16 Mobil Transmisi Manual Terbaik 2022 dengan Performa Tinggi

mobil transmisi manual

Meski kemajuan teknologi telah membuat produsen mobil menghasilkan transmisi matic atau otomatis yang kinerjanya lebih efisien dan praktis, namun masih banyak di antara kita yang masih menyukai mobil transmisi manual.

Pengendara yang masih menyukai dan lebih memilih gearbox manual memang sulit untuk meninggalkan kebiasan dan hasrat menyetir mobil dengan persneling. Tipe pengendara ini pun menyukai driving impression dan performa mobil yang bagus.

Karena masih banyak pecinta mobil manual, sejumlah merek pun masih menghadirkan pilihan transmisi manual. Ada mobil sport, hatchback, dan sedan yang desainnya modern sekaligus keren. Berikut ini adalah jajaran mobil transmisi manual terbaik di tahun 2022.

Mobil Transmisi Manual Terbaik

Transmisi manual dirancang untuk memberikan kendali penuh atas bagaimana Anda mengendarai mobil Anda. Apakah Anda berkendara saat hujan atau Anda hanya menyukai drive yang menarik, mobil manual bisa menjadi untuk Anda.

Di bawah ini Anda akan menemukan beberapa mobil sedan, mobil hatchbackk, dan mobil sport fantastis yang menawarkan opsi transmisi manual.

Honda Civic Type R

honda civic r manual

Dengan berhentinya produksi Honda Fit, Civic sekarang menjadi andalan Honda di pasar mobil sedan.

Saat ini beberapa versi Civic Type R masih tersedia dengan tongkat persneling enam kecepatan, dan desain mobil hatchback modern yang sporty. Mobil Honda ini juga dijual dengan versi 180-hp dari mesin empat silinder turbocharged.

Civic Type R 305-hp masih bisa Anda temukan di aplikasi jual beli mobil di Indonesia.

Ford Fiesta

ford fiesta

Ford Fiesta membuat pengalaman menyetir mobil manual lebih menyenangkan dan nyaman. Mobil buatan Amerika Serikat ini termasuk yang terlaris rilisan Ford berkat perpindahan gigi, yang banyak ahli menilai lebih baik dibanding Renault atau Audi.

Hal yang sama berlaku untuk Ford Focus dan Puma, karena kedua mobil tersebut mendapatkan gearbox yang sama.

Porsche Cayman GT4

Porsche Cayman GT4

Porsche terkenal sebagai salah satu mobil mewah terbaik di dunia. Salah satu andalannya yang bertransmisi manual adalah Cayman GT4.

Memiliki persneling enam kecepatan dan paddleshifter yang luar biasa, tidak heran kalau dibanderol dengan harga Rp1,5 miliar.

Cayman GT4 adalah salah satu mobil manual terdepan untuk di jajaran mobil sport bikinan Jerman, dan layak mendapatkan status hall of famer.

Chevrolet Spark

Chevrolet Spark

Dengan harga dasar sekitar Rp200 jutaan, mobil hatchback Chevrolet Spark adalah salah satu mobil baru manual terbaik yang tersedia ada di pasaran tahun 2021.

Spark adalah mobil terkecil dari General Motors (GM) dan dibekali dengan persneling lima kecepatan.

Mazda MX-5

mobil transmisi manual mazada mx5

Mazda MX-5 adalah mobil sport dengan transmisi manual. Seperti mobil Eropa pada umumnya, mobil ini memiliki kualitas yang baik. Bahkan tipe lain dari Mazada seperti CX-3 atau Mazda 6 juga tak kalah bagus dibanding MX-5.

Yang menjadi andalan MX-5 mesin yang bertenaga tetapi sederhana dengan pergeseran gigi yang tajam.

Toyota GR Yaris

toyota gr yaris manual

Salah satu mobil manual hatchback paling menawan dan menarik di tahun 2020 adalah Toyota GR Yaris. Bagi pecinta otomotif, GR Yaris dengan mesin 1600 cc dinilai memiliki pergeseran dan rasio gigi yang baik.

Sebagai informasi, Mobil GR Yaris dirancang oleh para insinyur Toyota untuk menjadikannya mobil balap jalanan yang menyenangkan – mulai dari bodi yang bisa dikustom hingga sistem AWD yang ringan.

BMW 2-Series and M2

bmw m2

Banyak dari pecinta mobil yang mengeluh bahwa BMW tidak sporty seperti dulu, tetapi merek mobil Jeman yang satu ini memiliki kualitas mobil kelas dunia.

BWM Seri 2 dibekali dengan persneling enam kecepatan di rear-drive 230i dan M240i coupes. M240i convertible, M2, dan M2 CS top-of-the-line. Untuk Gran Coupe 2-seri baru hanya dijual untuk transmisi matic saja.

BMW M3

bmw m3

Sejak E30, BMW M3 selalu menghadirkan mobil dengan gearbox manual dan hingga saat ini BMW memutuskan untuk mempertahankan lini ini.

Seperti kembarannya, M4 Coupe, mobil sedan berperforma tinggi ini juga tersedia dengan manual enam percepatan. Tersedia dua model, M3 473-hp standar dan M3 503-hp.

BMW M4

BMW M4

Masih dari BMW, tampaknya kini banyak yang berfokus pada gril baru yang funky dari BMW 4-Series 2021.

Tapi coupe dan convertible 4-Series tidak hanya kehilangan penampilan klasik mereka, seri 4 ini juga kehilangan pedal ketiga mereka.

Tahun lalu BMW menghilangkan stick shift dari 3-series baru, sekarang seri 4 kebanyakan bertransmisi otomatis, dengan satu pengecualian. M4 Coupe 2021 yang dapat dipesan dengan persneling enam kecepatan dan enam twin-turbo inline-nya, termasuk M4 503-hp.

Chevrolet Camaro

Chevrolet Camaro

Akrab dengan sebutan Chevy, mobil bikinan Amerika Serikat ini tidak akan lagi menjual Corvette dengan gearbox manual. Akan tetapi, bagi Anda pecinta Chevrolet dan ingin mengendarai mobil manual bisa melirik Camaro.

Mobil ini dilengkapi dengan manual enam percepatan, mesin turbo 2000 cc hingga ZL1 dan ZL1 1LE yang bernapas dengan supercharged 6.2- liter V-8.

Hyundai Accent

mobil transmisi manual terbaik 2021 hyundai accent

Hyundai memiliki koleksi mobil dengan transmisi manual yang cukup banyak daripada kebanyakan merek, salah satu andalannya adalah Hyundai Accent. Sayangnya, untuk pasar Indonesia sudah tidak lagi tersedia model barunya.

Mobil bekas murah Accent dibanderol dengan harga di bawah Rp100 juta bahkan ada mobil yang memiliki harga di bawah Rp50 juta untuk jenis ini.

Untuk versi terbaru Hyundai Accent yang tidak masuk Indonesia dilengkapi dengan tongkat manual enam kecepatan dan mesin empat silinder 120-hp.

Mitsubishi Mirage

Mitsubishi Mirage

Mitsubishi Mirage keluaran terbaru memiliki facelift ringan dengan gaya depan dan belakang yang diperbaiki dan adanya beberapa perbaikan pada desain interiornya.

Memiliki mesin bertenaga tiga silinder yang masih menjadi standar menjadikannya salah satu mobil terbaik yang kini ada di pasaran.

Varian dasar dari kedua hatchback Mirage dan sedan Mirage G4 memiliki tongkat persneling lima kecepatan.

Sementara varian yang lebih tinggi ditambahkan dengan CVT sehingga biaya operasional mobil khususnya bahan bakar menjadi lebih irit.

Dodge Challenger

Dodge Challenger

Seperti rivalnya Ford Mustang dan Chevy Camaro, Dodge Challenger masih menjual mobil gearbox manual.

Faktanya, Dodge adalah satu-satunya model yang ditawarkan Fiat Chrysler di Amerika Serikat yang bertransmisi manual.

Beberapa versi mobil ini datang standar dengan persneling enam kecepatan, termasuk R/T, R/T Scat Pack, Hellcat 700-plus-hp supercharged dan Hellcat Widebody.

Aston Martin Vantage

mobil sport manual aston martin

Suka nonton film James Bond? Pasti tahu Aston Martin. Ya, Aston Martin Vantage memiliki mesin turbochargednya yang berasal dari Mercedes-AMG.

Mobil bikinan Inggris ini menawarkan Vantage “entry-level” yang cantik dengan manual tujuh kecepatan. Varian performa AMR track-ready bahkan mendapat shifter yang tidak konvensional di belakang mesin V-8 4.0 liter twin-turbo mobil sport.

Toyota Corolla

mobil transmisi manual toyota

Toyota menawarkan lebih banyak model mobil gearbox manual dibanding mobil merek Ford, FCA, Mercedes, dan Honda.

Selain Toyota 86, bagi Anda yang ingin mengendarai mobil manual buatan Jepang dapat membeli Corolla.

Toyota menawarkan tongkat persneling enam kecepatan sebagai alternatif CVT standar pada sedan Corolla SE, serta versi SE dan XSE dari hatchback Corolla.

2022 Volkswagen Golf GTI

mobil transmisi manual volkswagen golf 2022

Golf GTI berhasil menampilkan gagasan mobil hot hatch dengan handling yang tajam di jalanan berbelok. Desain ulang tahun ini meningkatkan tenaga dan terdapat pula beberapa penyempurnaan. Ini menjadikannya salah satu hatchback all-around terbaik.

Volkswagen Golf GTI adalah mobil 5-seater yang hadir dalam 3 trim level. Yang paling populer adalah Manual 2.0T S, yang dilengkapi dengan mesin 2.0L I4 Turbo dan Penggerak Roda Depan. Golf GTI diperkirakan menghasilkan 24 MPG dan 34 MPG di jalan raya.

Komponen Mobil Transmisi Manual

mobil transmisi manual

Setelah mengetahui mobil manual terbaik di tahun 2022, yuk, kenalan dengan komponen-komponen mobil transmisi manual di bawah ini.

1. Pedal Kopling

Pedal kopling adalah bagian gigi yang dikontrol secara hidraulik yang melepaskan kopling saat Anda menekannya.

2. Kopling

Ini adalah sistem komponen yang digunakan untuk mentransmisikan torsi mesin ke transmisi. Terdiri dari pelat tekanan, pegas diafragma, cakram kopling, throw-out bearing, dan komponen kecil lainnya.

Cakram kopling adalah bantalan gesekan yang diapit di antara roda gila dan pelat tekanan.

3. Flywheel

Flywheel merupakan komponen yang menyalurkan torsi ke piringan kopling. Ini memiliki permukaan halus yang berinteraksi dengan cakram kopling. Memahami cara kerja kopling cukup penting untuk memahami transmisi secara keseluruhan.

4. Selector Fork

Digunakan untuk menggerakkan collar di sepanjang output shaft (untuk memilih roda gigi) dan dapat digerakkan menggunakan perpindahan gigi.

5. Collar

Collar digunakan untuk memilih gigi yang meluncur di antara roda gigi dan dapat menyatu dengannya. Collar disambungkan ke output shaft, sedangkan roda gigi berputar dengan layshaft. Dengan mengunci collar, torsi mesin berpindah dari layshaft ke output shaft.

6. Syncronisers

Ini terletak di antara roda gigi dan collar, yang membantu mencocokkan kecepatan gigi dan collar.

7. Poros

Umumnya, terdapat 3 poros yang digunakan dalam transmisi manual yaitu:

(i) Poros Utama
Ini adalah poros yang juga disebut poros keluaran dan ditempatkan di depan poros kopling.

(ii) Lay-shaft atau Counter Shaft
Ini adalah poros yang digunakan sebagai poros perantara antara poros kopling dan poros utama, biasanya dipasang di bawah dan sejajar dengan poros utama.

(iii) Clutch Shaft
Ini adalah poros yang membawa output rotasi dari flywheel mesin ke transmisi dengan bantuan kopling untuk mengaktifkan dan melepaskan output dari mesin.

8. Gears

Berbagai ukuran gears digunakan untuk menghasilkan kecepatan roda yang berbeda. Gears yang lebih besar akan menghasilkan torsi yang lebih besar tetapi memiliki kecepatan maksimum yang lebih rendah.

Gears yang lebih kecil akan memberikan torsi yang lebih sedikit tetapi akan memungkinkan mobil untuk melaju dengan kecepatan yang lebih tinggi.

Ada 4 jenis gears yang digunakan dalam gearbox manual yaitu:

Spur Gear:

Digunakan pada gearbox mesh  tua, jenis ini memiliki gear yang dipotong lurus.

Helical Gear:

Versi modifikasi yang memiliki potongan gigi bersudut.

Bevel:

Disebut-sebut sebagai yang terbaik dari semua gear di atas yang memiliki luas penampang kerucut dengan gear potong bersudut.

Idler-gear:

Gear yang digunakan sebagai roda gigi mundur dan biasanya dipasang di atas layshaft.

Itulah dia deretan mobil transimisi manual terbaik di tahun 2022 yang memiliki performa tinggi beserta komponennya. Beberapa mobil yang tercantum di atas memang tidak masuk Indonesia. Dengan kata lain, Anda harus mengimpornya jika memungkinkan.

Jika Anda memutuskan untuk membeli mobil baru di tahun ini, jangan lupa untuk memberikan perlindungan asuransi mobil terbaik dan murah. Perlu diingat bahwa biaya perawatan dan perbaikan mobil di bengkel seringkali tidak bisa ditebak dan bisa sangat mahal.

Dengan asuransi mobil terbaik Anda tidak perlu khawatir lagi karena asuransi menawarkan perlindungan finansial berupa jaminan ganti rugi kerusakan hingga pencurian dan beberapa manfaat tambahan lain berupa penggantian kerusakan akibat banjir, kerusuhan, dan bencana alam.

Jika Anda tertarik untuk memberikan perlindungan asuransi kepada mobil kesayangan Anda cukup melihat dan membandingkannya di CekPremi>Asuransi Mobil.