Asuransi Mobil untuk Taksi Online? Perhatikan Hal Berikut

Nov - 26
2020
Asuransi Untuk Taksi Online

Asuransi Mobil untuk Taksi Online? Perhatikan Hal Berikut

Mobil awalnya termasuk ke dalam aset konsumtif, atau aset yang tidak dapat menghasilkan pendapatan dan juga memiliki harga atau nilai yang akan semakin menurun di masa yang akan datang. Selain itu, memiliki mobil justru mengharuskan kita mengeluarkan uang untuk pemeliharaannya. Namun, seiring perkembangan zaman, kini mobil bisa dikategorikan sebagai aset produktif. Kok bisa? Yup, dengan menjadikan mobil pribadi kita sebagai taksi online. Tapi, bagaimana dengan asuransi mobil-nya?

Saat memiliki mobil, pasti sebagian besar dari kita ingin memiliki rasa tenang dan aman saat mengendarai mobil dengan memiliki asuransi mobil. Dengan asuransi mobil, biaya perbaikan karena hal-hal yang tidak terduga yang dapat merusak mobil akan ditanggung oleh asuransi. Memiliki asuransi jadi semakin penting ketika kita menggunakan mobil sebagai taksi online, di mana kita menghabiskan sebagian besar waktu kita di jalan raya dengan berbagai risiko yang ada.

Tanpa kita sadari, ternyata menggunakan mobil pribadi menjadi taksi online tanpa menginformasikan pihak perusahaan asuransi, bisa menghanguskan asuransi kita atau apabila terjadi sesuatu pada mobil kita, pihak asuransi bisa menolak klaim tersebut dan biaya kerusakan tidak bisa ditanggung. Hal ini karena adanya perubahan pada fungsi mobil, yaitu menjadi kendaraan komersial di mana mobil jadi memiliki risiko lebih tinggi dibandingkan penggunaan pribadi. 

Selain itu, pihak asuransi menganggap Anda sudah melanggar perjanjian karena menggunakan mobil di luar kesepakatan awal yang tercantum pada polis asuransi. Hal ini ternyata disebutkan dalam aturan Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) yang menyatakan bahwa perlindungan asuransi akan gugur jika disebabkan penggunaan selain dari yang dicantumkan dalam polis.

Maka dari itu, apabila hendak memakai mobil pribadi sebagai taksi online, wajib bagi kamu untuk menginformasikan pihak asuransi dan konsultasikan untuk perubahan fungsi mobil agar pihak asuransi bisa segera menyesuaikan kembali kriteria perjanjian polis asuransi, sehingga kamu tetap bisa memiliki asuransi meskipun mobil pribadi dijadikan taksi online. Sayang sekali kalau premi asuransi yang selama ini sudah kamu bayarkan hangus begitu saja hanya karena kamu tidak melaporkan perubahan fungsi mobilmu.

Yuk, konsultasikan kebutuhan perlindungan mobilmu bersama Cekpremi.com dan temukan produk asuransi mana dan perusahaan asuransi apa yang paling tepat untukmu dan juga pas sama budgetmu!

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner asuransi mobil cekpremi