Stabilizer Mobil, Apa Fungsinya dan Bagaimana Cara Merawatnya?

Aug - 24
2021
stabilizer mobil

Stabilizer Mobil, Apa Fungsinya dan Bagaimana Cara Merawatnya?

Stabilizer mobil sesuai dengan namanya memiliki fungsi untuk menyeimbangkan mobil. Mengingat jalan yang dilalui tidaklah selalu rata stabilizer memegang peranan penting untuk menyeimbangkan mobil. Kenyamanan dan keamanan berkendara pun dapat tercipta berkat adanya stabilizer. Yuk simak pembahasan lengkap mengenai stabilizer di artikel ini!

Fungsi stabilizer mobil

Selain menyeimbangkan mobil stabilizer juga memiliki fungsi-fungsi lainnya seperti:

1. Mengurangi gaya kemiringan saat mobil berbelok

Pada saat mobil berbelok tentunya akan memberikan beban lebih ke satu sisi. Disinilah stabilizer berfungsi untuk menyeimbangkan mobil kalian.

2. Menambah daya cengkram ban mobil

Resiko ban selip juga bisa kalian atasi dengan memasang stabilizer pada mobil. Dijamin deh daya cengkram ban mobil kalian akan bertambah!

Baca juga: Kenali 5 Jenis Suspensi Mobil yang sering digunakan oleh mobil masa kini

3. Menstabilkan mobil saat berjalan di kecepatan tinggi

Saat mobil dipacu dalam kecepatan tinggi tentunya aliran udara akan menggangu keseimbangan mobil. Nah hal itu dapat diatasi dengan memasang stabilizer.

4. Cocok untuk mobil yang memiliki bobot yang berat

Stabilizer ini juga cocok sekali untuk digunakan kepada mobil yang memiliki bobot berat. Mobil seperti Toyota Alphard, mobil travel sangatlah disarankan untuk memasang stabilizer.

Cara merawat stabilizer mobil

Jika sudah tahu fungsinya, mari kita membahas bagaimana cara merawat stabilizer:

1. Jangan bawa mobil dengan kecepatan tinggi

Sering mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi akan cepat merusak stabilizer. Sesekali tidak apa-apa namun jika kalian selalu membawa mobil dengan kecepatan tinggi maka stabilizer pun akan cepat rusak.

2. Lakukan pengecekan berkala

Pengecekan berkala pada stabilizer juga dapat membuat masa pakai stabilizer bertambah. Usahakan agar melakukan pengecekan rutin selama 2 bulan sekali jika kalian sering menggunakan mobil.

3. Merawat suspensi mobil

Suspensi mobil yang berfungsi dengan baik akan meringankan beban kerja stabilizer. Maka dari itu usahakan agar suspeni selalu dalam keadaan yang prima ya!

Baca juga: Tips Membuat Suspensi Mobil Empuk, Dijamin Makin Nyaman!

 

Berikan proteksi pada mobil kesayangan kalian

asuransi mobil cekpremi

Pastikan mobil baru kalian terlindung dari segala biaya resiko kerusakan dengan asuransi! Seluruh  biaya kerusakan mobil akan ditanggung oleh produk asuransi mobil all risk! Selain itu juga kalian bisa menggunakan asuransi TLO (Total Loss Only) jika ingin premi dengan biaya yang lebih murah! Bandingkan dan pilih berbagai produk asuransi mobil terbaik dan terpercaya hanya di Cekpremi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi mobil cekpremi