DP Rumah Sulit Terkumpul? Ini Penyebab & Solusinya!

Sep - 06
2021
dp rumah

DP Rumah Sulit Terkumpul? Ini Penyebab & Solusinya!

Membeli rumah secara kredit atau KPR diawali dengan membayar uang muka atau down payment (DP). Akan tetapi, banyak orang yang mengalami kesulitan untuk mengumpulkan uang DP rumah tersebut. Mengapa hal ini bisa terjadi? Bagaimana solusinya? Simak informasinya berikut ini, Cekmates!

Penyebab Uang DP Rumah Sulit Terkumpul

Memiliki rumah sendiri adalah impian banyak orang. Namun, ada sejumlah faktor yang kerap menghambat seseorang untuk membeli rumah idaman, salah satunya keterbatasan dana.

Untungnya, membeli rumah dapat dilakukan secara kredit atau umum kita kenal dengan istilah Kredit Perumahan Rakyat (KPR). Sayangnya, acap kali Anda belum juga bisa mengajukan KPR ke bank dikarenakan uang muka atau DP rumah belum mencapai angka yang ditetapkan.

Penyebab uang DP rumah sulit terkumpul sendiri bisa karena sejumlah faktor berikut ini:

1. Tidak Rutin Menabung

Tidak menabung secara rutin menjadi salah satu alasan mengapa seseorang sulit mengumpulkan DP rumah. Itu sebabnya, untuk Anda yang tengah berencana membeli rumah melalui mekanisme KPR harus rajin menabung mulai dari sekarang.

Buatlah perencanaan keuangan yang matang dan tentukan target agar Anda bisa lebih disiplin dalam menyisihkan sebagian penghasilan untuk ditabung demi rumah impian.

Besaran uang yang bisa Anda tabung idealnya 20% dari total penghasilan per bulan. Sisanya bisa Anda gunakan untuk kebutuhan sehari-hari hingga dana darurat.

Baca juga: 7 Cara Menabung untuk Beli Rumah dengan Gaji 3 Juta!

2. Berperilaku Boros

Gaya hidup boros juga bisa jadi penyebab mengapa Anda sulit sekali mengumpulkan dana untuk DP rumah.

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, idealnya Anda menyisihkan 20% dari total penghasilan bulanan untuk ditabung. Jika pengeluaran Anda cukup banyak—khususnya untuk kebutuhan tersier—maka akan sulit bagi Anda untuk bisa menabung demi membeli rumah idaman.

Oleh sebab itu, sebaiknya hindari mengeluarkan uang untuk hal-hal yang sifatnya tersier. Atau, buat perencanaan keuangan 20-50-20, yakni 20% untuk ditabung, 50% untuk kebutuhan primer, dan 30% untuk kebutuhan tersier.

3. Kurang Mencari Informasi

Sebenarnya ada banyak sekali ‘bantuan’ yang bisa Anda manfaatkan untuk membantu membayar DP rumah, mulai dari promo cicilan DP dari developer, hingga pinjaman dari instansi tertentu seperti BPJS Ketenagakerjaan.

Nah, terkadang orang-orang tidak mengetahui hal ini, sehingga ia jadi kesulitan untuk bisa mengumpulkan uang muka dalam waktu dekat.

Berangkat dari hal tersebut, Anda sangat disarankan untuk mencari informasi sebanyak mungkin. Jangan segan untuk banyak bertanya pada developer dari rumah yang Anda incar, atau dengan pihak Bank.

4. DP Rumah Terlalu Besar

DP rumah yang terlalu besar juga kerap menjadi ‘batu sandungan’ bagi Anda yang hendak mengajukan KPR. Ya, umumnya pihak developer mensyaratkan uang muka sebesar 10-20% dari harga rumah.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kini banyak developer yang memfasilitasi cicilan DP. Dengan begitu, Anda bisa mencicil uang muka rumah secara bertahap hingga mencapai nominal yang telah ditentukan.

Selain itu, ada juga developer yang menawarkan program DP 0% bagi calon pembeli rumah. Nah, untuk hal ini—selain rajin mencari informasi—Anda perlu cermat terhadap syarat dan ketentuan yang berlaku.

Mengapa demikian? Hal ini agar Anda tidak malah terjebak nantinya. Pasalnya, tidak adanya uang muka yang dibebankan justru membuat cicilan bulanan bisa jadi cukup tinggi. Oleh sebab itu, teliti terlebih dahulu dan sesuaikan dengan kemampuan finansial Anda.

Baca Juga: Tips Memilih dan Membeli Rumah Subsidi yang Berkualitas. Jangan Sembarangan!

Tips Mengumpulkan Uang DP Rumah

Mengumpulkan uang untuk DP rumah impian sebenarnya tidak sulit, kok. Asalkan Anda disiplin, maka membeli rumah idaman dalam waktu dekat bukan sekedar mimpi.

Berikut ini sejumlah tips agar Anda bisa mengumpulkan uang muka rumah dengan lancar:

  • Buat perencanaan keuangan
  • Disiplin dalam menabung
  • Utamakan gaya hidup hemat
  • Pilih rumah dengan harga yang sesuai dengan kemampuan finansial
  • Manfaatkan promo KPR

Asuransi Properti Terbaik untuk Rumah Anda

Rumahku, istanaku! Memiliki rumah impian tidak lengkap rasanya jika Anda tidak melindunginya dengan asuransi properti terbaik. Temukan berbagai asuransi properti terpercaya dengan premi yang lebih murah hanya di Cekpremi.comdan dapatkan promo menariknya!

 

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

asuransi properti cekpremi