13 Ban Mobil Terbaik di 2021, Lengkap dengan Harga dan Tips Memilih!

ban mobil terbaik

Last Updated on December 17, 2021 by Andrian

Penggunaan ban mobil yang tepat sudah pasti akan menunjang performa mobil di jalanan. Jika kalian menggunakan ban yang tidak berkualitas besar kemungkinan mobil akan selip dan menyebabkan kecelakaan. Yuk simak 12 rekomendasi ban mobil terbaik lengkap dengan harganya di artikel ini!

13 rekomendasi merk ban mobil terbaik dan terpopuler di tahun 2021

1. GT Radial

Kisaran harga: Rp 600 ribu – Rp 2 juta 

Merk pertama yang akan kami bahas adalah GT Radial. Sudah sering menjadi sponsor ajang balapan dunia seperti F1 (Formula 1) tentunya kualitas dari merk ban satu ini tidak perlu diragukan lagi.

2. Bridgestone

Kisaran harga: Rp 300 ribu – Rp 3 juta 

Menggunakan banyak lembar cord dalam rangkanya membuat merk ban Bridgestone memiliki daya cengkram yang kuat di medan jalan apapun. Untuk urusan daya tahan kalian tidak perlu ragu lagi deh!

3. Falken

Kisaran harga: Rp 300 ribu – Rp 2 juta 

Jika kalian menggunakan mobil hanya untuk berkeliling di medan jalan perkotaan, maka kami rekomendasikan untuk menggunakan merk ban Falken. Daya tahan ban ini juga tidak perlu diragukan lagi untuk penggunaan di medan perkotaan.

Baca juga: Sering Terabaikan, Begini Cara Mengukur Tekanan Angin Ban Mobil

4. Dunlop

Kisaran harga: Rp 300 ribu – Rp 3 juta 

Merupakan salah satu merk tertua di dunia industri ban mobil kelebihan utama dari merk ban Dunlop adalah daya cengkram dan daya tahannya. Dijamin mobil akan aman dari selip!

5. Hankook

Kisaran harga: Rp 700 ribu – Rp 1,5 juta 

Selanjutnya ada merk ban asal Korea yaitu Hankook. Mungkin bagi para pecinta otomotif sudah tidak asing lagi dengan merk ban satu ini.

Dibuat dengan desain 4 alur yang melingkar akan membuat pengalaman berkendara kalian lebih aman dan nyaman.

6. Yokohama

Kisaran harga: Rp 2 juta ++

Merupakan salah satu merk ban mobil yang terbaik dan terjamin kualitasnya. Namun sayangnya merk ban satu ini memiliki harga yang cukup mahal. Namun kualitas yang kalian dapat dijamin sebanding kok dengan harganya!

Baca juga: Perhatikan Hal-hal Berikut Ketika Ban Mobil Bocor di Perjalanan

7. Achilles

Kisaran harga: Rp 400 ribu – Rp 1 juta 

Meskipun harga yang dipatok tidaklah terlalu mahal, namun kualitas dari merk ban Achilles tidak perlu diragukan lagi! Ban Achilles sering digunakan oleh para pembalap kelas dunia jadi soal kualitas sudah pasti terjamin!

8. Toyo Tires

Kisaran harga: Rp 1,5 juta – Rp 3 juta

Merk ban yang berasal dari Jepang satu ini memiliki kelebihan utama berupa daya cengkram yang baik dan awet pemakaian. Dijamin mobil tidak akan selip!

Sayangnya harga yang dibanderol untuk merk Toyo masih lumayan mahal dikarenakan ban Toyo menggunakan material premium.

9. Goodyear

Kisaran harga: Rp 500 ribu – Rp 5 juta 

Memiliki berbagai ragam pilihan merupaka kelebihan utama dari merk ban Goodyear. Untuk urusan daya cengkram juga sudah tidak perlu diragukan lagi!

10. Corsa

Kisaran harga: Rp 200 ribu – 1 juta 

Dirancang khusus untuk jenis mobil seperti mobil LCGC, MPV dan mobil lain yang sejenis. Ban Corsa dijamin sudah cukup untuk penggunaan mobil yang ringan seperti untuk keperluan kerja dan keluarga.

11. Continental

Kisaran harga: Rp Rp 600 ribu – Rp 1 juta 

Mungkin banyak dari kalian yang kurang tahu mengenai merk ban Continental. Merk ban satu ini juga pernah menjadi sponsor Euro 2012 dan World Cup 2014 loh!

12. Accelera

Kisaran harga: Rp 400 ribu – 800 ribu 

Ban ini juga sama dengan merk Corsa, cocok digunakan untuk pemakaian sehari-hari. Untuk urusan daya cengkram dan durabilitas sudah tidak perlu diragukan lagi deh!

13. Michellin

Kisaran harga: Rp 500 ribu – Rp 3 juta 

Merk ban ini sebetulnya diperuntukkan untuk mobil kelas atas seperti mobil sport dan sejenisnya. Daya tahan, peredam suara dan daya cengkram adalah kelebihan utama dari merk ban Michellin.

Tips Memilih Ban Mobil Terbaik

Jika sudah mengetahui apa saja rekomendasi merk ban mobil, berikutnya kami akan membahas mengenai bagaimana tips memilih ban mobil yang berkualitas. Berikut adalah tipsnya:

1. Pilih Ban Mobil yang Sesuai dengan Jenis Mobil

Saat ini sudah muncul berbagai jenis ban yang dibuat sesuai dengan keperluan setiap mobil. Maka dari itu penting bagi kalian untuk mengetahui jenis ban apa yang cocok bagi mobil kalian.

Seperti contohnya tipe ban P125. Huruf P sendiri memiliki artian bahwa ban tersebut didesain khusus untuk mobil penumpang. Jangan sampai kalian gunakan ban tersebut untuk mobil box.

2. Sesuaikan ukuran ban dengan kondisi mobil

Setiap mobil tentunya memiliki keperluan akan ukuran ban yang berbeda-beda. Maka dari itu penting bagi kalian untuk mengetahui apa ukuran ban yang mobil kalian butuhkan.

Konsultasikan dengan penjual ban, biasanya mereka bisa melihat kode ukuran ban apa yang mobil kalian perlukan.

3. Lihat Ketebalan Ban

Ban yang tebal adalah suatu keharusan ketika kalian membeli ban mobil baru. Pastikan ban yang kalian beli memiliki ketebalan 50.

4. Cek Kode Tahun Pembuatan Ban

Biasanya kode tahun pembuatan terdapat di bagian pinggir ban. Pastikan bahwa ban yang kalian beli itu baru diproduksi sehingga kualitas masih terjamin.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Ban Mobil?

Mungkin ada dari kalian yang bertanya-tanya, lantas kapan waktu yang tepat untuk mengganti ban mobil? Mari simak pembahasan lengkapnya di bawah ini:

  • Ban sudah dipakai selama 3 tahun
  • Ketebalan ban sudah semaki menipis
  • Jarak tempuh mobil sudah mencapai 30.000 km
  • Permukaan ban sudah benjol, retak dan aus
  • Mobil terasa berat saat menikung

 

Berikan proteksi pada mobil kesayangan kalian

asuransi mobil murah

Pastikan mobil baru kalian terlindung dari segala biaya resiko kerusakan dengan asuransi! Seluruh  biaya kerusakan mobil akan ditanggung oleh produk asuransi mobil all risk! Selain itu juga kalian bisa menggunakan asuransi TLO (Total Loss Only) jika ingin premi dengan biaya yang lebih murah! Bandingkan dan pilih berbagai produk asuransi mobil terbaik dan terpercaya hanya di Cekpremi!

 

About Andrian

Passionate SEO person, and love to bring people the right information that they want. Please enjoy our article and hopefully the information that we serve is fulfilling your needs :)

View all posts by Andrian →