Sistem EFI, Pengertian, Prinsip Kerja dan Jenisnya

Aug - 11
2021
sistem efi

Sistem EFI, Pengertian, Prinsip Kerja dan Jenisnya

Teknologi pada mobil yang semakin berkembang dari tahun ke tahun menghadirkan sistem EFI sebagai hasilnya. Sering disebut juga dengan Electric Fuel Injection fungsi utama dari komponen ini adalah untuk membuat sistem pembakaran bahan bakar berjalan lebih maksimal. Jika bahan bakar dapat dimaksimalkan maka otomatis kendaraan bisa lebih irit bahan bakar.

Prinsip kerja sistem EFI

Berikut ini adalah beberapa prinsip kerja sistem EFI yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber:

1. Kunci kontak ada di posisi “ON”

Saat  kunci kontak diputar ke posisi “ON” biasanya sistem ECM (Engine Control Module) akan langsung mengaktifkan fuel pump untuk memompa bahan bakar ke tangki secara otomatis. EFI akan berperan sebagai pengatur volume bahan bakar yang akan dipakai oleh kendaraan.

Baca juga: Tips Membuat Suspensi Mobil Empuk, Dijamin Makin Nyaman!

2. Saat mesin dinyalakan dan mobil berjalan

Pada saat mesin dinyalakan dan mobil digas, secara otomatis sistem EFI akan bekerja untuk menyalurkan volume bahan bakar yang pas bagi mobil. Maka dari itu efisiensi bahan bakar akan menjadi maksimal saat mobil dilengkapi sistem EFI.

Macam-macam sistem EFI

Sistem EFI terbagi lagi menjadi 2 jenis yaitu:

1. Tipe D

Besaran udara yang masuk di tipe D diukur berdasarkan jumlah tekanan pada intake manifold yang menggunakan vacuum sensor atau yang lebih dikenal juga dengan MAP sensor. Hasil dari besaran tingkat vakum inilah yang akan digunakan sebagai penentu berapa banyak bahan bakar yang diperlukan mobil.

Baca juga: Timbul Suara Berdecit Pada Mobil? Simak Solusinya! 

2. Tipe L

Besaran udara yang masuk akan diukur menggunakan air flow meter, itulah sistem EFI tipe L. Secara garis besar cara kerjanya tidak jauh berbeda dari tipe D. Hasil dari besaran udara yang masuk akan digunakan sebagai patokan penentu berapa banyak bahan bakar yang diperlukan oleh mobil.

Mengapa sistem EFI penting?

Asap yang dihasilkan oleh kendaraan sangatlah tidak baik bagi lingkungan dan paru-paru manusia. Maka dari itu banyak produsen mobil yang menggunakan EFI agar kadar racun pada asap dapat diminimalisir. Biasanya sistem EFI digunakan di mobil-mobil LCGC terbaru (Low Cost Green Car)

 

Berikan proteksi pada mobil kesayangan kalian

asuransi mobil cekpremi

Pastikan mobil baru kalian terlindung dari segala biaya resiko kerusakan dengan asuransi! Seluruh  biaya kerusakan mobil akan ditanggung oleh produk asuransi mobil all risk! Selain itu juga kalian bisa menggunakan asuransi TLO (Total Loss Only) jika ingin premi dengan biaya yang lebih murah! Bandingkan dan pilih berbagai produk asuransi mobil terbaik dan terpercaya hanya di Cekpremi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi mobil cekpremi