USG 2D 3D 4D, Penjelasan dan Biayanya

usg

USG (ultrasonography) adalah suatu metode pemeriksaan dokter untuk melihat kondisi organ tubuh yang sebenarnya agar dapat melakukan diagnosis dan tahapan pengobatan. Namun saat ini, USG sangat dianjurkan untuk memeriksa pasien yang sedang hamil.

Semakin majunya teknologi saat ini membuat pemeriksaan ultrasonography untuk kehamilan semakin berkembang. Saat ini terdapat 3 jenis pemeriksaan ultrasonography yang bisa dilakukan.

3 Jenis USG di Dunia Kesehatan

  • Pemeriksaan USG 2D

Pemeriksaan ultrasonography 2D menjadi metode untuk memeriksa kondisi kandungan pada awal kehamilan, atau saat trimester awal kehamilan. Pada pemeriksaan jenis ini hanya dapat menghasilkan gambar berwarna hitam putih.

Melalui USG 2D, dokter dapat mendeteksi ukuran bayi, banyaknya air ketuban, dan kondisi janin yang ada dalam kandungan. Jika terdapat sesuatu yang mencurigakan, dokter akan menyarankan pasien untuk melakukan pemeriksaan yang lebih tinggi, yaitu 3D.

  • Pemeriksaan USG 3D

Jenis ini tentu memiliki dimensi lebih tinggi dibanding 2D. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengkonfirmasi hasil pemeriksaan ultrasonography 2D namun dengan visualisasi yang lebih jelas.

Namun perbedaan lainnya yaitu, pada jenis ultrasonography ini gambar yang ditampilkan adalah gambar diam atau tidak bergerak. Keunggulan pemeriksaan ini, pasien dan keluarga dapat melihat pertumbuhan janin lebih detail hingga organ bagian dalamnya.

  • Pemeriksaan USG 4D

Sesuai tingkatannya, pemeriksaan ini adalah yang paling canggih dibanding sebelumnya. Hasil yang muncul berupa gambar yang jauh lebih detail, akurat, dan dapat bergerak seperti film.

Pemeriksaan ini dapat memvisualisasikan anggota dan gerakan tubuh pada janin yang ada dalam kandungan dengan jelas. Namun, biasanya hanya pasien tertentu saja yang dapat melakukan pemeriksaan ini, seperti pasien yang memiliki indikasi medis atau yang disarankan oleh dokter.

Pemeriksaan ultrasonography 3D dan 3D dapat dilakukan ketika pasien memasuki usia kehamilan antara 26 hingga 30 minggu. Karena biasanya sebelum usia kehamilan memasuki 26 minggu, bayi masih bergerak terlalu bebas, sehingga akan sulit untuk mendapatkan gambar bayi dengan keadaan diam.

Kemudian jika diatas usia kehamilan 30 minggu, kepala bayi sudah berada pada posisi di bawah panggul sang ibu, Sehingga akan sulit untuk melihat wajah bayi secara jelas.

Namun, kamu tetap dapat melakukan pemeriksaan setelah memasuki masa kehamilan 10 minggu. Pemeriksaan pertama ini dapat berguna untuk mengetahui detak jantung dan kondisi rahim.

Karena ketiga jenis ultrasonography ini memiliki hasil visualisasi pemeriksaan yang berbeda, tentu biaya yang dikeluarkan akan berbeda satu dengan yang lainnya. Berikut ini adalah biaya yang harus dikeluarkan untuk ultrasonography 2D, 3D, dan 4D.

Biaya Pemeriksaan USG

Biaya pemeriksaan ketiga jenis ultrasonography ini tentu berbeda tergantung dari rumah sakit mana yang kamu pilih. Pada umumnya, jika kamu melakukan ultrasonography 2D dan 3D di rumah sakit berkisar Rp 200 ribu, sedangkan untuk 4D yaitu berkisar di angka Rp 800 ribu.

Sementara untuk pemeriksaan ultrasonography tentu memiliki biaya yang lebih terjangkau dibandingkan rumah sakit. Biaya yang harus dikeluarkan jika ingin melakukan USG di klinik yaitu berkisar antara Rp 40 ribu hingga Rp 300 ribu, namun pemeriksaan di klinik hanya untuk 2D dan 3D saja.

Kamu juga dapat melakukan ultrasonography di bidan, namun ultrasonography yang dapat dilakukan biasanya hanya 2D saja. Biaya yang harus dikeluarkan sekitar Rp 100 ribu.

Melakukan pemeriksaan ultrasonography dapat membantu orangtua untuk mengetahui bagaimana kondisi janin hingga ke organ dalamnya. Sehingga sangat wajar jika kamu harus mengeluarkan biaya agar mendapatkan informasi dan visualisasi si bayi.

Saat masa kehamilan hingga melahirkan, tentu membutuhkan biaya yang lebih. Sehingga sang calon orang tua harus mempersiapkan berbagai kebutuhan khususnya finansial yang matang.

Namun kamu dapat terbantu jika menggunakan asuransi kesehatan. Karena manfaat yang kamu dapatkan adalah, diberikan penggantian biaya persalinan baik secara normal atau operasi (caesar).

Biaya tersebut sudah termasuk biaya pemeriksaan sebelum dan sesudah persalinan. Oleh karena itu, kamu dapat mengunjungi Cekpremi untuk memilih dan mendapatkan asuransi kesehatan terbaik.

Pertanyaan Seputar USG

Pemeriksaan ultrasonography sangat dianjurkan khususnya bagi para ibu hamil agar mengetahui kondisi janin. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan seputar ultrasonography yang seringkali muncul, yaitu:

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Berapa lama waktu untuk pemeriksaan ultrasonography?” answer-0=”Biasanya pemeriksaan ini membutuhkan waktu sekitar 30 hingga 60 menit. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Apakah USG boleh dilakukan setiap bulan?” answer-1=”Pemeriksaan ultrasonography aman dilakukan bagi ibu hamil, dan tidak menyebabkan kelainan jika dilakukan tiap bulan. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]