  biaya kerusakan mobil akan ditanggung oleh produk asuransi mobil all risk! Selain itu juga kalian bisa menggunakan asuransi TLO (Total Loss Only) jika ingin premi dengan biaya yang lebih murah! Bandingkan dan pilih berbagai produk asuransi mobil terbaik dan terpercaya hanya di Cekpremi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi mobil cekpremi