7 Tempat Wisata di Sleman Paling Hits, Wajib Dikunjungi!

Aug - 16
2021
tempat wisata di sleman

7 Tempat Wisata di Sleman Paling Hits, Wajib Dikunjungi!

Kabupaten Sleman, Provinsi Yogyakarta memiliki daya tarik tersendiri terkait panorama alam yang dimilikinya. Berada di kawasan Gunung Merapi membuat Kabupaten Sleman memiliki peminat yang khas, yang membuat pilihan spot wisata semakin beragam dan menggugah selera jalan-jalan Anda. Keindahan kabupaten Sleman sudah tidak perlu diragukan lagi. Banyak turis lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke berbagai tempat wisata di Sleman ini.

7 Rekomendasi Tempat Wisata di Sleman, Asik Untuk Liburan!

candi ijo sleman

1. Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan salah satu warisan dunia dan candi hindu terbesar di Indonesia. Lokasi tepatnya candi ini ada di Jalan Raya Solo-Yogyakarta No. 16 Bokohargo. Candi yang berada di perbatasan Yogya-Jawa Tengah ini secara rutin menyelenggarakan pertunjukan Sendratari Ramayana pada malam hari. Selain itu, biaya masuk candi inipun murah, yakni Rp25ribu.

2. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko merupakan sebuah bangunan kerajaan masa lalu. Lokasinya ada di Gatak, Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Candi ini berada pada ketinggian sekitar 200 meter di atas permukaan laut (mdpl) yang diperkirakan dibangun pada abad ke-8 masehi.

Pengunjung yang datang biasanya datang untuk menikmati sunset yang indah dari bangunan candi. Tak jarang pengunjung datang untuk mengabadikan momen tersebut dan menjadi koleksi foto yang cantik. Untuk mengunjungi Candi Ratu Boko, pengunjung akan dikenai biaya tiket masuk yakni Rp 20.000.

3. Candi Ijo

Candi Ijo berada di kawasan perbukitan dengan ketinggian sekitar 375 mdpl. Lokasinya ada di Bukit Ijo, Desa Sambirejo, Kabupaten Sleman. Pengunjung yang ingin berkunjung dikenai tiket masuk yang tergolong murah. Harganya Rp 5.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 10.000 untuk wisatawan asing.

Berada di kawasan perbukitan, Candi Ijo menawarkan pemandangan alam yang indah dilengkapi relief candi dan spot foto yang sungguh memanjakan mata. Jangan tertinggal dengan pemandangan kala senja berupa sunset dengan langit jingga.

4. The Lost World Castle

The Lost World Castle merupakan tempat wisata yang berada di Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Tempat wisata yang berada di lereng Gunung Merapi ini memiliki bangunan yang mirip dengan Benteng Takeshi dengan memanfaatkan batu sisa erupsi Gunung Merapi.

Dengan bangunan kastel yang keren, pengunjung serasa berada di negri dongeng. Tentu saja, jangan lupa untuk mengambil foto saat berkunjung. Baca juga: Menyapa Gagahnya Puncak Gunung Merapi di Kali Talang, Klaten Tidak hanya bangunannya, The Lost World Castle juga menyediakan spot foto yang menark seperti Paradise Gate, spot foto 3D, dan ikon dunia. Pengunjung dapat berkunjung pukul 07.00-18.00 WIB dengan dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp 30.000.

Baca juga: 10 Tempat Wisata yang Hits di Garut, Dijamin Asri dan Sejuk!

5. Blue Lagoon Jogja

Blue Lagoon Jogja yang bernama asli Sendang Tirta Budi merupakan kolam pemandian alami yang bersumber dari air dalam tanah dengan suasana yang sejuk dan asri. Lokasinya ada di Area Sawah, Widodomartani, Kecamatan Ngemplak, Sleman, Yogyakarta.

Pengunjung dapat berendam dan berenang di kolam merasakan kesejukan air dan membuat tubuh terasa segar. Merasakan Blue Lagoon ala Jogja, pengunjung dapat berkunjung pukul 08.00-17.00. Tarif masuknya adalah Rp 10.000 rupiah.

6. Stonehenge 

Tempat wisata di selaman selanjutnya adalah replika monumen Stonehenge di Inggris. Lokasinya ada di Dusun Trutan, Kepuharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman. Tempat ini menawarkan susunan batu yang unik dilengkapi dengan pemandangan alam yang indah berupa Gunung Merapi, tempat ini sangat cocok dijadikan spot foto yang instagramable. 

Sambil berfoto, tempat ini menyediakan fasilitas seperti toilet dan warung makan, sehingga pengunjung yang lelah berfoto dapat mengisi perut dengan makanan dan minuman yang dijual di warung. Stonehenge Yogyakarta beroperasi pukul 07.30–18.00 WIB. Pengunjung akan dikenai biaya masuk sebesar Rp 5.000.

7. Lava Tour Merapi 

Merupakan tur wisata di kawasan ang berdampak erupsi Gunung Merapi. Menggunakan mobil jeep, pengunjung akan dibawa ke beberapa titik yang terkena erupsi. Beberapa titik kunjungan dari Lava Tour Merapi adalah Batu Alien, Bunker Kaliadem, Museum Sisa Hartaku, Rumah Almarhum Mbah Maridjan, The Lost World Castle, Tebing Gendol, Offroad Air, dan Museum Mini Merapi.

Untuk menikmati tour dengan jeep yang penuh dengan tantangan, pengunjung dikenai biaya sewa jeep yang berkisar Rp 350.000-Rp 650.000 tergantung pada durasi keliling.

Nah, bagaimana? Sudah tahu kan sekarang, tempat wisata di Sleman. Yuk, jalan-jalan! Semoga bermanfaat.

Baca juga: 6 Tips dan Rekomendasi Tempat Wisata yang Cocok untuk Bayi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *