Anti Ribet! Ini 5 Cara Cek Nomor KK Online yang Mudah dan Cepat

Jun - 12
2021
cara cek nomor kk online

Anti Ribet! Ini 5 Cara Cek Nomor KK Online yang Mudah dan Cepat

Tidak perlu bingung, saat ini cara cek nomor KK online sudah tersedia bagi masyarakat. Bermodalkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), kita bisa mengakses nomor KK tersebut secara mudah dan cepat!

KK atau Kartu Keluarga memang bukan jenis surat yang praktis untuk dibawa ke mana saja. Sebab nomornya ada banyak dan panjang, sangat jarang pula orang yang bisa menghafal nomor tersebut.

Daftarkan Gratis !

Dapatkan penawaran MENARIK dan diskon BESAR dari kami

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

I will never give away, trade or sell your email address. You can unsubscribe at any time.

Padahal kebutuhan mengisi nomor KK sendiri sangat sering kita temukan. Nah supaya tidak panik saat membutuhkan nomor tersebut, berikut cara cek nomor KK online yang perlu Anda ketahui.

Begini 5 Cara Cek Nomor KK Online

1. Cek Nomor KK lewat Situs Dukcapil

Sebagai yang berwenang mengeluarkan nomor kartu keluarga, situs resmi Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) menyediakan fasilitas cek KK online.

Langkah penggunaannya pun terbilang sangat mudah. Pertama-tama, kunjungi situs resmi Dukcapil melalui dukcapil.kemendagri.go.id. Setelah itu, siapkan KTP dan ikuti langkah berikut ini:

  • Masukkan NIK KTP pada kolom yang tersedia
  • Pastikan nomor NIK sudah terdata di database
  • Nomor KK akan muncul jika instruksi berhasil

2. Cek nomor KK melalui Situs Alternatif Dukcapil

Selain situs resmi, Dukcapil juga menyedia situs alternatif bagi masyarakat yang ingin cek nomor KK secara online. Jika situs resmi sedang bermasalah, maka berikut cara cek nomor KK dengan situs alternatif:

  • Kunjungi laman layananonline.dukcapil.kemendagri.go.id
  • Masukkan nomor ponsel, password, dan captcha sesuai yang tertera pada layar
  • Jika belum mendaftarkan, buatlah akun terlebih dahulu dengan mengisi data yang diminta
  • Setelah masuk dengan akun tersebut, laman akan menampilkan informasi KK yanh terdaftar.

3. Cek melalui Laman Dukcapil sesuai Daerah

Kantor perwakilan Dukcapil di berbagai daerah juga menyediakan layanan cek nomor KK pada laman resmi mereka. Berikut beberapa alamat website Dukcapil sejumlah daerah di Indonesia:

4. Tanyakan Lewat Media Sosial

Kesulitan dalam mengakses serta mengecek nomor KK melalui laman Dukcapil? Anda bisa menghubungi instansi perwakilan pemerintah tersebut melalui akun media sosial resmi mereka.

Untuk Facebook, akun resmi Dukcapil bernama Ditjen Dukcapil. Sedang Twitter, akun asli mereka bernama @ccdukcapil. Kirimkan pengajuan lewat fitur pesan, lalu tunggu hingga admin menjawab.

5. Kirim Email atau Pesan Whatsapp

Cara terakhir ialah melalui email dan nomor Whatsapp. Bagi Anda yang ingin mengajukan pertanyaan lewat email, alamat resmi Dukcapil adalah callcenter.dukcapil@gmail.com.

Untuk cara lebih praktis, Anda bisa mengirimkan pesan Whatsapp melalui nomor +628118005373. Jangan lupa, isi teks sesuai format pesan dengan mencantumkan nama, NIK, dan nomor telepon.

Demikian lima cara cek nomor KK online secara cepat dan mudah. Temukan pula beragam informasi menarik, berserta artikel-artikel bermanfaat lainnya hanya di laman blog Cekpremi.com, ya.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *