8 Tips Perawatan Mobil ini Agar Mobil Tahan Lama!

Apr - 09
2021
perawatan mobil

8 Tips Perawatan Mobil ini Agar Mobil Tahan Lama!

Last Updated on July 2, 2021 by

Mobil sudah menjadi salah satu sarana transportasi yang sering kita gunakan, entah itu untuk bekerja ataupun berlibur. Untuk menjaga performa mobil tetap stabil dan sehat maka mobil itu sendiri perlu dirawat. Banyak komponen yang ada di dalam mobil yang harus senantiasa kalian perhatikan. Di artikel kali ini kami akan membahas apa saja tips perawatan mobil yang bisa kalian terapkan kepada mobil kesayangan kalian!

8 Tips Perawatan Mobil ini Agar Mobil Tahan Lama!

Berikut adalah daftar dari delapan tips perawatan mobil yang perlu Anda ketahui agar mobil bertahan lebih lama untuk pemakaian jangka panjang!

1. Cek dan Ganti Oli Mobil Secara Berkala

perawatan mobil

Banyak orang yang mengatakan bahwa oli mobil harus digani setiap 6 bulan sekali, namun pada kenyataannya oli harus diganti jika mobil sudah menempuh jarak 10.000 km. Jadi dengan ini kalian tidak perlu lagi menerka-nerka kapan oli mobil harus diganti ya!

2. Cek Kopling dan Rem Secara Berkala

perawatan mobil

Jika mobil sudah menempuh jarak sebesar 10 ribu-50 ribu km maka pemeriksaan dan penggantian ampas kopling dan minyak rem merupakan hal yang wajib. Jika tidak kalian cek maka besar kemungkinan perpindahan gigi moil tidaklah sehalus dulu lagi dan bisa merusak komponen mobil lainnya. Sama halnya juga dengan minyak rem jika kalian tidak menggantinya maka fungsi rem tidak akan se-efektif dulu lagi.

3. Cek Aki

perawatan mobil

Pastikan kalian selalu rutin mengecek kekuatan aki kalian di bengkel terdekat. Jika mobil ingin digunakan untuk perjalanan jauh maka ada baiknya aki yang kekuatannya sudah dibawah 50% diganti dengan yang baru.

4. Ganti Air Radiator jika Diperlukan

perawatan mobil

Jika kalian rasa mobil sudah mulai panas, maka ada baiknya kalian segera menggani air radiator. Karena jika air radiator mobil habis maka kemungkinan besar mobil kalian akan mengalami overheat dan bisa menyebabkan kerusakan pada komponen mobil lainnya.

Baca juga artikel kami lainnya tentang otomotif: Beli Mobil Bekas? Simak Cara Balik Nama Mobil yang Benar!

5. Cek Tekanan Angin pada Ban

perawatan mobil

Hal satu ini seringkali dianggap sepele oleh para pemilik mobil, padahal ini menyangkut keselamatan si pengendara. Pastikan tekanan angin pada ban cukup apalagi jika ingin melakukan perjalanan jauh, maka tekanan angin haruslah di cek.

6. Gunakan Bahan Bakar dengan Octan yang Sesuai

perawatan mobil

Pastikan mobil kalian diisi dengan bahan bakar yang mempunyai octan minimal 92. Gunanya adalah agar sistem pembakaran pada mobil kalian jadi lebih sempurna dan tidak terhambat.

7. Cek Kondisi Kabel dan Lampu

perawatan mobil

Pastikan setiap 4 bulan sekali kalian cek kondisi lampu dan kabel yang ada di mobil. Pastikan tidak ada yang redup atau putus. Jika penggantian sparepart diperlukan, usahakan agar membeli sparepart dari toko yang resmi.

8. Jadwalkan Servis Rutin Bagi Mobil Kesayangan

perawatan mobil

Sebagai pemiliki mobil pastinya kita pasti ada bagian dari mobil yang luput pada proses pengecekan. Karena itulah bawa mobil kalian untuk dilakukan servis rutin agar seluruh komponen pada mobil tetap terjaga performanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi mobil cekpremi