Estimasi Biaya Operasional Mobil Dalam Setahun

estimasi biaya operasional mobil

Saat ini mobil merupakan sebuah kebutuhan pokok untuk menunjang lancarnya kehidupan sehari-hari. Dengan adanya mobil, kita dapat merasa lebih aman dan nyaman dibandingkan dengan naik angkutan umum. Selain itu, jika menggunakan mobil kita dapat memboyong hampir semua keluarga kita untuk pergi berlibur atau hanya sekedar jalan-jalan mengunjungi suatu tempat, masih banyak keuntungan lainnya yang di dapat jika kita memiliki mobil.

Dengan harga mobil yang terbilang cukup fantastis ini mengharuskan beberapa orang untuk menabung terlebih dahulu sebelum membeli mobil idamannya, belum lagi harga-harga yang harus dibayarkan setelah memiliki mobil, masih banyak yang harus dibayarkan saat memiliki mobil. Terkadang, karena banyaknya dana yang harus dikeluarkan saat membeli atau setelah memiliki mobil banyak orang yang akan berpikir 2 kali untuk untuk membeli mobil atau tidak.

Namun, untuk anda yang sekarang ini sudah memutuskan ingin membeli mobil karena beberapa keperluan. Ada baiknya anda untuk mengetahui biaya yang akan anda keluarkan selama setahun untuk biaya operasional mobil tersebut.

Berikut estimasi biaya operasional mobil setahun yang dapat anda pelajari:

1. Harga Bahan Bakar

Bahan bakar untuk mobil merupakan salah satu hal utama yang wajib diperhatikan agar mobil dapat terus berjalan dengan sempurna tanpa adanya masalah kemogokan yang menghalangi, saat ini harga pertamax untuk bahan bakar mobil biasanya yaitu pertamax plus dengan harga Rp9.400/liter.
Anda harus menghitung setiap harinya seberapa jauh perjalanan yang anda tempuh selama satu hari. Maka anda dapat menghitung berapa jauh perjalanan untuk menghitung 1 liter pertamax, bila perbandingan pertamax di Indonesia adalah 1:11, dimana setiap 1 liter dapat menempuh 11 km. Maka, jika 1 hari perjalanan yang anda tempuh 30 km berarti pertamax yang anda butuhkan merupakan sebanyak 2,72 liter dengan harga Rp. 25.568/hari. Jadi, jika anda bekerja selama 22 hari selama sebulan adalah Rp. 562.496, jika setahun anda harus menyiapkan sekitarĀ  Rp. 6.74 juta-an/tahun hanya untuk bahan bakar pertamax.

2. Biaya Tol

Anda pun harus juga memperhitungkan besar biaya yang harus dikeluarkan jika anda ingin melewati tol saat akan pergi maupun pulang kerja, harga tol saat anda pulang pergi sekitar Rp. 18.000/hari, berarti jika sebulan selama hari kerja yaitu 22 hari. Maka biaya yang harus dikeluakan selama sebulan adalah sebesar Rp. 396.000, dan untuk biaya yang dikeluarkan selama setahun adalah Rp. 4.752.000/tahun untuk biaya via tol.

3. Biaya Perawatan Mobil

Tentunya biaya perawatan mobil juga anda harus perhitungkan karena sangat bergantung dengan umur kendaraan anda, apakah dapat bertahan lama atau tidak. Biasanya untuk biaya servis mobil seperti spooring, ganti oli dan balancing akan berbeda-beda tergantung kerusakannya, namun biasanya di bandrol dengan harga Rp. 2 juta.

4. Pajak STNK

Jangan pernah lupakan biaya pajak STNK untuk mobil anda, karena kita tinggal di negara hukum yang mewajibkan negaranya untuk membayar pajak kendaraan bermotor dan warga negara yang baik adalah yang mau membayar pajak tepat pada waktunya tanpa terlambat. Biasanya biaya untuk perpanjangan mobil seharga Rp. 2.500.000/tahun, namun biaya tersebut disesuaikan dengan jenis mobilnya.

5. Biaya Premi Asuransi

Membayar asuransi untuk mobil sebenarnya tergantung beberapa orang, apakah orang tersebut ingin mengasuransikan mobilnya atau tidak, biasanya agar mobilnya aman banyak orang lebih memilih untuk ikut asuransi agar mobil tersebut tetap aman dan juga nyaman untuk dipakai. Biaya premi yang dibayarkan oleh nasabah kepada pihak asuransi biasanya sebesar Rp 3,5 juta/tahun.

Jadi, estimasi biaya operasional mobil dalam setahun dapat anda perhitungkan sesuai dengan harga-harga perkiraan yang diberikan, tidak perlu sulit-sulit untuk memikirkannya anda hanya perlu menghitungnya.

banner untuk mobil
Pilih asuransi kendaraan anda disini (klik gambar)

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

January 13, 2016

Posted In: Financial

Tags: ,

Leave a Comment

Kontak Cekpremi

Icon 21 Kebon Jeruk
BLok B no. 17 Jl. Meruya Ilir raya Srengseng - Kembangan
Jakarta Barat, ID 11620
Telp : 021-50517000


2014-2016 © PT. Reventon Mitra Pratama
DMCA.com Protection Status
Ikuti Kami