Asuransi Investasi Terbaik: Definisi dan Rekomendasi Produk

Oct - 12
2021
asuransi investasi terbaik

Asuransi Investasi Terbaik: Definisi dan Rekomendasi Produk

Risiko kehilangan mata pencaharian, kecelakaan, dan kendaraan rusak selalu menghantui kita. Sulitnya mempredikasi apa yang akan terjadi di masa depan ini memaksa kita untuk mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan finansial sedini mungkin. Salah satunya adalah dengan asuransi investasi.

Asuransi dan investasi adalah dua produk keuangan yang berbeda. Asuransi bertujuan untuk melindungi Anda dari risiko yang membahayakan jiwa hingga menimbulkan kerugian finansial.

Di sisi lain investasi adalah kegiatan menanamkan modal berupa dana atau aset yang bertujuan mendapatkan keuntungan.

Dalam pengelolaan keuangan, dua produk tersebut sekarang menjadi penting sehingga kini hadirlah produk gabungan yakni Asuransi Investasi.

Apa Itu Asuransi Investasi?

Asuransi investasi biasanya disebut dengan asuransi unit link. Asuransi investasi atau unit link adalah produk keuangan yang mengkombinasikan dua manfaat dari asuransi permanen (whole life) dengan produk investasi.

Produk ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan proteksi asuransi sekaligus berinvestasi. Hanya dengan satu produk, Anda bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus. Dengan kata lain, ibarat menyelam sambil minum air.

Skema produk unit link atau produk asuransi investasi yakni uang yang disetorkan nasabah tidak hanya diperuntukkan membayar premi asuransi, tetapi juga diinvestasikan oleh perusahaan asuransi melalui manajer investasi, agar nilainya terus berkembang.

Dengan kelebihannya proteksi sekaligus investasi, tak heran banyak yang tertarik membeli produk unit link ketimbang produk asuransi tradisional yang hanya fokus menjual proteksi.

Dilansir dari laman resmi sikapiuangmu OJK, dalam 10 tahun terakhir, produk unit link telah tumbuh 10 ribu persen. Di sisi lain asuransi konvensional hanya tumbuh 380 persen.

Meski begitu Anda jangan buru-buru terbuai dengan iming-iming kombinasi investasi dan proteksi dalam satu produk. Sebab, sama dengan produk investasi lainnya, asuransi investasi atau unit link memiliki risiko penurunan nilai investasi.

Sebelum membeli disarankan untuk  membandingkan mana yang lebih baik, membeli satu paket proteksi dan investasi sekaligus (unit link) atau membelinya secara terpisah, produk proteksi sendiri, dan produk investasi juga sendiri.

Asuransi Investasi Terbaik di Indonesia (Update 2021)

Apabila Anda tertarik untuk mendapatkan produk asuransi ini, berikut adalah rekomendasi asuransi investasi yang ada di Indonesia dari CekPremi.

Prudential

Produk asuransi investasi yang dikeluarkan oleh salah satu perusahaan asuransi jiwa terbaik di Indonesia ini disebut PRULink, yang terbagi menjadi tujuh pilihan.

Ketujuh produk PRULink yakni PRULink Generasi Baru, PRULink Syariah Generasi Baru, PRULink Assurance Account, PRULink Syariah Assurance Account, PRULink Capital Account, PRULink Investor Account, dan PRULink Syariah Investor Account.

Salah satu keunggulan yang bisa Anda dapatkan dari salah satu produk asuransi investasi terbaik ini adalah manfaat perlindungan jiwa hingga 125 persen dari premi tunggal.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan nilai maksimal pertanggungan hingga  Rp2 Miliar, perlindungan hingga berusia 99 tahun, dan manfaat cacat total dan tetap sampai 60 tahun.

Manulife

Salah satu layanan Asuransi Manulife adalah asuransi jiwa investasi. Adapun manfaat yang didapat antara lain usia masuk tertanggung 30 hari sampai dengan 70 tahun, usia pemegang polis minimal 8 tahun, masa pertanggungan sampai usia 99 tahun, dan masa pembayaran premi sampai usia 98 tahun.

Terkait alokasi premi untuk investasi sebesar 80 persen di tahun pertama dan 100 persen di tahun kedua. Adapun premi yang disetor oleh nasabah akan dikelola oleh manajer investasi Manulife yang sudah berpengalaman. Sebagai catatan, bahwa premi yang Anda bayarkan tidak akan hangus.

Kemudian, nasabah juga akan mendapatkan santunan meninggal dunia hingga Rp10 miliar, asuransi tambahan untuk penyakit kritis, santunan rumah sakit, dan pembebasan premi jika pemegang polis meninggal dunia.

AIA Financial

AIA pertama kali didirikan di Shanghai pada tahun 1919. Saat ini AIA memiliki anak perusahaan dan cabang yang beroperasi di 18 pasar di Asia Pasifik, di antaranya Hong Kong, Thailand, Singapura, Malaysia, dan India.

Di Indonesia AIA Financial telah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pada tahun 2020, AIA Financial mendapatkan penghargaan perusahaan unit link terbaik.

Asuransi jiwa investasi ini cocok untuk Anda yang menginginkan proteksi jiwa dan manfaat investasi dengan berbagai kelebihan seperti santunan meninggal dunia lima kali premi dasar tahunan atau maksimal Rp1,5 miliar, loyalty bonus, dan santunan tambahan meninggal dunia karena kecelakaan.

Generali iPLAN

Asuransi investasi terbaik selanjutnya adalah Generali iPLAN. Merupakan produk Asuransi Jiwa Unit Link yang dirancang khusus untuk memberikan proteksi sekaligus memaksimalkan porsi investasi untuk imbal hasil yang optimal.

Produk ini cocok untuk Anda yang menginginkan proteksi jiwa berbalut investasi dengan teknologi ROMO ARMS dengan harga premi mulai Rp1 juta per bulan. ROBO-ARMS (Auto Risk Management System) adalah fitur yang bisa mengelola portofolio investasi secara otomatis sesuai profil risiko nasabah.

Untuk manfaat lain dari asuransi Generali iPLAN di antaranya santunan meninggal dunia sebelum polis terbit dan nilanya 100 persen premi yang sudah dibayarkan, uang pembayaran 150 persen dari premi jika meninggal dunia akibat kecelakaan, dan santunan meninggal dunia setelah polis terbit hingga Rp3 miliar.

Allianz

Allianz adalah perusahaan asuransi terkemuka asal Jerman yang memiliki produk asuransi investasi bernama SmartLink Flexi Account Plus. Cocok untuk nasabah yang menginginkan proteksi jiwa berbalut investasi dengan premi terjangkau, Yang menarik dari produk asuransi investasi Allianz adalah keleluasaan untuk memilih salah satu dari enam jenis investasi.

  • Smartlink Rupiah Money Market Fund

Menawarkan perlindungan nilai pokok dan mempertahankan likuiditas dengan menyediakan pendapatan tetap, diinvestasikan ke dalam instrumen jangka pendek yang berkualitas tinggi seperti deposito.

  • Smartlink Rupiah Fixed Income Fund

Menawarkan pendapatan yang stabil dengan menjaga modal untuk jangka panjang, diinvestasikan ke dalam instrument jangka pendek atau menengah seperti deposito.

  • Smartlink Rupiah Balanced Fund

Mendapatkan pertumbuhan modal jangka panjang lewat penempatan dana dalam mata uang rupiah, diinvestasikan ke dalam instrumen jangka pendek atau menengah seperti deposito.

  • Smartlink Rupiah Balanced Plus Fund

Untuk mencapai tujuan investasi maka dana ini diinvestasikan ke dalam instrumen-instrumen jangka pendek seperti deposito.

  • Smartlink Rupiah Equity Fund

Mendapatkan pertumbuhan modal dengan profil risiko sedikit lebih agresif daripada program Smartlink Rupiah Balanced Fund untuk jangka panjang dengan menghasilkan pendapatan yang stabil.

  • Smartlink US Dollar Managed Fund

Menawarkan pendapatan yang stabil kepada pemegang polis dengan cara menjaga modal jangka panjang melalui penempatan dana dalam mata uang dolar AS, diinvestasikan ke dalam instrumen jangka pendek atau menengah seperti deposito.

Lebih jauh lagi, dengan memiliki asuransi jiwa investasi Smartlink Flexi Account Plus, Anda juga akan mendapatkan manfaat asuransi lainnya antara lain manfaat 100 persen santunan jiwa, lama masa perlindungan hingga tertanggung berusia 100 tahun, dan Anda bisa memilih enam pilihan jenis dana investasi.

Selain itu, yang paling menarik dari Allianz adalah menawarkan batasan rawat inap seharga Rp750 ribu per malam dalam waktu maksimal 180 hari dalam setahun. Hal ini termasuk penawaran yang paling tinggi dibanding dengan asuransi jiwa investasi lainnya.

Manfaat asuransi lain dari Allianz SmartLink Flexi Account Plus yaitu:

  • Santunan 100 kondisi penyakit kritis
  • Santunan 49 jenis penyakit kritis. Tersedia juga manfaat yang mengurangi nilai santunan jiwa dasar.
  • Penggantian biaya perawatan rumah sakit sesuai tagihan dan wilayah pertanggungan sampai dengan di seluruh dunia secara cashless.
  • Tersedia top up premi
  • Penarikan sebagian nilai investasi
  • Pengalihan dana investasi

AXA Mandiri

AXA Mandiri tak ketinggalan juga menyediakan salah satu produk asuransi investasi terbaik di Indonesia yakni Asuransi Mandiri Investasi Prestise.

Keunggulan dari produk ini yakni perlindungan asuransi dasar apabila tertanggung meninggal dunia, berbagai perlindugan asuransi tambahan sesuai dengan kebutuhan perlindungan Anda, dan fleksibilitas dalam menentukan strategi investasi Anda.

Syarat dan ketentuan:

  • Usia masuk pemegang polis 18-70 tahun
  • Tertanggung 15 hari-80 tahun
  • Masa pertanggungan hingga tertanggung berusia 100 tahun
  • Mata uang rupiah dan dolar AS
  • Minimum premi dasdar Rp15 juta atau 1500 dolar AS
  • Ada penasihat keuangan

Avrist Investment Link Syariah

Avrist Investment Link Syariah adalah perpaduan  antara investasi dan asuransi jiwa yang dikelola dengan prinsip Syariah. Hal ini akan membuat investasi Anda lebih optimal dan tentram karena disertai asas tolong menolong yang menjadi dasar perlindungan jiwa antar peserta.

Jenis dana investasi yang disediakan Avrist Investment Link Syariah, yaitu:

  • Risiko tinggi (Avrist Asya Equity) – investasi pada saham syariah yang tercatat di Bursa Efek Indonesia
  • Risiko sedang (Avrist Asya Balanced) – investasi pada instrumen keuangan syariah seperti deposito syariah, obligasi syariah, saham syariah, atau reksa dana.
  • Risiko rendah (Avrist Asya Cash) – investasi pada pasar uang syariah yaitu deposito syariah, obligasi syariah, dan instrumen pasar uang lainnya.

Manfaat dari memiliki Avrist Investmen Link Syariah:

  • Jika tertanggung meninggal dunia selama masa perlindungan asuransi karena sebab apapun maka ahli waris akan mendapatkan 125% dari kontribusi dasar ditambah total nilai investasi.
  • Jika tertanggung hidup hingga usia 75 tahun maka tertanggung akan mendapatkan 100 persen total nilai investasi pada saat polis jatuh tempo.
  • Nasabah bebas menarik dana tanpa dikenakan biaya apapun setelah tahun ke-5 polis.
  • Nasabah akan mendapatkan surplus underwriting yakni selisih lebih atas total kontribusi peserta ke dalam Dana Tabarru’ setelah dikurangi pembayaran manfaat asuransi, kontribusi reasuransi, dan cadangan teknis dalam satu periode tertentu.

BRI Life

Terakhir dalam daftar asuransi investasi terbaik di Indonesia adalah BRI Life. BRI Life memiliki produk asuransi jiwa unit link bernama BRI Life Link Proteksi. Program ini memberikan proteksi sekaligus mengoptimalkan dana investasi. Adapun manfaat yang didapat dari memiliki asuransi BRI Life:

  • Nilai investasi dan santunan duka akan diberikan kepada ahli waris jika tertanggung meninggal dunia dalam masa asuransi
  • Tambahan manfaat jika tertanggung meninggal dunia akibat kecelakaan sampai dengan usia 65 tahun
  • Nilai investasi yang dapat diambil jika tertanggung mengundurkan diri dalam masa asuransi

Syarat dan ketentuan untuk mendapatkan asuransi BRI Life Link Proteksi:

  • Usia masuk 1-65 tahun
  • Masa asuransi minimal lima tahun sampai tertanggung berusia 100 tahun
  • Pembayaran premi yang fleksibel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *