Penyebab Utama Terjadinya Pecah Ban di Jalan

ganti ban

Kejadian pecah ban dapat terjadi dimana saja dan kapan saja. Selain harus mengganti ban, pecahnya ban dapat berakibatkan terjadinya kecelakaan hingga menyebabkan korban jiwa.

Asuransi Mobil

Agar terhindar dari kejadian tersebut, kamu harus mengetahui penyebab utama terjadinya pecah ban. Berikut ini adalah penyebab utamanya.

5 Penyebab Utama Terjadinya Pecah Ban

1. Kekurangan Angin atau Tekanan Udara

Terkadang beberapa pengendara kurang memperhatikan angin atau tekanan udara pada kendaraannya. Sedangkan, kekurangan tekanan udara pada ban menjadi salah satu penyebab utama dari terjadinya pecah ban di jalan.

Tekanan udara yang terdapat dalam ban harus sesuai dengan yang telah direkomendasikan oleh pabrikan. Selain itu, ban memikul bobot berlebih sehingga tekanan udara pada ban harus sesuai dan tidak boleh kurang.

Namun kamu juga tidak dapat mengisi udara terlalu banyak, karena dapat berakibat fatal. Jika terlalu penuh, ketika ban terkena sinar matahari dapat menaikkan suhu gas dan memuai, kemudian dapat mengakibatkan pecah pada bagian ban.

2. Tertusuk Benda Tajam

Ban pecah dapat terjadi ketika pengemudi melindas atau tertusuk benda yang tajam dan keras. Jika kamu mengendarai kendaraan pada kecepatan tertentu, dapat menyebabkan ban menjadi sobek kemudian pecah.

Selain itu jika kondisi ban kekurangan tekanan udara dan kamu tidak sengaja menabrak benda yang keras. Hal tersebut dapat membuat benang yang terdapat pada dinding ban menjadi putus, kemudian ban menjadi pecah.

3. Ban yang Botak atau Aus

Kondisi ini sering terjadi jika bus, truk atau kendaraan lain yang memiliki jarak tempuh dan pemakaian yang tinggi. Kemudian tidak merawat atau memperhatikan kondisi ban yang ternyata dapat menjadi botak atau aus.

Jika ban aus, dapat mengakibatkan kurangnya daya cengkram sehingga dapat membahayakan kamu saat melintas di jalanan licin atau saat melakukan pengereman. Kamu harus rutin melakukan pemeriksaan pada ketebalan ban, jika dirasa sudah botak kamu dapat melakukan penggantian agar terhindar dari kasus pecah bagian ban.

4. Ban yang Benjol

Selain ban yang botak atau aus, ban benjol juga menjadi penyebab terjadinya kondisi ban yang pecah. Seharusnya permukaan ban adalah rata sempurna, dapat menimbulkan benjolan karena berisi udara udara yang jika dibiarkan dapat membahayakan pengemudi.

Penyebab ban menjadi benjol dikarenakan pemakaian yang terlalu tinggi, kemudian temperatur pada ban juga ikut menjadi tinggi tapi tekanan udaranya menjadi berkurang. Pada kondisi tersebut, jika ban melewati jalan rusak dapat membuat benang dalam ban putus dan menjadi benjol.

5. Modifikasi Ban yang Tidak Sesuai

Beberapa orang menyukai modifikasi pada kendaraannya, khususnya pada mobil. Ban dan velg menjadi contoh bagian yang sering di modifikasi, namun terkadang para pemilik mobil tidak mempertimbangkan faktor keamanan ketika melakukan penggantian ban dan velg.

Memodifikasi ban diperbolehkan, namun tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Seperti jika mengganti diameter velg tanpa mempertimbangkan kecepatan dan beban fisik kendaraan yang harus ditanggung, sehingga dapat mengakibatkan ban menjadi pecah.

Selain dapat menyebabkan kerugian finansial, ban pecah dapat berakibat kecelakaan atau bahkan timbul korban jiwa. Sehingga kamu harus lebih memperhatikan kondisi mesin dan fisik dari mobil.

Agar terhindar dari kerugian yang dapat kamu alami, kamu dapat menggunakan asuransi mobil rekomendasi dari Cekpremi. Asuransi mobil dapat membantumu untuk berjaga-jaga akan kejadian di masa mendatang.

Pertanyaan Seputar Pecah Ban

Pecah ban dapat terjadi dimana saja, oleh karena itu kamu harus memperhatikan dan merawat kendaraan yang dimiliki. Berikut ini adalah pertanyaan seputar pecah ban, yaitu:

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Apa yang harus dilakukan jika terjadi pecah ban di jalan tol?” answer-0=”Jangan melakukan pengereman mendadak, usahakan agar kondisi setir kamu kendalikan tetap lurus. Kemudian kamu dapat mengurangi kecepatan, dan berhenti di bahu jalan. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Apakah ban tubeless dapat pecah?” answer-1=”Meskipun tahan bocor, jika ban tubeless terkena kawat atau paku tajam dapat kempes. Namun berbeda dengan ban biasa, tekanan udara pada ban ini akan berkurang secara perlahan. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]