9 Tips Mengatur Keuangan Anak Kos, Yuk Mandiri!

Aug - 13
2021
tips mengatur keuangan anak kos

9 Tips Mengatur Keuangan Anak Kos, Yuk Mandiri!

Menjadi anak kos berarti kalian harus mengatur semuanya secara mandiri. tanpa terkecuali urusan keuangan. Jika cara mengatur keuangan kalian masih salah, bisa-bisa kalian akhirnya akan terus meminta uang ke orang tua kalian. Urusan mengatur keuangan memang merupakan salah satu hal sulit yang harus dilakukan oleh anak kos. Nah bagi kalian yang barus saja ngekos, yuk simak apa saja tips mengatur keuangan bagi anak kos yang benar di artikel ini!

9 tips mengatur keuangan bagi anak kos

1. Buat rencana anggaran setiap bulannya

Tips pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan membuat anggaran pengeluaran setiap bulannya. Kalian bisa mulai dengan membagi anggaran gaji setiap bulannya. Misal: 50% kebutuhan sehari-hari, 20% investasi, 10% gaya hidup, 10% memberi orang tua. Terus ikuti pembagian tersebut dengan disiplin, maka dijamin kalian sudah bisa mengatur keuangan dengan baik.

2. Memasak sendiri

Ingin hemat uang makan? Maka jawabannya adalah dengan memasak sendiri. Meskipun butuh perjuangan lebih, dijamin deh kalian bisa menghemat banyak uang makan! Makan di luar membutuhkan biaya kira” 45 ribu sehari, sedangkan kalau kalian memasak sendiri, biasanya hanya membutuhkan 25 ribu sehari loh!

3. Cari pekerjaan sampingan

Mencari pekerjaan sampingan untuk menambah pendapatan juga bisa kalian lakukan sebagai anak kos. Selain menambah pemasukan, kalian juga bisa mendapatkan pengalaman lebih loh! Jika kalian rajin, bisa saja tarif jasa kalian akan semakin meningkat.

Baca juga: 6 Tips Hidup Hemat di Jakarta, Cermati agar Tidak Boros!

4. Tahan nafsu saat ingin membeli barang

Ingin membeli game baru saat gajian? Ingin membeli tas baru saat gajian? Sebaiknya jika penghasilan masih pas-pasan kalian tunda dulu kebiasaan satu ini. Sebisa mungkin sisihkan uang kalian terlebih dahulu untuk investasi dan jika masih ada sisa barulah kalian bisa menggunakannya untuk membeli barang impian kalian.

5. Ambil uang cash secukupnya

Seringkali uang cash yang ada di dompet bisa habis seketika saat kita ke mall. Maka dari itu sebaiknya kalian menarik uang cash seperlunya dan jangan berlebihan. Membiasakan diri mengambil uang seperlunya akan membuat kalian menjadi orang yang lebih disiplin dalam urusan mengatur keuangan loh!

Baca juga: 6 Pilihan Kerja Freelance Online yang Menguntungkan di Tahun 2021

6. Prioritaskan kebutuhan, bukan keinginan

Kebutuhan seperti makan, uang kos, dan kebutuhan penting lainnya harus selalu kalian dahulukan saat menerima gaji. Barulah sisa gaji yang diterima bisa kalian gunakan untuk hobi atau hiburan lainnya.

7. Gunakan AC seperlunya

Nah ini juga merupakan hal kecil yang sering dilupakan oleh para anak kos. Kalau tagihan listrik dibayarkan oleh pihak kos, hal ini tentunya bukan menjadi suatu masalah. Namun jika kalian membayar sendiri, maka kalian harus irit-irit dalam penggunaan AC.

8. Beli barang yang di diskon

Kebutuhan sehari-hari seperti bahan makanan, sebisa mungkin juga kalian membeli yang ada diskonnya. Kalian bisa mengikuti update tentang diskon di media sosial pasar swalayan ataupun info dari teman kalian sendiri.

9. Gunakan transportasi umum

Menggunakan transportasi umum seperti kereta dan bus akan sangat berdampak pada kesehatan keuangan kalian loh. Jika kalian ada motor tentunya hal ini bukan menjadi masalah. Jika tempat kerja bisa diakses oleh angkutan umum, maka kalian bisa menggunakan angkutan umum sebagai sarana transportasi.

 

Ingin tambah penghasilan? Yuk jadi mitra FUSE!

fuse agen asuransi

Ingin mencari penghasilan tambahan? Coba saja jadi agen asuransi! Kalian bisa mencoba menjadi mitra FUSE! Tersedia banyak bonus bagi kalian yang bisa mencapai target, namun tidak perlu khawatir kami juga menyediakan pelatihan bagi kalian yang masih awam loh!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi covid