Pengertian Horse Power Dan Torsi Pada Dunia Otomotif

horse power

Horse power atau daya kuda adalah satuan yang digunakan untuk mengukur perbandingan antara mesin uap dan tarikan kuda sebelumnya.

Jika kamu ingin membeli kendaraan, pasti kamu akan mengecek keseluruhan mobil termasuk daya atau tenaga yang dimilikinya.

Istilah horse power masih sangat asing, bahkan tak jarang yang kurang paham mengenai arti horse power itu sendiri.

Horse power biasanya digambarkan sebagai satuan daya yang setara dengan tenaga kuda. Maka dari itu, istilah horse power adalah daya kuda.

Perhitungan dari horse power yaitu 1horse poweradalah setara dengan 735,5 – 745,7 watt. Nah, karena hal ini pengukuran 1horse power menjadi memiliki daya yang sangat besar dan bisa dijadikan sumber energi.

Banyak orang awam yang masih tidak paham mengenai perbedaan horse power dan torsi. Seperti yang kita tadi sudah baca sebelumnya, jikahorse poweradalah sebagai tenaga kuda yang dihasilkan, maka torsi memiliki arti yang berbeda, loh….

Torsi merupakan gaya yang dikeluarkan dan memiliki fungsi untuk memutar benda supaya bergerak. Contohnya seperti ketika mobil mengalami kecepatan yang berubah saat dikendarai, hal itu disebabkan oleh torsi.

Secara umumnya, perubahan kecepatan yang terjadi pada kendaraan karena adanya pengaruh dari besar kecilnya torsi yang dihasilkan.

Perbedaan Horse power dan Torsi

Setelah mengetahui pengertiannya, apakah horse power dengan torsi itu sama? Cek yuk perbedaanya!

  • Pengertian Horse power dan Torsi

Horse power adalah daya tarik kuda atau tenaga kuda. Sedangkan torsi merupakan gaya yang dikeluarkan dan berfungsi untuk memutar benda supaya bergerak.

Semakin besar gaya torsi yang dikeluarkan, maka laju kendaraan akan cepat. Kebalikannya, jika torsi kecil makan laju mobil akan semakin rendah.

Nah, gaya yang dikeluarkan torsi ini akan menggerakkan agar bisa melaju bergerak.

Berbeda lagi dengan fungsi horse power adalah tenaga yang dikeluarkan mesin agar bisa mencapai kecepatan tertinggi.

  • Proses atau Cara Kerjanya

Perbedaan lainnya adalah dari cara kerjanya.

Jika dilihat dari pengertian tadi, siapa ya yang bekerja lebih dahulu ketika kendaraan menyala? Apakah horse power? Atau torsi?

Jawabannya adalah torsi. Torsi adalah bagian yang akan bekerja terlebih dahulu memberikan dorongan dibandingkan munculnya tenaga.

Saat ruang bakar mesin kendaraan terjadi pembakaran dan mobil masih dalam keadaan diam, gaya akan tetap dihasilkan oleh roda belakang hingga akhirnya bergerak. Setelah itu pengemudi harus membuat kendaraan melaju.

Dari proses sinilah ketika kendaraan dioperasikan akan muncul tenaga untuk mencapai kecepatan tertentu.

Jadi, tenaga yang diberikan akan menyesuaikan kecepatan yang dihasilkan.

  • Peranan Saat Kendaraan dalam Keadaan Diam

Perbedaan lainnya yaitu torsi sudah bekerja bahkan saat kendaraan dalam posisi diam. Prosesnya, ketika terjadi pembakaran di ruang mesin, maka gaya akan dihasilkan untuk memutar mobil yang tadinya diam.

Sedangkan tenaga akan muncul pada saat mobil sudah melaju atau bergerak. Apabila laju kendaraannya tinggi, maka tenaga yang dihasikan dan bekerja akan besar.

Besar kecilnya tenaga dipengaruhi oleh waktu yang menentukan kecepatan tertentu pada mobil.

Fungsi Horse Power dan Torsi

Jadi mana yang lebih baik untuk dipilih? Tenaga kuda yang besar atau hanya torsi besar? Hal ini tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Setiap jenis kendaraan memiliki torsi dan Horse power yang berbeda.

Kamu juga perlu memahami dengan mempelajari fungsi torsi dan tenaga kuda. Apalagi kamu memiliki mobil sport atau mobil balap.

Pada mobil balap, biasanya membutuhkan horse power yang tinggi karena tujuannya adalah untuk mencapai kecepatan tinggi atau top speed. Berbeda lagi dengan penggunaan mobil setiap hari, bukan kecepatan tinggi yang ingin dicapai.

Setiap hari mungkin kamu mengangkat beban berat dikendaraanmu seperti membawa penumpang atau membawa barang di dalam kendaraaan. Oleh karena itu, menggunakan kendaraan pribadi dengan torsi besar akan lebih tepat.

Fungsi horse power adalah power yang akan menghasilkan kecepatan sebagai fungsi dari waktu dan jarak yang ditempuh. Sedangkan torsi pada kendaraan berfungsi untuk menggerakan piston dan poros untuk menghasilkan tenaga atau kecepatan mobil.

Di atas tadi adalah penjelasan mengenai pengertian horse power dan torsi pada dunia otomotif dampak Selain pengertian horse power dan torsi pada dunia otomotif, kamu juga perlu memberikan perlindungan seluruhnya terhadap mobil kamu dengan menggunakan asuransi mobil pada kendaraan yang kamu miliki. Cek laman Cekpremi yang akan membantu merekomendasikan beberapa asuransi mobil yang kamu butuhkan.

Pertanyaan seputar Asuransi Mobil

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Apa yang dimaksud dengan asuransi mobil?” answer-0=”Dilansir dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), asuransi kendaraan atau asuransi mobil merupakan pemberian manfaat dari perusahaan asuransi berupa ganti rugi atas kerugian dan atau kerusakan pada kendaraan bermotor. ” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Apa saja manfaat asuransi mobil?” answer-1=”Saat kamu mengalami kejadian yang mengharuskan asuransi mobil dibutuhkan, manfaat yang akan kamu dapatkan jika mengikuti asuransi mobil yaitu membantu proteksi kendaraan, mengurangi kerugian, investasi kendaraan, dan lain-lain. ” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]