5 Penyebab Suara Mesin Motor Matic Kasar, Jangan Diabaikan!

Jul - 15
2021
penyebab suara mesin motor matic kasar

5 Penyebab Suara Mesin Motor Matic Kasar, Jangan Diabaikan!

Mengetahui penyebab suara mesin motor matic kasar memang sangat penting. Selain tidak nyaman digunakan, masalah semacam ini dapat menimbulkan risiko yang lebih buruk terhadap kendaraan.

Persis seperti motor bebek biasa, motor matic atau skuter bebek harus dirawat secara benar dan berkala. Apabila motor jarang diservis, maka timbullah beberapa gangguan pada mesin kendaraan.

Salah satu masalah yang sering terjadi pada motor matic adalah suara mesin kasar. Untuk mengatasi gangguan ini, penting untuk mengetahui faktor penyebabnya. Penasaran? Berikut selengkapnya.

 

Inilah 5 Penyebab Suara Mesin Motor Matic Kasar

1. Kondisi Roller yang bengkok

Bagian roller yang bengkok ternyata dapat mempengaruhi suara mesin matic. Karena itu, peranti yang satu ini sangat penting untuk kita cek pada saat melakukan servis kendaraan.

Ditambah lagi, roller yang sudah rusak bahkan dapat menurunkan performa motor tersebut. Jika tidak diperbaiki secepat mungkin, maka bisa berakibat buruk pada kenyamanan kendaraan.

2. Sabuk V-belt yang Sudah Aus

Penyebab selanjutnya adalah sabuk v-belt yang sudah aus. Saat hal ini terjadi, biasanya timbul suara seperti rantai yang mengendur pada bagian CVT motor.

Suara ini sebenarnya berasal dari tutup CVT atau crankcase yang sering tergesek oleh belt. Selain menimbulkan bunyi, masalah ini juga memicu menurunkan performa awal motor saat kita gunakan.

Baca juga: Tips Merawat Mesin Motor Matic Untuk Performa Selalu Prima

3. Roller Tertutup Plastic Slider

Tidak cuma bengkok, roller yang tertutup plastic slider juga bisa mengakibatkan suara motor matic kasar. Pasalnya saat tertutup plastic slider, bor pada roller menjadi lebih cepat aus dan berbunyi.

Apabila dibiarkan, suara nyaring yang menggangu tersebut bisa berbunyi semakin keras. Lambat laun masalah ini akan menimbulkan getaran, serta gerak plat tutup roller menjadi tidak stabil.

4. Secondary Sliding Shaves Rusak

Secondary sliding shaves atau face set moveable adalah peranti yang berfungsi untuk mendorong belt. Jika kondisinya tak lagi prima (atau aus), maka akan mengeluarkan suara yang mengganggu.

Sebab itu, pemeriksaan secondary sliding shaves sangat penting dilakukan secara berkala. Bagian ini biasanya juga dicek oleh montir motor resmi, pada saat Anda melakukan perawatan bulanan.

5. Kampas dan Mangkok Kopling Bermasalah

Kampas kopling yang sudah menipis bisa menimbulkan suara berdecit yang tidak nyaman didengar. Masalah ini biasanya dapat kita tandai dari tarikan gas mesin yang tidak terlalu kencang.

Selain kampas, lem perekat mangkok kopling yang sudah habis juga bisa menjadi penyebab suara mesin motor matic kasar. Sehingga bagian ini harus sering kita cek, lalu ditambahkan perekatnya.

Demikian beberapa penyebab suara mesin motor matic kasar yang patut diperhatikan. Supaya keamanan berkendara semakin terjaga, segera daftar kendaraan Anda dengan asuransi motor ya.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi mobil cekpremi