Demi Keamanan, Ini 10 Perlengkapan Mobil yang Wajib Dimiliki!

May - 04
2021
perlengkapan mobil

Demi Keamanan, Ini 10 Perlengkapan Mobil yang Wajib Dimiliki!

‘Sedia payung sebelum hujan’ memberikan banyak makna untuk berbagai macam hal, termasuk ketika berkendara. Ada hal-hal yang bisa saja terjadi ketika Anda sedang berkendara. Oleh karena itu, ada beberapa perlengkapan mobil penting yang wajib ada di dalam mobil. Jadi ketika tiba-tiba mogok, ban bocor, atau mobil mati di tengah jalan, Anda bisa melakukan pertolongan pertama. Berdasarkan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, serta dari sisi keselamatan, ini barang-barang yang wajib ada di dalam mobil.

Perlengkapan Mobil yang Wajib Ada

Buku Manual

manual book mobil

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Buku manual seringkali diabaikan karena dirasa tidak penting. Padahal jika terjadi sesuatu pada kendaraan, Anda bisa mencarinya pada petunjuk di buku manual. Karena itulah, simpan buku manual di dalam ruang penyimpanan kendaraan dan jangan sampai hilang. 

Kabel Jumper

Kabel Jumper

Mungkin banyak yang belum aware untuk memiliki alat ini di dalam mobil. Namun ternyata kabel jumper ini penting untuk dibawa karena sangat berguna ketika mobil dalam kondisi mogok yang disebabkan aki mobil soak. Anda bisa menggunakan teknik jumper dengan cara mengalirkan listrik dari baterai lain ke baterai aki yang telah soak tadi agar terisi kembali, sehingga mobil dapat distarter kembali.

Toolkit Pengganti Ban

toolkit mobil

Beberapa toolkit sederhana yang wajib ada di dalam mobil adalah obeng, tang, kunci inggris, kunci roda, kunci pas, dongkrak, dan beberapa peralatan teknis lainnya. Jika dirasa perangkat tersebut kurang cukup, siapkan juga beberapa perangkat cadangan seperti busi, minyak rem, dan air bersih. Tempatkan peralatan tersebut di bagian bagasi belakang agar tidak memakan tempat penumpang. 

Ban Cadangan

perlengkapan mobil ban cadangan

Sebagaimana tertera dalam UU LLAJ, roda cadangan wajib dibawa di dalam kendaraan. Bahkan jika ketahuan tak membawa roda cadangan akan dikenakan sanksi denda atau penjara bagi pengendara mobil lho! Pastikan juga roda cadangan ini dalam keadaan baik dan prima agar kalau dibutuhkan bisa langsung digunakan. Lakukan pengecekan tekanan angin setiap bulan, kondisi alur ban, dan perawatan dengan menggunakan semir ban.

Segitiga Pengaman

segitiga pengaman mobil

Perlengkapan mobil ini dibutuhkan untuk mengamankan mobil ketika berada dalam kondisi mogok atau kecelakaan. Sehingga bisa dilihat dari kejauhan dan kendaraan lain bisa menghindari mobil yang sedang berhenti. Sebaiknya ada sepasang, untuk diletakan di bagian depan dan belakang mobil saat berhenti.

Rompi Reflektor atau Berwarna Terang

rompi keselamatan

Rompi pengaman dengan warna mencolok digunakan bersamaan dengan segitiga pengaman. Di luar negeri, rompi ini wajib hukumnya di luar negeri sebagai emergency equipment. Namun di Indonesia belum diterapkan. Tapi tidak ada salahnya lho kamu memilikinya. 

Kotak P3K

perlengkapan mobil kotal p3k

Kotak P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) wajib ada di dalam mobil untuk kebutuhan darurat. Isinya berupa kasa steril, plester berbagai ukuran, sarung tangan untuk menangani luka perdarahan, antiseptik, gunting, serta obat-obatan pribadi. Peralatan P3K ini bisa menjadi penyelamat pertama sebelum tindakan lanjutan di klinik atau rumah sakit. 

Alat Pemadam Api Ringan

Alat Pemadam Api Ringan

Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dibutuhkan sebagai pertolongan pertama jika terjadi api di dalam mobil. Kebakaran di dalam mobil sering terjadi karena korslet atau overheat, sehingga jika Anda memiliki APAR di dalam mobil, api bisa langsung dijinakkan sebelum membesar dan membakar seluruh bagian mobil. 

Alat Pemecah Kaca

alat pemecah kaca

Komponen ini juga wajib ada di dalam mobil untuk kebutuhan darurat. Misalkan terjadi kecelakaan dan harus memecahkan kaca untuk jalan keluar. Tempatkan alat pemecah kacau di area yang mudah dijangkau. 

Alat Keselamatan

self defense tool

Untuk pengemudi perempuan, Anda perlu membawa peralatan keselamatan tambahan, seperti alat kejut listrik (stun gun) atau pepper spray untuk membela diri. Jika perlu, pasang juga camera di dashboard yang bisa merekam setiap aktivitas di jalanan yang dilalui mobil.

Tambahkan Asuransi Mobil

Selain perlengkapan mobil untuk keselamatan, Anda juga bisa menambahkan beberapa aksesoris mobil untuk kenyamanan selama berkendara, serta asuransi mobil agar melindungi dari kerugian keuangan. Dapatkan penawaran asuransi mobil terbaik hanya di cekpremi.com. Ada diskon hingga 25% lho!

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *