Ini Pentingnya Parenting Education Dalam Pengasuhan

Aug - 08
2021
pentingnya parenting

Ini Pentingnya Parenting Education Dalam Pengasuhan

Keluarga merupakan tempat belajar pertama yang akan menjadi kunci pembentukan karakter dan pendidikan anak. Orang tua merupakan guru pertama anak-anak, dan rumah adalah sekolah pertama yang dikenal oleh anak. Sehingga peran orang tua dalam pendidikan baik pendidikan karakter anak, spiritual, hingga pendidikan formal, semuanya dimulai dan membutuhkan peran besar dari orang tua. Pentingnya parenting education ini untuk membuat orang tua agar bisa menjadi contoh baik bagi anak-anaknya.

Apalagi untuk anak usia dini yang memang memiliki kemampuan meniru yang unggul. Anak sejak kecil adalah para peniru yang unggul, ia akan meniru semua yang dia lihat dan rasakan. Menjadi orang tua juga harus berhati-hati dalam setiap tindakan, perilaku, dan perkataan. Menjadi orang tua yang mindfull atau berkesadaran adalah kunci untuk mengelola diri dalam mendidik anak sejak dini.

Parenting education merupakan metode yang paling baik bagi orang tua dalam mengajar dan membentuk karakter anak. Sebagai orang tua, kita juga harus terus belajar dan membekali diri dengan beragam informasi tentang pendidikan anak. Hal ini agar Anda bisa menentukan pola didik dan pola asuh yang tepat sasaran dan efisien sehingga dapat memberikan dampak positif bagi anak. Orang tua yang senantiasa belajar akan mendorong anak-anak tumbuh dengan nilai-nilai baik hingga mereka dewasa kelak.

Apa Pentingnya Parenting Education?

cara parenting

Parenting Education (PE) adalah program pendidikan pengasuhan yang dilakukan oleh suatu lembaha untuk meningkatkan kualitas pengasuhan dan tercapainya visi misi. PE bisa menjadi jawaban atas berbagai masalah yang dialami oleh orang tua dalam mengasuh dan menjadikan anak-anak mereka menjadi anak-anak yang memiliki karakter yang baik.

PE bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan orang tua dalam pengasuhan anak sesuai dengan usia, karakter dan pengembangannya. Ada 3 tujuan PE, yakni:

1. Meningkatkan kesadaran orang tua

Memiliki kesadaran dalam pengasuhan anak-anak sangat penting dan krusial. Orang tua tidak boleh asal-asalan dalam mengasuh anak, perlu berbagai macam pengetahuan untuk memaksimalkan pengasuhan. Menyadari kebutuhan ini dapat membuat orang tua mau untuk terus belajar dan menambah wawasan pengasuhan anak. Orang tua perlu menyadari bahwa pengalaman dari pengasuhan orang tua terhadap mereka saja tidak cukup. Dunia ini berkembang, kebutuhan anak berbeda-beda, dan orang tua masa kini tidak bisa disamakan dengan orang tua pada masa kanak-kanak mereka.

2. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan

Memahami pola asuh yang baik merupakan hal penting yang harus diketahui terlebih dahulu agar proses pengasuhan berjalan sesuai karakter, usia, dan perkembangan anak. PE berfungsi agar prang tua lebih mengerti tentang pola asuh yang baik.

3. Mempertemukan kepentingan dan keinginan antara pihak keluarga dan sekolah

Pendidikan anak juga dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya. Pada usia tertentu, anak-anak akan mulai bertemu dengan lingkungan yang lebih beragam seperti sekolah. PE dapat membantu ornag tua untuk menyelaraskan pola pendidikan di rumah dengan pola pendidikan di sekolah sehingga tidak terjadi tumpang tindih, dan bisa berjalan selaras oleh kedua pihak. Hal ini penting agar pendidikan anak menjadi lebih maksimal.

Baca juga: Ikuti 9 Tips Simpel Membentuk Keluarga Harmonis!

Siapa saja yang perlu mendapatkan parenting education?

Parenting education sangat penting bagi semua orang tua. Selain itu, sebagai tempat kedua setelah rumah, para pengajar di sekolah khususnya PAUD, mahasiswa dan calon orang tua juga menjadi sasaran PE. Semua orang pada dasarnya harus membekali diri untuk menjadi orang tua. Sehingga belajar sedini mungkin akan lebih baik.

Berikut ini beberapa program yang biasanya ditawarkan oleh PE yang diadakan oleh lembaga sekolah atau sejenisnya.

  1. Kelompok pertemuan orang tua
  2. Open Gathering membicarakan program sekolah dengan orang tua
  3. Keterlibatan orang tua dengan kelompok dan kelas anak
  4. Keterlibatan orang tua pada acara bersama
  5. Home education video
  6. Sharing tentang aktivitas anak di rumah
  7. Kunjungan Rumah
  8. Field Trip/Wisata

Saat Anda sudah menyadari pentingnya parenting education, Anda sebaiknya mulai mempersiapkan diri agar di masa depan bisa menjadi orang tua yang lebih baik. Pendidikan dan perkembangan anak-anak Anda berada di tangan Anda. Menjadi orang tua penuh kesadaran akan mendorong anak-anak juga tumbuh dengan penuh kesadaran sehingga menjadikan hidupnya menjadi lebih bermakna.

Baca juga: 5 Alasan Pentingnya Asuransi Jiwa Untuk Dimiliki Setiap Keluarga Bahagia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi covid