Ups, Ternyata Ini Penyebab Transmisi Macet Pada Salah Satu Gigi!

Jun - 19
2021
gigi mobil macet

Ups, Ternyata Ini Penyebab Transmisi Macet Pada Salah Satu Gigi!

Last Updated on November 23, 2021 by Andrian

Untuk para pengendara mobil, pasti pernah mengalami kesulitan saat memindahkan persneling atau gigi. Hal ini sering membuat panik bahkan bisa menyebabkan kecelakaan lho. Masalah gigi ‘ngadat’ ini bisa muncul pada mobil manual, seringnya saat mesin mati persneling mudah dipindah-pindah namun ketika mesin hidup tiba-tiba saja susah masuk gigi sama sekali. Lalu, apa saja penyebab transmisi macet pada salah satu gigi?

Beberapa Penyebab Transmisi Macet Pada Salah Satu Gigi

 

penyebab transmisi macet pada salah satu gigi

Kabel Tuas Macet

Hal pertama yang sering menjadi masalah adalah kabel tuas yang macet. Jadi pastikan ini menjadi bagian pertama yang Anda periksa. Akibat dari kabel macet bisa membuatnya terasa lebih berat dan keras saat dipindahkan. Jika ini masalahnya, segera bawa mobil ke bengkel terdekat untuk perbaikan karena sulit untuk dilakukan sendiri. 

Kabel Kopling Mulai Keras

Ada dua model kopling yang digunakan pada mobil, yaitu kopling kabel dan kopling hidrolik. Pada model kopling kabel, jika sudah lama digunakan ada kemungkinan mulai kotor dan berkarat sehingga membuat jarak geser kopling menjadi lebih pendek dan menjadi susah memindahkan gigi. 

Kemudian, untuk kopling model hidrolik perlu dilakukan pengecekan pada bagian master kopling. Bagian ini mengatur tekanan pada kopling, jadi apabila ada kebocoran pada master kopling bisa menyebabkan gigi susah dipindahkan. 

Baca juga: 4 Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas, Simak Solusinya!

Bushing Tuas Rusak

Hal lainnya yang bisa membuat transmisi macet adalah bushing rusak. Bushing tuas persneling mobil terbuat dari bahan karet. Dalam jangka waktu pemakaian lama, bahan karet bisa mengalami kerusakan dan menjadi getas. Keadaan ini membuat bushing tuas tidak bisa bekerja maksimal dan susah untuk memindahkan gigi. 

Kampas Kopling Tipis atau Habis

Seperti diketahui, fungsi kopling adalah untuk memutus dan menyambung tenaga dari mesin ke transmisi. Nah, ketika kampas kopling sudah mulai menipis bahkan habis, proses untuk menghentikan putaran gigi transmisi tidak lagi efektif dan membuat susah untuk dipindahkan. 

Baca jug: Biar Tetap Awet, Ini 9 Cara Merawat Mobil yang Benar

Setelah Pedal Kopling Tidak Tepat

Pada pedal kopling terdapat setelan ketinggian dan jarak gerak bebas pedal. Stelan ini tentunya akan mempengaruhi pergerakan pada kopling secara keseluruhan. Jadi, ketika setelannya tidak pas, bisa membuat persneling susah dipindahkan.

Synchromesh Ring Sudah Aus

Synchromesh ring berfungsi untuk menyamakan putaran antar roda gigi transmisi. Putaran yang sama membuat proses perpindahan gigi menjadi lebih mudah. Nah, ketika ring mengalami aus dan putaran tidak seimbang, perpindahan gigi menjadi sulit dilakukan.

Bagaimana Cara Mencegahnya?

Penyebab transmisi macet pada salah satu gigi bisa diantisipasi, sebelum terjadi masalah di jalan. Anda sebaiknya mengganti oli transmisi atau yang dikenal juga dengan oli gearbox. Oli transmisi ini wajib diganti setiap di interval 10.000 kilometer atau setiap dua kali penggantian oli mesin.

Selain itu juga, penting untuk mengganti oli gardan sesuai interval waktu yang ditentukan. Kemudian pada bagian transmisi dan kopling juga wajib mendapat perawatan setiap 20.000 kilometer. 

Untuk bagian dalam, Anda perlu melakukan pengecekan pada komponen pelat kopling, matahari, hingga synchromesh ring. Gantilah komponen di area transmisi dan kopling yang sudah mulai rusak, dan penting juga untuk berkendara dengan baik agar sistem kopling dan transmisi tidak cepat rusak. 

Setelah mengetahui penyebab transmisi macet pada salah satu gigi, Anda sebaiknya melakukan perawatan dengan rutin. Tambahkan juga asuransi mobil untuk melindungi kendaraan kesayangan Anda. Dapatkan penawaran asuransi terbaik hanya di Cekpremi.com, ada diskon hingga 25% lho!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

promo november