Simak 10 Manfaat Temulawak yang Wajib Kamu Ketahui

Aug - 11
2021
manfaat temulawak

Simak 10 Manfaat Temulawak yang Wajib Kamu Ketahui

Temulawak memang sudah menjadi bahan yang cukup terkenal di meetode pengobatan tradisional China. Temulawak terkenal karena manfaatnya yang mampu menyembuhkan radang dan luka luar pada kulit. Tidak hanya itu saja, masih banyak manfaat temulawak lainnya simak selengkapnya di bawah ini ya!

10 manfaat temulawak yang terbukti baik bagi tubuh

Berikut ini ada beberapa manfaat temulawak yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber:

1. Mengatasi osteoarthritis

Osteoarthritis adalah kondisi dimana sendi-sendi pada tubuh menjadi terasa sakit dan kaku. Rasa sakit yang ditimbulkan oleh penyakit satu ini ternyata dapat diatasi dengan temulawak. Hal ini sudah dibuktikkan di dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine.

2. Melancarkan sistem pencernaan

Temulawak terbukti dapat merangsang produksi cairan empedu di dalam tubuh, yang otomatis akan membantu pencernaan menjadi lebih lancar. Masalah radang pada usus juga dapat diatasi dengan mengkonsumsi temulawak.

3. Menghilangkan jerawat

Selain memiliki manfaat yang baik bagi organ dalam tubuh, temulawak juga memiliki manfaat untuk kulit loh! Memiliki sifat astringent yang bermanfaat mengurangi produksi minyak di kulit. Otomatis jika produksi minyak pada kulit dapat dikurangi maka jerawat pun akan lebih cepat sembuh.

4. Membantu pengobatan kanker

Meskipun belum ada penelitian lebih dalam lagi mengenai manfaat temulawak yang satu ini, namun para ahli percaya bahwa temulawak dapat membantu mengobati penyakit kanker prostat, kanker payudara dan juga kanker usus. Zat antioksidan yang ada di temulawak terbukti dapat mencegah pertumbuhan kanker.

5. Menyembuhkan peradangan

Senyawa antiradang yang terdapat pada temulawak berfungsi sebagai penghambat produksi prostaglandin yang dapat memicu peradangan. Maka dari itu jika kalian menderita radang sendi, segera konsumsi temulawak!

Baca juga: 10 Manfaat Jahe Merah Bagi Kesehatan, Ampuh Tangkal Covid!

6. Obat diuretik

Temulawak juga memiliki khasiat sebagai obat diuretik yang alami. Diuretik sendiri merupakan zat yang membantu membersihkan tubuh dari garam (natrium) dan air, yang kemudian akan mencegah terjadinya penumpukan cairan di dalam tubuh.

Kelebihan cairan pada pembuluh darah juga dapat diambil oleh zat diuretik sehingga dapat membantu mencegah penyakit:

  • Serangan jantung
  • gagal hati
  • penyakit ginjal
  • pembengkakan jaringan

7. Mencegah berbagai penyakit pencernaan

Kandungan antipasmodik yang dimiliki oleh temulawak memiliki khasiat melemaskan otot halus di usus. Saat otot halus pada usus rileks, maka kalian akan terhindar dari sakit perut, kembung, diare, kram perut, dan sembelit.

8. Mengatasi jamiur dan bakteri

Kandungan antibakteri dan antijamur pada temulawak mampu mencegah berbagai penyakit yang berasal dari infeksi jamur dan bakteri. Bakteri jenis Staphylococcus dan Salmonella dijamin akan dibasmi oleh temulawak.

Baca juga: Perut Kembung? Kenali Penyebabnya dan Atasi dengan 7 Cara Alami ini!

9. Menghilangkan noda hitam di wajah

Temulawak memiliki kandungan minyak atsiri yang baik untuk mengatasi flek atau noda hitam pada wajah. Bagi kalian yang kulit wajahnya sering terpapar sinar matahari, kami sarankan untuk gunakan temulawak agar kulit terhindar dari flek.

10. Meringankan nyeri haid

Nyeri haid juga dapat diredakan dengan mengkonsumsi temulawak, hal ini dapat terjadi karena temulawak memiliki sifat yang dingin sehingga mampu meredakan nyeri pada haid.

 

Pastikan biaya berobat terlindungi dengan adanya asuransi!

asuransi kesehatan malacca

Kesehatan merupakan hal termahal yang ada di dalam hidup seseorang. Jika tubuh terkena penyakit tentunya bisa menghalangi aktivitas-aktivitas kita, oleh karena itulah biasanya biaya berobat tidaklah murah.

Kalian bisa mendaftarkan diri kalian ke BPJS untuk keringanan biaya berobat, namun BPJS sayangnya tidak memberikan akses ke semua obat yang tersedia di dunia medis, oleh karena itu pastikan juga untuk mendaftarkan diri kalian ke asuransi kesehatan milik swasta! Kalian bisa mendapatkan keuntungan yang tidak kalian dapatkan dari BPJS loh.

Pilih dan bandingkan berbagai produk asuransi kesehatan yang terpercaya hanya di Cekpremi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

banner asuransi covid