Infeksi Kulit Karena Jamur? Ini Cara Mengobati Ringworm Pada Manusia

Agu - 25
2021
cara mengobati ringworm pada manusia

Infeksi Kulit Karena Jamur? Ini Cara Mengobati Ringworm Pada Manusia

Jamur merupakan salah satu mikroorganisme yang dapat menimbulkan infeksi pada kulit manusia. Salah satu jenis infeksi yang disebabkan oleh jamur disebut ringworm. Ada berbagai jenis jamur yang dapat menyebabkan infeksi ringworm pada manusia, di antaranya adalah Trichophyton, Microsporum, dan Epidermophyton. Ada beberapa cara mengobati ringworm pada manusia yang akan dibahas dalam artikel ini.

Jamur juga termasuk salah satu penyakit menular. Penularan jamur-jamur ringworm di atas tadi bisa terjadi melalui kontak langsung saat bersentuhan dengan penderita, maupun melalui benda tertentu termasuk juga tanah. Gampang sekali menular, ya!

Sebelum membahas tentang cara mengobati ringworm pada manusia, sebaiknya Anda juga mengetahui jenis-jenis ringworm yang biasanya menyerang kulit. Ada beberapa jenis infeksi jamur kulit, yaitu Tinea Pedis, Tinea Cruris, Tinea Kapitis, dan Tinea Corporis. Berikut ini pembahasan lengkapnya.

Tinea pedis

Infeksi jamur jenis Tinea pedis biasa dikenal juga sebagai kutu air atau kaki atlet yang diterjemahkan dari bahasa inggrisnya yakni Athlete’s foot. Dinamani kaki atlet karena biasanya infeksi ini banyak dialami oleh para atlet. Infeksi jamur ini menyerang kulit kaki, namun biasanya juga bisa menyerang bagian kuku dan tangan.

Jamur penyebab kutu air pada umumnya ditemukan di kamar mandi, ruang ganti, atau area kolam renang. Infeksi jamur ini biasanya terjadi karena penggunaan kaos kaki yang ketat dan kaki berkeringat yang menggunakan kaos kaki. Penderita bisa tertular jamur ini karena kaki menyentuh permukaan bidang yang terkontaminasi jamur.

Gejala kutu air biasanya ditandai dengan munculnya rasa gatal, sensai menyengat dan terbakar pada kulit kaki. Selain itu kulit jadi terkelupas hingga kering. Kutu air juga dapat mengubah warna, menebal, rapuh, dan tertarik keluar dari alas kuku.

Tinea cruris

Jenis infeksi yang kedua adalah Tinea Cruris atau Jock Itch. Infeksi ini pada umumnya terjadi di area kulit kelamin, paha dalam, dan pantat. Infeksi ini ditandai dengan kulit kemerahan, rasa gatal, sensasi terbakar, hingga kulit mengelupas. Rumah dan perubahan warna kulit juga bisa terjadi.

Seperti pada infeksi jamur lainnya,infeksi jamur ini juga menular sehingga Anda perlu berhati-hati. Anda berisiko tertular jika melakukan kontak langsung dengan penderita atau kontak dengan pakaian yang tidak dicuci milik penderita infeksi ini. Sehingga penting sekali bagi kita untuk menjaga kebersihan diri, ya!

Tinea capitis

Tinea capitis adalah infeksi jamur yang umumnya terjadi di area kulit kepala dan rambut. Tinea capitis umum menimpa anak-anak, walau dapat terjadi disemua kalangan.Infeksi jamur tinea capitis menyebabkan bercak kecil melingkar yang gatal dan bersisik. Gejala lain yang dapat timbul yaitu rambut rapuh, sakit pada kulit kepala, demam, dan pembengkakan kelenjar getah bening.Tinea capitis juga dapat terjadi saat Anda menyentuh langsung kulit penderitanya. Penularan melalui sisir atau sprei penderita juga berisiko terjadi.Tak hanya dari manusia, tinea capitis juga bisa ditularkan oleh hewan, seperti anjing dan kucing. Begitu juga dengan hewan ternak, seperti kambing, kuda, babi, dan sapi.

Tinea corporis

Jenis infeksi jamur yang terakhir adalah Tinea Corporis. Infeksi jenis ini menyebabkan ruam yang melingkar seperti cincin dan terjadi di beberapa bagian tubuh. Selain ruam yang melingkar, rasa gatal juga bisa terjadi. Pada fase yang parah, tinea corporis juga dapat menimbulkan lepuh dan luka bernanah di area cincin ruam tersebut.

Anda dapat terkena infeksi jamur kulit ini melalui sentuhan fisik dengan penderitanya atau ditularkan dari hewan, dari benda yang sudah disentuh oleh penderita, dan bahkan dari tanah.

Cukup banyak ya, jenis-jenis ringworm yang terjadi pada manusia. Jangan panik, infeksi ini juga bisa diobati, kok. Berikut ini pembahasannya.

Baca juga: Mengenal Tanaman Porang dan Manfaatnya bagi Kesehatan Tubuh

Cara Mengobati Ringworm Pada Manusia

penyebab ringworm

Pada umumnya infeksi kulit ringworm dapat ditangani menggunakan krim antijamur seperti miconazole, terbinafine, dan clotrimazole. Apabila krim tidak ampuh menangani infeksi jamur kulit tersebut, dokter mungkin juga akan menyarankan obat minum antijamur.

Selain menggunakan krim dan obat antijamur, ada yang lebih penting lagi daripada semua itu. Yakni dengan melakukan gaya hidup bersih agar terhindar dari berbagai risiko tertular jamur kulit ringworm. Gaya hidup bersih bisa dilakukan melalui hal-hal sederhana seperti selalu membersihkan tempat tidur dan pakaian setiap hari.

Gaya hidup bersih juga bisa diterapkan dengan selalu mengeringkan tubuh secara menyeluruh setelah mandi, dan mengenakan pakaian yang longgar atau tidak terlalu ketat di area yang terkena infeksi. Anda juga harus rajin mencuci tangan dengan sabun setelah memegang hewan, membersihkan area bermain heman, menggunakan alas kaki, dan menghindari sharing penggunaan barang pribadi.

Nah itu tadi jenis dan cara mengobati ringworm pada manusia. Tidak ada cara yang 100% efektif menyembuhkan. Dan ada baiknya jika Anda memilih mencegah daripada mengobati. Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk selalu menerapkan gaya hidup bersih dan sehat, ya!

Baca juga: 8 Manfaat Peach Gum, Makanan Enak dan Baik Bagi Tubuh!

 

Referensi: https://www.halodoc.com/artikel/jenis-jenis-infeksi-jamur-kulit-ringworm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner asuransi covid