Asuransi Mobil untuk Taksi Online, Ini yang Harus Diperhatikan!

asuransi mobil untuk taksi online

Bagaimana cara memilih asuransi mobil terbaik untuk taksi online? Jangan khawatir karena Anda bisa mendaftarkan mobil yang Anda gunakan sebagai taksi online ke asuransi mobil.

Akan tetapi, apabila kendaraan pribadi Anda manfaatkan menjadi taksi online, maka fungsi mobil yang awalnya adalah pribadi kini menjadi komersial.

Oleh karenanya, apabila sebelumnya mobil Anda terdaftar di asuransi sebagai perorangan untuk individu, kemudian setelah beralih fungsi menjadi taksi online Anda ingin mengajukan klaim, maka klaim Anda bisa ditolak.

Tapi tenang saja karena berikut ini akan dijelaskan pergantian  asuransi mobil dari individu ke komersial, besaran premi, cara mengajukan asuransi mobil untuk taksi online, Asuransi TLO atau All Risk, dan tips memilih asuransi mobil.

Pergantian Asuransi Mobil dari Individu ke Komersial

asuransi mobil taksi online yang bagus

Menggunakan mobil pribadi menjadi taksi online tanpa menginformasikan ke pihak perusahaan asuransi, bisa menghanguskan asuransi yang sebelumnya sudah Anda beli.

Apabila terjadi sesuatu pada mobil Anda, pihak asuransi bisa menolak klaim tersebut dan biaya kerusakan tidak bisa ditanggung. Hal ini karena adanya perubahan pada fungsi mobil, yaitu menjadi kendaraan komersial di mana mobil jadi memiliki risiko lebih tinggi dibandingkan penggunaan pribadi. 

Selain itu, pihak asuransi menganggap Anda sudah melanggar perjanjian karena menggunakan mobil di luar kesepakatan awal yang tercantum pada polis asuransi.

Hal ini ternyata disebutkan dalam aturan Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) yang menyatakan bahwa perlindungan asuransi akan gugur jika disebabkan penggunaan selain dari yang dicantumkan dalam polis.

Pasal 4 PSAKBI berbunyi:

Penggunaan Pribadi adalah penggunaan atas Kendaraan Bermotor tersebut untuk kepentingan angkutan pribadi pengguna kendaraan.

Lalu poin selanjutnya berbunyi:

Penggunaan komersial adalah penggunaan atas kendaraan bermotor tersebut untuk disewakan atau menerima balas jasa.

Dalam PSAKBI juga dijelaskan tentang perubahan risiko. Ada dua pilihan yang bisa diambil pemilik mobil setelah melaporkan perubahan.

Pertama adalah premi asuransi dengan rate risiko lebih tinggi dan yang kedua menghentikan dengan pengembalian premi.

Maka dari itu, apabila hendak memakai mobil pribadi sebagai taksi online, wajib bagi Anda untuk menginformasikan pihak asuransi dan konsultasikan untuk perubahan fungsi mobil agar pihak asuransi bisa segera menyesuaikan kembali kriteria perjanjian polis asuransi.

Dengan begitu, Anda tetap bisa memiliki asuransi meskipun kendaraan pribadi Anda dijadikan taksi online.

Sayang kalau premi asuransi yang selama ini sudah Anda bayarkan hangus begitu saja hanya karena Anda tidak melaporkan perubahan fungsi mobil Anda.

Besaran Premi Asuransi Mobil untuk Taksi Online

harga premi asuransi kendaraan bermotor taksi online

Mobil yang kini beralih fungsi menjadi komersial memiliki harga premi yang lebih mahal dibanding mobil yang penggunaannya pribadi.

Hal ini dikarenakan mobil menjadi rentan rusak. Sebab penggunaannya lebih sering dibanding mobil penggunaan pribadi sehingga risiko terjadi mobil lecet, mobil baret, dan kecelakaan menjadi lebih tinggi.

Untuk mengetahui besaran preminya, Anda dapat mengunjungi situs resmi perusahaan asuransi mobil Anda atau bertanya langsung ke customer service-nya.

Cara Mengajukan Asuransi Mobil untuk Taksi Online

Bagi Anda yang ingin mengajukan atau mendaftarkan mobil Anda menjadi asuransi komersial, berikut cara-caranya.

  • Hubungi perusahaan asuransi mobil tentang perubahan fungsi mobil yang kini menjadi taksi online.
  • Jangan lupa tanyakan formulir apa saja yang dibutuhkan beserta prosedur lengkap perubahannya seperti apa.
  • Perusahaan asuransi akan segera menerbitkan polis baru yang menyatakan mobil Anda telah beralih fungsi menjadi komersial.

Prosesnya mudah, bukan? Apalagi kalau Anda tidak pernah terkena kasus.

Apabila sebelumnya Anda tidak memiliki polis asuransi mobil, Anda dapat mengubungi pihak asuransi untuk mengajukan asuransi mobil untuk taksi online (komersial).

Memilih antara Asuransi Mobil TLO atau All Risk, Mana yang Pas untuk Taksi Online?

Terdapat dua jenis asuransi mobil yang dapat Anda pilih, yaitu kerugian total atau dikenal dengan sebutan Total Loss Only (TLO) dan All Risk.

Berikut ini perbedaan asuransi mobil TLO dan All Risk secara singkat.

Asuransi TLO Asuransi All Risk
Menjamin kerugian yang total kerusakannya lebih dari 75 persen Menjamin kerugian (partial risk) yang disebabkan kecelakaan hingga membuat badan mobil rusak
Premi lebih murah Premi lebih mahal
Hanya menanggung mobil yang kondisinya rusak berat Perluasan pertanggungan asuransi lebih luas

Untuk perhitungan simulasi asuransi mobil Anda dapat mengeceknya di halaman Asuransi Mobil CekPremi.

Tips Memilih Asuransi Mobil untuk Taksi Online

memilih asuransi mobil taksi online

Sebelum Anda memilih asuransi kendaraan bermotor untuk taksi online, berikut adalah tipsnya agar perlindungan yang Anda dapatkan maksimal.

Cek dengan Teliti Reputasi Perusahaan Asuransi

Sebelum ada menentukan akan membeli asuransi mobil dari suatu perusahaan asuransi, ada baiknya Anda melakukan riset mengenai riwayat perusahaan asuransi tersebut.

Yang harus Anda perhatikan tidak hanya nama besar perusahaan, skala, dan jumlah cabang, namun juga kondisi keuangan dan ulasan nasabah lain mengenai klaim dan kecepatan klaim.

Rekanan Bengkel Rekanan yang Luas

Kemudian, jangan lupa cek bengkel rekanan apakah bisa memilih sendiri atau adakah dalam daftar bengkel rekanan bengkel langganan Anda.

Bengkel rekanan yang tersebar luas di berbagai wilayah bisa menguntungkan Anda. Apabila terjadi suatu risiko, mobil Anda bisa segera diservis.

Begitu juga dengan  suku cadang, Anda bisa mendapatkan suku cadang yang dibutuhkan dengan lebih cepat. Dengan ini maka waktu reparasi akan menjadi lebih cepat sehingga Anda bisa kembali menggunakan mobil Anda sebagai taksi online.

Perluasan Perlindungan

Lihat secara detail mengenai perluasan perlindungan yang ditawarkan. Hal ini karena sangat berpengaruh kepada jaminan yang diberikan.

Biasanya manfaat dasar asuransi mobil tidak hanya kerusakan akibat kecelakaan sana, tapi ada juga karena bencana alam, atau hal-hal lain.

Sesuaikan Asuransi Mobil Anda dengan Kemampuan Finansial

Ada berbagai macam produk asuransi mobil untuk taksi online dan tentu harga yang mereka tawarkan juga beragam.

Untuk itu, sesuaikanlah dengan kebutuhan Anda dan kemampuan finansial Anda.

Baiknya cek dulu manfaat apa saja yang akan Anda dapatkan. Jangan Anda mengambil paket lengkap tapi sama sekali tidak membawa manfaat untuk Anda.

Hal ini dikarenakan asuransi atau perlindungan tidak hanya untuk kendaraan saja, namun juga untuk kesehatan, properti, dan aset berharga lainnya.

Itulah dia pembahasan mengenai asuransi mobil untuk taksi online. Secara singkat apabila sebelumnya Anda sudah memiliki asuransi mobil untuk pribadi, Anda harus memberitahukan kepada pihak asuransi bahwa mobil Anda kini sudah beralih fungsi menjadi komersial.

Namun jika Anda belum memiliki asuransi mobil untuk kendaraan yang Anda gunakan untuk narik Anda bisa membelinya. Yuk, konsultasikan kebutuhan perlindungan mobil Anda bersama Cekpremi.com dan temukan produk asuransi mobil apa yang paling tepat untuk Anda.

About Andini

Having experience 2 years as SEO Specialist and content writer. Contact me: andini.anissa@fuse.co.id

View all posts by Andini →